Cara Memasang Kabel Front Panel pada Motherboard

|
Cara Memasang Kabel Front Panel pada Motherboard Komputer PC - Front panel adalah sekumpulan kabel yang menghubungkan antara Tombol switch (Power, Reset) dan lampu LED (lampu indikator) yang terletak pada bagian depan casing CPU ke Motherboard yang ada di dalam CPU sebuah komputer PC. Dengan adanya Front Panel ini segala aktifitas terkait dengan menghidupkan komputer dan merestart komputer bisa dengan mudah anda lakukan. Jadi bisa dikatakan Front Panel ini memiliki fungsi yang sangat penting pada sebuah komputer PC. Adapun jenis kabel Front Panel pada PC beserta fungsinya masing-masing adalah sebagai berikut :

- Kabel HDD LED, kabel ini berfungsi untuk menyalakan lampu LED Hard Disk Drive yang terletak pada bagian depan casing sebagai indikator Hard Disk sedang bekerja.
- Kabel Power LED, kabel ini berfungsi untuk menyalakan lampu LED Power yang biasanya terletak satu paket dengan tombol switch Power sebagai indikator PC telah hidup.
- Kabel Power SW, kabel ini berfungsi menghubungkan tombol Power yang terletak pada bagian depan casing ke slot Power pada motherboard yang digunakan untuk menghidupkan CPU.
- Kabel Reset SW, kabel ini berfungsi menghubungkan tombol Reset yang terletak pada bagian depan casing ke slot Reset pada motherboard yang digunakan untuk me-restart CPU.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu Front Panel dan jenis kabel Front Panel beserta fungsinya. Lalu bagaimana cara memasang kabel menghubungkan semua kabel Front Panel tersebut ke slot Front Panel pada motherboard? Sebenarnya untuk petunjuk pemasangan kabel Front Panel ke Motherboard ini sudah ada pada buku panduan pemakaian motherboard ketika membeli PC baru. Namun jika membeli PC bekas, kemungkinan buku petunjuk pemasangan kabel Front Panel pada Motherboard tidak akan didapatkan karena sudah hilang atau dibuang. Nah untuk itu pada artikel kali ini saya akan share bagaimana cara memasang kabel front panel pada motherboard tanpa membaca buku petunjuk pemasangan yang biasanya selalu ada ketika membeli PC baru.

Baca juga :

Cara Memasang Kabel Front Panel pada Motherboard Komputer

Pertama-tama arahkan pandangan anda ke Motherboard yang ada di dalam CPU. Cari slot Front Panel pada papan Motherboard. Banyak sekali slot yang mirip dengan slot Front Panel, untuk itu dibutuhkan ketelitian. Biasanya terdapat tulisan F PANEL disisi slot dan tidak adanya satu kaki pada pin 10. Berikut penampakan slot Front Panel pada Mtoherboard.

HARMANSYAH BLOG


HARMANSYAH BLOG

Slot front panel ini terdapat 10 pin. Lima pin berada di atas semuanya bernomor genap, urutan pemasangan dari kiri ke kanan bernomor 2-4-6-8-10. Sedangkan pin yang ada di bawah semua bernomor ganjil, urutannya masih sama dari kiri ke kanan bernomer 1-3-5-7-9. Pin yang kosong atau tidak memiliki kaki adalah pin 10. Berikut ini susunan pemasangan kabel front panel.

  • Pin 1-3 untuk Kabel HDD LED
  • Pin 2-4 untuk Kabel POWER LED
  • Pin 5-7 untuk Kabel RESET SW
  • Pin 6-8 untuk Kabel POWER SW
  • Sedangkan Pin 9 dan Pin 10 dibiarkan Kosong


HARMANSYAH BLOG


Perlu diperhatikan mana pin positif dan negatif, pin yang negatif untuk kabel yang negatif dan pin positif untuk kabel yang positif juga. Kabel negatif biasanya berwarna putih atau hitam namun jika ada melihat kabel hitam dan putih di satu kabel maka jelas kabel yang warna putih adalah negatif, dan kabel selain putih dan hitam maka kabel itu positif.

Pin yang memiliki aliran positif adalah kabel 1,2,6 dan 7, sedangkan pin yang memiliki aliran negatif adalah pin 3,4,5,dan 8, kalau bisa sobat hafalkan tuh mana pin yang negatif maupun pin yang positif, tidak sulit menghafal cuma pin 5 dan 7 saja yang terbalik yaitu +(plus) -(min) yang lain -(min) +(plus). Dan pin yang negatif harus dihubungkan dengan kabel yang negatif pula, begitu sebaliknya pin positif dengan kabel yang positif juga, biasanya para teknisi maupun para pemula banyak yang salah disini mereka memasang kabel nagatif ke pin positif akibatnya tombol (power dan reset) dan lampu Led tidak berfungsi, oleh karena itu anda harus teliti. Biasanya untuk membedakan kabel negatif dan mana kabel positif dilihat dari warna kabel tersebut, kabel negatif biasanya memiliki warna putih dan hitam, namun jika kabel warna putih dan hitam disatu kabel yang sama, maka yang negatif adalah yang warna putih, dan untuk kabel yang positif biasanya warnanya selain warna putih maupun hitam (warna hitam bisa menjadi positif jika mereka berpasangan atau satu kabel dengan warna putih namun jika selain warna putih maka sudah pasti warna hitamlah yang negatif). Jika tidak ada kabel warna putih atau hitam biasanya akan ada warna merah sebagai kabel positif. Untuk lebih jelasnya berikut gambar rangkaian kabel front panel.

HARMANSYAH BLOG


Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara memasang kabel front panel pada motherboard. Untuk pengguna yang sudah terbiasa atau sering merakit komputer jenis PC, hal seperti ini merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Semakin sering anda melakukannya anda juga akan terbiasa. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......