Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus

|
Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus - Mungkin anda pernah mengalami kesulitan untuk menghapus file atau folder pada harddisk komputer/laptop maupun flashdisk. Artinya file atau folder tersebut sama sekali tidak bisa anda hapus sebagaimana yang biasa anda lakukan dengan klik kanan lalu memilih Delete. Apapun sistem operasi yang digunakan baik Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, atau Windows 10, saya yakin anda pasti pernah mengalaminya. Hal pertama yang terpikirkan oleh otak anda, file atau folder tersebut tidak bisa dihapus dengan cara biasa pasti karena ulah virus. Padahal tidak juga loh sobat.
Berikut beberapa penyebab file atau folder tidak bisa dihapus, antara lain :
  1. File yang ingin dihapus masih aktif karena sedang digunakan pada sebuah program.
  2. File atau folder memiliki permissions yang kuat.
  3. File sedang digunakan pengguna lain, jika komputer/laptop Anda terdiri dari beberapa User Accounts atau komputer dalam satu jaringan LAN seperti di warnet.

Selain ketiga penyebab diatas, pada saat sebuah file mengalami kerusakkan hal ini juga akan menjadi penyebabnya, biasanya Windows akan melindungi ekstensi sebuah file pada saat akan dihapus. Windows akan menampilkan pesan error yang mengatakan bahwa "File tidak dapat dihapus karena sedang digunakan". Bahkan, setelah komputer di-restart pun dan mencoba menghapus file tersebut, pesan tersebut akan tetap tampil.
Nah, solusi untuk menangani masalah ini memiliki banyak cara mulai dari menggunakan tekhnik-tekhnik tertentu (manual) sampai harus menggunakan beberapa software/aplikasi yang harus diinstall ke komputer/laptop.

Bagaimana Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus pada Windows


Berhati-hatilah pada saat mengubah file registry. Penghapusan atau pengubahan entry yang tidak tepat akan menyebabkan sistem pada komputer kalian bermasalah. Apabila anda sudah yakin file yang akan dihapus bukan file sistem atau registry dan tetap ingin memaksa Windows menghapus file tersebut, lakukan langkah berikut.

1. Mengganti User Account dari Guest ke Administrator
Ini merupakan langkah awal yang harus anda lakukan terlebih dahulu, karena mungkin saja komputer/pc tersebut memiliki user account lebih dari satu dan ketika membuka dan menghidupkan komputer/laptop anda masuk/login ke windows menggunakan user account selain user administrator yakni account guest. Pengguna yang masuk dengan user account dengan tipe guest tidak akan bisa menghapus file atau folder yang berada didalam dirctory komputer, karena hanya user administrator saja yang dapat menghapus file atau folder yang ada dalam directory komputer. Silahkan cek dan jika ternyata anda memang masuk dengan user guest, lakukan Switch user untuk masuk ke windows dengan user account administrator. Namun jika anda merasa tidak pernah membuat user account lain selain administrator, maka penyebabnya bukan ini. Ikuti ke langkah selanjutnya.

2. Menutup Semua Program, Dokumen, dan Aplikasi yang sedang Berjalan
File atau folder tidak bisa dihapus, hal ini terjadi karena mungkin ada sebuah program, dokumen atau aplikasi yang berhubungan dengan file tersebut sedang berjalan pada windows. Pada kasus ini biasanya akan muncul pesan " File In Use " ketika file yang sedang aktif pada sebuah program akan dihapus, seperti gambar berikut.

File In Use - Windows

Gunakan Windows Task Manager untuk melihat program atau aplikasi yang berhubungan dengan file yang akan dihapus, yang sedang berjalan pada windows. Jika sudah ketemu, silahkan drop program/aplikasi yang akan ditutup, lalu klik End Task.

Windows Task Manager - Windows


Apabila langkah diatas masih gagal, Silahkan lakukan langkah berikut ini.
Restart komputer/laptop dan ketika komputer booting, tekan dan tahan tombol F8 untuk masuk ke dalam Windows Safe Mode. Pada dasarnya, kondisi safe mode tidak berbeda dengan Windows mode normal, hanya kualitas tampilannya di bawah Windows normal.

Windows Safe Mode

Cari file yang ingin dihapus (sebelumnya tidak bisa dihapus). Apabila berhasil menghapus file tersebut, restart kembali komputer untuk masuk kedalam windows mode normal.

4. Menggunakan Software/Aplikasi
Langkah ini adalah langkah selanjutnya yang harus anda lakukan jika langkah-langkah diatas masih gagal juga untuk menghapus file atau folder yang tidak bisa dihapus. Mau tidak mau anda harus menginstall sebuah aplikasi yang dikhususkan untuk menangani masalah ini. Anda bisa memilih 2 aplikasi gratis, seperti Software Unlocker dan Software Iobit Unlocker untuk mengatasinya. Menurut pengalaman saya dan orang-orang, aplikasi ini selalu sukses menghapus file atau folder yang tidak bisa dihapus.

Unlocker Iobit Unlocker - Software


5. Install Ulang Windows
Silahkan baca Cara Installasi Windows 7 Lengkap dengan Gambar untuk melihat panduannya.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara menghapus file atau folder yang tidak bisa dihapus dengan cara biasa. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

3 komentar:

masriko.com said...

klo saya pake no 2 aja udah kelar, nice gan
follback ya..

Harmansyah said...

@Triandana Bae, thanks gan, follback done

Edi Sucipto said...

Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT
cobain open source project rancangan ane mas bro.. >

IT Tools Pack Solution 2018 Rescue

(Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

=> Tersedia Reward menarik untuk yang ingin sedikit berkontribusi

#SalamSatuTeknologi

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......