Cara Memasang Kabel Front Audio pada Motherboard

|
Cara Memasang Kabel Front Audio pada Motherboard Komputer PC - Ketika sedang melakukan aktifitas menggunakan perangkat komputer PC, akan lebih menyenangkan apabila sambil mendengarkan musik mp3 dari komputer. Saat membuka sebuah aplikasi yang membutuhkan suara atau bunyi seperti aplikasi DJ, Mixer, Media Player, Game, dan aplikasi lainnya, tentunya suara adalah bagian penting yang harus ada.

Dalam sebuah komputer jenis PC, pada CPU terdapat 2 buah slot (colokan) audio yakni slot microphone dan slot jack headphone yang berfungsi untuk memasukkan dan mengeluarkan Audio. Kedua slot ini terletak pada bagian belakang CPU dan bagian depan CPU. Slot Audio pada bagian belakang merupakan slot bawaan dari Motherboard sedangkan slot pada bagian depan atau biasa disebut Front Audio merupakan slot bawaan casing yang harus dihubungkan ke Motherboard terlebih dahulu agar slot tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Lalu bagaimana cara menghubungkan kabel Front Audio ke Motherboard?
Untuk menghubungkan kabel Front audio pada Motherboard, caranya sangat mudah sekali. Langkah pemasangan kabel Front Audio pada Motherboard tidak jauh berbeda dengan pemasangan Front Panel pada Motherboard yang pernah saya bahas sebelumnya pada artikel berjudul Cara Memasang Kabel Front Panel pada Motherboard. Berikut langkah-langkah pemasangan kable Front Audio pada Motherboard.

Baca juga : Cara Memasang Kabel Front Panel pada Motherboard

Cara Memasang Kabel Front Audio pada Motherboard Komputer PC

Untuk langkah awal, silahkan cari Slot Front Audio pada papan Motherboard. Biasanya disamping Slot terdapat tulisan F_AUDIO, HD_AUDIO, FP AUDIO, atau yang ada tulisan AUDIOnya. Pastikan bentuk Slot Audio tersebut mirip dengan gambar berikut.

HARMANSYAH BLOG


Apabila sudah ketemu, selanjutnya cari kabel Front Audio yang akan dipasang pada Slot Audio pada Motherboard. Jika kabel Front Audio tersebut menyatu atau tidak terpisah, anda bisa langsung memasangnya pada Slot Audio pada Motherboard seperti gambar di bawah ini. Untuk memastikan posisi kabel Front Audio dengan Slot Audio pada Motherboard sesuai ketika hendak memasangnya, anda bisa memperhatikan soket pada kabel Front Audio. Disana terdapat soket buntu (tidak memiliki lubang) yakni pada pin 8, nah anda tinggal menyamakan posisi pin 8 (buntu) pada kable Front Audio dengan Slot pin 8 yang tidak memliki kaki pada Motherboard.

HARMANSYAH BLOG


Namun, apabila kabel Front Audio pada casing terpisah atau tidak menyatu, maka pasanglah kabel tersebut sesuai dengan gambar di bawah ini. MIC-IN ke pin 1, GROUND ke pin 2, MIC-POWER ke pin 3, R-OUT ke pin 5, R-RET ke pin 6, L-OUT ke pin 9, dan L-RET ke pin 10.

HARMANSYAH BLOG


Setelah terpasang dengan baik dan benar, silahkan cek dengan memasang headphone yang memiliki 2 colokkan yakni colokan in (microphone) dan colokan out (audio) serta membuka aplikasi bawaan Windows yakni Sound Recorder. Jika suara dari mc berhasil terekam dan ada suara dari hasil rekaman, itu berarti pemasangan berhasil.

Cara Memasang Jumper pada Slot Front Audio di Motherboard

Umumnya pada Motherboard lama, bila Audio depan atau Front Audio tidak terpasang atau tidak ada maka pengguna harus melakukan jumper pada Slot Front Audio di Motherboard. Ada dua bagian yang harus diberi jumper, yakni R-Out dengan R-In dan L-Out dengan L-In. Mengapa? Karena bila tidak diberi jumper, sound tidak akan mengeluarkan bunyi atau suara, walaupun driver audio sudah terinstall. Beda halnya dengan Motherboard terbaru (jaman sekarang), untuk Motherboard terbaru soundnya tetap akan mengeluarkan suara atau bunyi walau tidak diberi jumper.

Untuk melakukan jumper pun sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan dua buah jumper. Setelah itu temukan Slot Front Audio pada papan Motherboard seperti yang dilakukan di atas. Pada sisi Slot biasanya terdapat tulisan F_AUDIO, HD_AUDIO, FP AUDIO, atau yang ada tulisan AUDIOnya seperti gambar berikut.

HARMANSYAH BLOG


Apabila sudah ketemu, beri jumper R-Out dengan R-In dan L-Out dengan L-In seperti gambar berikut.

HARMANSYAH BLOG

HARMANSYAH BLOG


Ada beberapa casing komputer PC tidak memiliki kabel R-In dan L-In. Untuk Motherboard jenis lama, apabila hanya memasang kabel R-Out dan L-Out maka soundnya tidak bisa mengeluarkan bunyi atau suara secara bersamaan, bahkan colokkan sound pada bagian belakang menjadi tidak berfungsi atau tidak mengelaurkan suara atau bunyi. Kalau terjadi demikian anda tidak perlu khawatir, anda bisa mengakalinya dengan memberi jumper R-in dan L-in, dengan cara menggabungkan R-out dan R-in dengan sebuah kabel, demikian juga L-out dan L-in, sehingga susunan kabelnya menjadi standar yang berlaku untuk azalia/AC97 yakni, mic, mic power/bias, ground, R-out, R-in, L-out dan L-in.

HARMANSYAH BLOG


Pastikan anda selalu berhati-hati dalam memasang dan mengecek kembali susunan kabel F_AUDIO apakah sudah benar atau belum. Karena kalau salah dalam pemasangan akan mengakibatkan terbakarnya chipset Audio pada Motherboard. Yang membuat kerusakan biasanya kesalahan dalam pemasangan mic/mic power.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara memasang kabel front audio pada motherboard yang baik dan benar. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

1 komentar:

Anonymous said...

Cara Memasang Kabel Front Audio Pada Motherboard - Harmansyah Blog >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Cara Memasang Kabel Front Audio Pada Motherboard - Harmansyah Blog >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Cara Memasang Kabel Front Audio Pada Motherboard - Harmansyah Blog >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......