Cara Mengganti Template Blog di Blogger

|
Cara Mengganti Template Blog di Blogger ( Update 2020 Tampilan Baru Blogger ) - Mengganti template merupakan tahap yang sangat penting ketika kita sedang membangun sebuah blog, baik itu blog personal, toko online, pendidikan, kesehatan, media, hukum dan lain sebagainya. Dikarenakan dengan tampilan blog yang menarik akan mempengaruhi minat pengunjung atau pembaca di blog anda untuk berlama-lama membaca pos di blog anda dan tentunya didukung dengan pos atau bacaan yang menarik juga. Mengganti template harus dilakukan jika blog anda sepi pengunjung. Ubah tampilan blog anda dengan template yang lebih SEO Friendly (ramah mesin pencari) dan User Friendly (ramah pengguna).

Mengganti Template Blogger
Mengganti Template Blogger

Apa itu Template ?
Dalam bidang ilmu komputer, arti kata Template adalah sebuah dokumen atau file yang memiliki format preset, digunakan sebagai titik awal untuk aplikasi tertentu sehingga format tidak harus diciptakan kembali setiap kali digunakan. Sedangkan menurut para blogger hasil searching di google, pengertian template itu adalah suatu file script yang memuat rangkaian kode-kode HTML, CSS dan JavaScript yang berisi perintah-perintah desain halaman blog seperti pengaturan tata letak, teks dan gambar yang ditayangkan, jenis dan ukuran huruf yang digunakan untuk menampilkan teks, warna background halam blog dan sejenisnya. File template ini berbentuk file script yang berekstensi .xml. Ketika anda menggunakan template, bagian-bagian yang disediakan untuk menampilkan gambar atau teks pada file HTMLnya dapat anda ganti dengan gambar atau teks milik anda sendiri.
Mengganti template sesuai dengan keinginan adalah salah satu fitur keren yang disediakan oleh blogger. Blogger sudah menyediakan beberapa template default yang bisa anda pilih. Selain itu anda juga bisa menggunakan template dari pihak ketiga yang yang sekarang sudah banyak bertebaran di internet dan enaknya bisa di anda dapatkan dengan gratis. Saya yakin anda pasti akan memilih template dari pihak ketiga ini, karena template dari bawaan blogger masih kurang menarik dan sangat sederhana.
Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, terlebih dahulu anda sudah mempunyai file template yang akan anda gunakan di blog anda. Jika anda belum mempunyai file template dari pihak ketiga, yang perlu anda lakukan adalah mencari template dengan searching di google dan download ketika anda sudah menemukan template yang anda minati. Atau anda bisa mencarinya di btemplates.com.
Setelah download biasanya file tersebut akan berbentuk .rar atau .zip, so anda harus mengekstactnya terlebih dahulu supaya anda bisa menggunakan file .xml yang terdapat didalam. Yuk kita langsung ke langkah-langkahnya.

Cara Mengganti Template Blog Di Blogger atau Blogspot

Saya anggap anda sudah memiliki template atau tema favorit yang anda dapatkan dari situs penyedia tema gratis di Internet
  • Masuk ke dashboard blogger milik anda, klik menu Tema atau Template.
HARMANSYAH BLOG


  • Alihkan pandangan anda ke bagian sebelah kanan hingga terlihat tombol orange bertuliskan SESUAIKAN dengan tanda panah ke bawah disebelahnya. Klik tombol tanda panah kebawah tersebut, kemudian pilih Cadangkan lalu klik Download. Hal ini dilakukan untuk membackup tema sebelumnya ke dalam drive komputer untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nanti setelah mengganti Tema blog dan anda ingin kembali ke Tema sebelumnya.
HARMANSYAH BLOG


HARMANSYAH BLOG


  • Tema atau Template yang dibackup tadi akan berbentuk file .xml seperti gambar berikut.
HARMANSYAH BLOG


  • Tema atau template sudah dibackup, maka selanjutnya adalah mengganti Tema atau Template Blog. Klik kembali tanda panah kebawah pada tombol orange, kemudian pilih dan klik Pulihkan.
HARMANSYAH BLOG


  • Muncul jendela Pulihkan seperti gambar dibawah ini, silahkan klik UPLOAD
HARMANSYAH BLOG


  • Selanjutnya akan tampil jendela seperti berikut. Silahkan pilih file .xml template yang ingin anda pasang pada blog yang sudah anda download sebelumnya. Lalu klik Open.
HARMANSYAH BLOG


  • Terakhir silahkan tunggu prosesnya. Jika sudah silahkan anda cek dengan klik Lihat blog, apakah template tersebut sudah terpasang dengan sukses atau belum. Setelah mengganti template biasanya anda perlu mengatur kembali widget/gadget yang sebelumnya sudah terpasang di blog anda. Silahkan atur Tata letak widget blog anda sesuai keinginan anda.
Bagaimana sobat, cukup mudah bukan?
Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara mengganti template blog di blogger. Semoga tutorial sederhana  ini bisa membantu anda dalam mengganti template blog. Happy Blogging


Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......