Cara Submit Sitemap Blog ke Bing Webmaster Tools

|
Cara Submit Sitemap ke Bing Webmaster Tools - Mensubmit atau mengirim sitemap blog ke bing webmaster adalah langkah wajib yang harus anda lakukan setelah anda mendaftarkan dan memverifikasi blog atau situs ke bing, sebagaimana halnya dengan submit sitemap blog ke google webmaster seperti yang saya bahas pada artikel sebelumnya. Langkah ini wajib anda lakukan agar blog dan artikel blog segera bisa di index dan masuk ke dalam mesin pecari bing.
Sitemap merupakan salah satu alat bantu yang berformat .xml untuk mempermudah para webmaster dalam pengenalan peta situs di dalam sebuah blog atau website. Maka dengan demikian, mesin pencari seperti bing dapat dengan mudah menjelajahi dan menelusuri halaman-halaman yang ada di dalam blog atau website anda.

Bing Webmaster Tools
Bing Webmaster Tools

Bing merupakan sebuah mesin pencari (search engine) yang dimiliki dan di operasikan oleh Microsoft yang kini sudah bergabung dengan yahoo search, dalam artian  ketika anda melakukan submit sitemap ke bing maka secara otomatis anda juga telah melakukan submit ke yahoo. Jadi submit sitemap blog ke dua buah search engine sekaligus, anda tidak perlu repot untuk submit sitemap lagi ke yahoo. Pengguna kedua mesin pencari ini bisa di bilang walau di bawah google, masih cukup banyak sobat, maka dari itu website atau blog anda punya banyak kesempatan untukmendapatkan banyak visitor.
Untuk cara submit sitemap atau peta situs ini sungguh sangat mudah untuk dilakukan. Buat anda yang sudah pernah submit sitemap di google webmaster, mungkin anda tidak akan mengalami kesulitan untuk melakukan tahap ini. Tetapi jika anda belum pernah melakukannya, anda bisa membaca konten Cara Submit Sitemap Blog ke Google Webmaster Tools di blog ini. Boleh saya katakan kedua webmaster ini hampir mirip, cuma ada beberapa menu yang berbeda dan memiliki keunggulan yang berbeda pula.
Sebelum melakukan submit, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftarkan dan memverifikasi blog anda ke bing. Jika belum, anda harus mendaftarkan blog anda terlebih dahulu, adapun tutorialnya bisa anda baca di konten Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Bing Webmaster Tools. Berikut langkah-langkah mensubmit peta situs atau sitemap blog / situs anda ke bing webmaster tool.

Cara Submit Sitemap atau Peta Situs ke Bing Webmaster Tools

1. Pertama-tama silahkan anda menuju ke situs https://www.bing.com/toolbox/webmaster. Lalu Sign In menggunakan akun Microsoft anda.

Sign In Bing Webmaster Tools
Sign In Bing Webmaster Tools

2. Pada halaman beranda bing webmaster di bagian menu yang berada di bilah sebelah kiri, silahkan anda pilih menu Configure My Site seperti gambar berikut.

Configure My Site Bing Webmaster
Configure My Site Bing Webmaster

3. Pada menu dropdownnya silahkan anda pilih dan klik Sitemaps.

Menu Sitemaps Bing Webmaster
Menu Sitemaps

4. Pada kotak isian seperti gambar berikut, silahkan anda ketikan kode di bawah ini dan tekan SUBMIT secara berurut dari kode pertama sampai kode kedua.

Submit a Sitemap Bing Webmaster
Submit a Sitemap

  • http://nama-blog-anda.blogspot.com/sitemap.xml
  • http://nama-blog-anda.blogspot.com/feed/posts/default
Catatan : nama-blog-anda.blogspot.com, silahkan ganti dengan nama url blog atau situs anda.

Sebagai contoh anda bisa lihat gambar berikut.

Hasil Submit Sitemap ke Bing Webmaster
Hasil Submit Sitemap

Sampai ke langkah terakhir anda bisa dikatakan berhasil melakukan submit sitemap ke bing webmaster. Jadi blog atau website anda mempunya peluang untuk tampil di search engine Bing dan Yahoo.
Dengan submit sitemap atau peta situs blog atau website ke bing webmaster tool, tentu akan membuat blog atau situs yang anda miliki menjadi lebih terkenal seantero dunia maya. Karena selain google, mesin pencari yang bannyak digunakan oleh pengguna internet saat ini adalah mesin pencari bing dan yahoo.

Demikian tutorial sederhana tentang bagaimana cara submit sitemap blog ke bing webmaster tools. Semoga bisa bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......