Cara Submit Sitemap Blog ke Google Webmaster Tools

|
Cara Submit Sitemap Blog ke Google Webmaster Tools - Setelah mendaftarkan blog ke Google webmaster tools, maka tahap selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mensubmit atau mengirim sitemap atau Peta Situs blog anda ke google webmaster tools.
Peta situs adalah sebuah alat untuk meninjau perkembangan blog atau situs di search engine,  dengan kata lain sitemap atau peta situs bisa di bilang Denah yang menggambarkan secara rinci tentang URL-URL yang susdah di submit.
Tahap ini sangat perlu anda lakukan agar Search Engine dapat lebih cepat mengenali dan mengetahui apa saja yang harus mereka telusuri dalam situs atau blog. Dengan demikian isi blog akan mudah terindex oleh search engine, semakin cepat terindex maka kesempatan artikel blog untuk tampil di hasil pencarian search angine akan semakin cepat juga. Disamping itu dengan mensubmit sitemap blog, para pemilik situs atau blog bisa dengan mudah mengetahui hal-hal sebagai berikut:
  • Tampilan Penelusuran, berisi Data Terstruktur, Kartu Ricuh, Penyorot Data, Penyempurnaan HTML dan Laman Seluler yang Dipercepat.
  • Lalu Lintas Penelusuran, berisi Telusuri Analytics, Tautan ke Situs Anda, Tautan Internal, Tindakan Manual, Penargetan Internasional, dan Kebergunaan Seluler.
  • Google Index, berisi Status Index, Sumber Daya yang Diblokir dan Hapus URL.
  • Perayapan, berisi Kesalahan Perayapan, Statistik Perayapan, Ambil sebagai Google, Penguji robots.txt, Peta Situs dan Parameter URL.
Apabila terjadi error pada url laman blog, maka google akan segera menangkapnya dan menampilkannya pada menu tampilan penelusuran di bagian data terstruktur, jadi dengan begitu pemilik blog yang blognya mengalami error pada url laman bisa dengan mudah mengetahui dan segera memperbaikinya. Begitu juga dengan kesalahan perayapan pada menu perayapan. Karena jika tidak segera diperbaiki, hal ini akan mempengaruhi SERP atau ranking blog di mesin pencari (search engine). Jadi mengirim sitemap blog ke google webmaster sangatlah penting untuk menjaga dan merawat situs atau blog. Berikut langkah-langkah submit sitemap blog ke google webmaster tools.

Cara Submit Sitemap atau Peta Situs ke Google Webmaster Tools

1. Pertama-tama silahkan anda menuju ke situs https://www.google.com/webmasters/tools.
2. Jika blog anda belum terdaftar dan terverifikasi di google webmaster tools, silahkan anda menuju ke tutorial Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools untuk mendaftarkan blog anda terlebih dahulu.
3. Setelah anda berhasil melakukan pendaftaran dan verifikasi, pada halaman beranda google webmaster tool, silahkan anda klik nama blog yang anda daftarkan. Seperti gambar berikut.

Beranda Google Webmaster Tools
Beranda Google Webmaster Tools
4. Pada halaman berikutnya, di bagian menu sebelah kiri silahkan anda pilih menu Perayapan dan klik Peta Situs, seperti gambar berikut.

Menu Perayapan Peta Situs
Menu Perayapan Peta Situs
5. Kemudian arahkan pandangan anda ke bilah sisi sebelah kanan, temukan lalu klik TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS. Seperti gambar dibawah ini.

Silahkan anda isi kotaknya dengan mengetik kode dibawah satu persatu di awali dengan kode sitemap.xml, lalu tekan tombol berwarna biru bertuliskan Kirim. Lakukan lagi pada kode kedua dan ketiga dibawah ini.
  • sitemap.xml
  • feeds/posts/default
  • atom.xml
6. Setelahnya, akan ada tampilan tulisan yang menyuruh anda untuk merefresh halaman, silahkan anda langsung klik refresh the page.

Sampai tahap ke enam atau terakhir, itu artinya anda sudah berhasil melakukan submit sitemap blog ke google webmaster tool. Anda hanya akan menunggu beberapa jam, mulai dari awal anda mengirim sitemap blog, tergantung dari jumlah konten di dalam blog anda.
Baca juga : Cara Submit Sitemap Blog ke Bing Webmaster Tools

Demikian tutorial sederhana tentang bagaimana cara submit sitemap blog / website ke google webmaster tools. Semoga bisa bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

2 komentar:

Harmansyah said...

@Admin, Tanda tanyanya seperti apa? bisa di uraikan?

Unknown said...

Alhamdulillah, submit sitemapnya berhasil, terima kasih sobat

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......