Cara Menghapus Credit Link Template yang di Redirect di Blogger

|
Cara Menghapus Credit Link Template yang di Redirect di Blogger - Template adalah sebuah desain tampilan halaman dengan berisikan dokumen file model-model tambahan yang dikodekan dalam bahasa program dan siap pakai. Banyak template blogspot bertebaran di internet dan bisa anda gunakan untuk blog anda secara gratis.
Namun terkadang template yang anda gunakan tidak sesuai dengan harapan anda, seperti tidak memiliki Menu Navigasi, add gadget dibawah header serta tidak menggunakan Readmore Otomatis. Hal ini sesuai dengan kata pepatah " Di Dunia Ini Tidak Ada yang Sempurna " haha (si pembuat template biasanya melakukan ini sebagai teknik agar si peminat template berkunjung ke situs pembuat template untuk menanyakan hal-hal yang terkait dengan template tersebut). Anda mulai mencari tutorial-tutorial sederhana ke mesin pencari seperti google untuk mendapatkan panduan bagaimana cara melengkapi aplikasi-aplikasi yang belum terdapat di dalam template. Dan setelah bersusah payah dan berhasil meng-edit template anda pun mulai berfikir untuk meletakkan atau bahkan mengganti credit link (URL link pembuat template) dengan link url blog atau web anda sebagai apresiasi untuk diri anda sendiri atas keberhasilan dalam melakukan Edit HTML template.
Credit link template merupakan kode-kode yang berisi link URL situs yang dimiliki oleh pembuat template yang ditanam atau disisipkan ke dalam kode template. Biasanya credit link ini terdapat di bagian paling bawah pada template. Ketika anda menghapus atau mengganti credit link pada template dan mencoba untuk meakses halaman blog atau situs, eh malah di redirect ke halaman situ penyedia atau pembuat template. Jika anda mengalami permasalahan tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut dengan teliti.

Cara Menghapus Credit Link Template yang di Redirect di Blogger

1. Masuk ke akun blogger anda, lalu pilih menu Template atau Tema.
2. Pada pojok kanan atas, klik tombol Backup/Pulihkan, lalu Download lengkap kode template blog anda. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika ada kesalahan saat melakukan edit HTML.
3. Tutup kembali, selanjutnya klik Edit HTML. Template yang akan saya gunakan sebagai contoh disini adalah Portfolio Blogger Template dari themeswear.com, berikut tampilan script credit link dari templatenya.

Cara Menghapus Credit Link Template yang di Redirect di Blogger

4. Ganti URL atau link nama sesuai dengan keperluan anda.
5. Kalau sudah, silahkan klik Save atau Simpan Template.
6. Coba cek akses halaman blog atau situs anda dengan klik Lihat blog.

Cara Menghapus Credit Link Template yang di Redirect di Blogger


Apabila ternyata setelah menghapus url credit link dan saat anda cek membuka halaman blog, anda di redirect ke URL halaman blog yang anda hapus tadi, itu artinya template tersebut disisipkan kode algoritma redirect oleh si pembuat template. Kode tersebut dikamuflasekan atau di encode menjadi kode type hex sehingga tidak terlihat. Untuk mengatasinya silahkan anda ikuti langkah selanjutnya.

7. Temukan kode JavaScript seperti gambar berikut.

Cara Menghapus Credit Link Template yang di Redirect di Blogger

8. Kode tersebut merupakan kode encode hex, copy kode javascript yang terletak diantara kode [" dan kode "], lalu buka situs http://ddecode.com/hexdecoder/ untuk men-decode kode javascript tersebut.
9. Pastekan ke dalam kotak seperti gambar berikut, lalu klik tombol Decode.

Cara Menghapus Credit Link Template yang di Redirect di Blogger

10. Scroll ke bawah disitu akan terlihat kode sebenarnya seperti gambar berikut. Kode tersebut diintegrasikan dengan selektor ID themeswear.

Cara Menghapus Credit Link Template yang di Redirect di Blogger

11. Untuk menghapusnya, hitung ada berapa koma mulai dari terakhir ,"#themeswear:visible" (kode terakhir) .... sampai ,"onload", . Pada kode yang saya contohkan ada 16 koma, hitung juga pada kode javascript yang belum di decode mulai dari kode terakhir  hingga 16 koma, lalu hapus. Test klik Decode lagi untuk melihat apakah anda sudah menghapusnya dengan benar. Jika semua kode yang perlu dihapus sudah terhapus, maka akan terlihat seperti gambar berikut.

Cara Menghapus Credit Link Template yang di Redirect di Blogger

12. Ganti kode javascript type hex yang belum di edit pada template dengan kode javascript type hex yang sudah di edit (Original code, seperti gambar diatas).
13. Terakhir klik Save atau Simpan Template.
14. Silahkan cek kembali membuka halaman blog dengan klik Lihat blog.

Apabila masih redirect itu berarti masih ada kode javascript yang di encode dengan type hex di dalam template. Pada template yang saya contohkan saya menemukan ada 4 barisan kode javascript yang ter-encode dengan type hex. Lakukan hal yang sama mulai dari langkah 8 diatas. InshaAllah setelah terhapus semuanya, halaman blog anda tidak akan di redirect lagi ke URL halaman si pembuat template.

Untuk sobat blogger yang akan melakukan hal ini, walau bagaimana pun si pembuat template tetap bahkan lebih banyak memiliki andil pada template yang digunakan dan anda edit karena semua ide pemikiran design template tersebut sumbernya dari si pembuat template. Jadi ya anda letakkan juga link pembuat template berdampingan dengan link anda. Contohnya credit link template pada blog saya yang terletak pada bagian bawah footer.

Demikian tutorial sederhana mengenai cara menghapus credit link template yang di redirect di blogger, semoga berhasil dan semoga bermanfaat untuk kita semua. " Happy Blogging "

Related Posts :

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

2 komentar:

C A said...

udahmah template gratis,pengen ngaku punya sendiri,hargai credit .Terima kasih
Kunjungi website kami : https://nimebat.blogspot.com/

Harmansyah said...

@C A, yoi sob sebagai pengguna template gratis sudah tentu dong kita hrus menghargai hasil karya orang pembuat template... ditunggu sob

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......