Membuat File JavaScript (.js) Milik Sendiri

|
Membuat File JavaScript (.js) Milik Sendiri - JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode javascript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT. (Wikipedia)
Penggunaan kode javascript pada sebuah website atau blog bersifat opsional, artinya tidak harus selalu ada dalam sebuah website atau blog. Namun, website-website atau blog modern saat ini sebagian besar hampir semuanya menggunakan kode javascript dalam website atau blog mereka. Biasanya JavaScript digunakan sebagai peralatan (tool/gadget) pada halaman website. Dan dipasang pada bagian-bagian tertentu yang emang harus menggunakan javascript di blog. Mengapa menggunakan javascript hanya pada bagian tertentu saja? Karena menggunakan terlalu banyak javascript pada blog akan mempengaruhi loading blog ketika pengunjung membuka blog sehingga blog mengalami bounce rate.  Apa itu Bounce rate? Bounce rate merupakan persentasi jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman saja pada blog tanpa mau membuka halaman lain, disebabkan loading blog yang lama. Semakin tinggi bounce rate blog maka akan semakin buruk blog tersebut dimata search engine. Bounce rate sangat mempengaruhi SEO blog di search engine.
Dengan demikian saya menyarankan untuk membuat file javascript milik sendiri, agar loading blog sedikit lebih ringan dan optimal jika anda ingin menggunakan javascript di blog anda, sesuai dengan pembahasan kita kali ini. Mengapa harus membuat file javascript milik sendiri? Dengan file javascript milik sendiri itu artinya hanya anda yang menggunakan file tersebut tanpa digunakan oleh orang lain. Coba bayangkan apabila satu file javascript digunakan oleh banyak pengguna dan file tersebut dipanggil secara bersamaan oleh banyak pengguna, maka otomatis proses loading file tersebut di blog akan menjadi semakin lama dan akhirnya bisa meningkatkan bounce rate.

Ada dua cara membuat file javascript milik sendiri.
  • Jika anda seorang ahli script, anda bisa membuatnya langsung di github atau anda bisa membuatnya di notepad terlebih dahulu, lalu di upload ke github.
  • Jika anda bukan seorang ahli script, anda bisa mengambil file javascript milik orang lain dan merubahnya menjadi milik anda sendiri.
2 Cara Membuat File JavaScript (.js) Milik Sendiri
Cara pertama jika anda seorang ahli script, anda bisa langsung membuatnya di Github atau situs hosting lainnya. Selain itu anda juga bisa membuat scriptnya di notepad terlebih dahulu, berikut langka-langkahnya.
1. Sebagai contoh kita akan menggunakan script alert perkenalan saat blog anda dibuka. Silahkan ketik atau copas script dibawah ini ke dalam notepad.
var nama;
 nama=prompt('Boleh tahu siapa nama anda?');
 if(nama){
  alert('Apa kabar '+nama+'! Saya Javascript, senang berkenalan dengan Anda');
 }else{
  alert('Hhmm sepertinya anda tidak mau berkenalan dengan saya.');
}

Kode JavaScript - Notepad
Tampilan Pada Notepad

2. Silahkan simpan file tersebut dengan nama kenalan.js terserah anda mau memberikan nama apa saja yang terpenting anda harus tetap menaruh format .js setelah nama file dengan nama type All files.

Simpan File JavaScript

3. File yang anda simpan tadi akan berbentuk seperti gambar berikut.

Bentuk File JavaScript

4. Selanjutnya silahkan anda hosting atau simpan file javascript yang sudah anda buat tadi ke situs hosting anda. Apabila anda belum paham cara hosting file javascript, anda bisa menyimaknya pada artikel Cara Menyimpan File JavaScript CSS dan HTML di Github.
5. Jika anda sudah menghosting atau menyimpan file javascript, maka yang harus anda lakukan selanjutnya yakni mengambil URL file tersebut dan menaruhnya ke dalam kode berikut.
<script type="text/javascript" src="URL-file-javascript-anda"></script>
Silahkan ganti tulisan URL-file-javascript-anda dengan URL javascript anda, sehingga kodenya akan terlihat seperti berikut.
<script type="text/javascript" src="https://cdn.rawgit.com/harmansyah/harmansyah-html/9b6958b2/kenalan.js"></script>
6. Buat anda yang ingin mencobanya, silahkan login ke dashboard blogger anda. Pada menu Tata letak, klik tambahkan gadget, pilih dasar-dasar, lalu pilih dan klik HTML/JavaScript. Selanjutnya masukkan kode tersebut ke dalamnya. Saat anda membuka blog anda makan akan muncul sebuah pop up perkenalan seperti gambar berikut.

Pop Up Perkenalan




Pop Up Perkenalan



Cara kedua yakni jika anda bukan seorang ahli script atau bahasa pemrograman, anda bisa mengambil file javascript milik orang lain yang biasanya dishare secara gratis oleh para blogger ahli script di blog mereka. Berikut langkah-langkahnya.
1. Misalkan setelah menjelajahi google dari blog ke blog, anda menemukan sederet kode untuk membuat sebuah pop up perkenalan seperti di bawah ini.
<script type="text/javascript" src="https://cdn.rawgit.com/harmansyah/harmansyah-html/9b6958b2/kenalan.js"></script>
2. Perhatikan ketikan warna biru ditengah kode html di atas yang di awali src yang berarti memanggil kode ketikan berwarna biru dan di akhiri ekstension js. Kode tersebut harus anda rubah menjadi milik anda sendiri.
3. Copy Paste kode berwarna biru di atas pada new tab browser anda, lalu tekan enter. Sehingga terlihat sebuah kode pada halaman tersebut seperti gambar berikut. Dahulu biasanya setelah menekan enter akan muncul sebuah pop up untuk mendownload file tersebut.

Isi Kode Javascript Pada Halaman Browser
Isi Kode Javascript

4. Karena pop up download tidak muncul, anda copy paste saja semua kode yang terdapat di halaman tersebut ke dalam notepad. Lalu simpan file tersebut dengan nama kenalan.js dan type All files.

Simpan File JavaScript

5. Selanjutnya silahkan simpan atau hosting file javascript tersebut ke situs hosting anda, seperti pada Cara pertama pada butir nomor 4 di atas sebelum Cara kedua.

Bagaimana sobat cukup mudah bukan?
Demikian tutorial sederhana tentang bagaimana cara membuat file javascript milik sendiri. Semoga bisa bermanfaat. "Happy Blogging"

Related Posts :

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

4 komentar:

Andi lau said...

Artikel ini sangat membantu untuk pemula dalam membuat website. Jika ingin belajar pasti bisa hanya saja tidak semua orang memiliki waktu untuk belajar sendiri. Semoga bermanfaat bagi pembacanya. ditunggu blog berikutnya.


Jangan lupa lihat blog saya
http://andilauatmaluhur.blogspot.co.id/

Dan kunjungi juga link dibawah ini
www.atmaluhur.ac.id

Harmansyah said...

@Andi lau, Iya sob semua orang pasti bisa jika dia mau belajar.. Aamiin.. segera meluncur sobat

Ica Ardianti said...

keren sekali kak saya langsung mengerti ini sangat membantu perkuliahan saya yang sangat membingunkan saya makasih ya kak atas imul yang kakak bagikan

kunjungi juga blog saya
http://icaardianti.blogspot.co.id/

kunjungi juga
www.atmaluhur.ac.id

Harmansyah said...

@Ica Ardianti, Alhamdulillah sama-sama adik ica ica didinding

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......