Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati

|
Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati - Permasalahan yang terjadi pada perangkat komputer memang sangat beragam, dari masalah yang sederhana sampai dengan masalah yang berat. Semua permasalahan yang dapat terjadi pada komputer terkadang membuat para pengguna harus memutar otak untuk menyelesaikan permasalahannya. Banyak pengguna komputer sering kali menemui kasus komputer arror dengan gejala komputer nyala sebentar namun mati lagi selang beberapa detik dan kadang tidak sampai satu detik. Beberapa diantaranya dapat diatasi dengan cara yang cukup mudah dan murah. Kasus komputer setelah menekan tombol power, komputer nyala sebentar dan mati lagi seperti yang akan dibahas kali ini penyebabnya cukup beragam, mulai dari masalah seperti korsleting listrik atau apapun sampai masalah hardware serius.

Apa anda mengalami masalah tersebut? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut secara berurut dengan seksama. Berikut alat-alat yang digunakan untuk melakukan penyelesaian masalah ini.

  • Obeng
  • Sumber arus listrik
  • Satu unit PC yang masih berjalan normal (tidak rusak) dengan tipe yang sama

Cara mengetahui dan mengatasi permasalahan komputer yang error dengan gejala nyala sebentar lalu mati

1. Untuk langkah pertama coba baca panduan bunyi suara Beep, dengan asumsi Anda mendengar suara beep tersebut. kode suara beep untuk tiap vendor motherboard berbeda-beda karena bios yang mereka gunakan berbeda. misalnya untuk komputer yang berjalan normal terdengar bunyi beep pendek sekali setelah kita nyalakan. bunyi beep panjang terus menerus bisa menandakan vga kita yang bermasalah, dan seterusnya. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca artikel berjudul Mendeteksi Kerusakan Hardware Komputer Melalui Suara Beep Speaker

HARMANSYAH BLOG

Namun jika anda tidak mendengarkan bunyi beep yang tidak normal, anda bisa lanjut membaca ke langkah-langkah berikutnya.

2. Langkah kedua yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian dalam komputer dari kotoran debu, karena seperti yang diketahui tahu bahwa debu dapat menyebabkan beberapa permasalahan komputer yang kadang tidak diketahui penyebabnya. Setelah itu nyalakan komputer, tetapi hasilnya komputer tetap menyala sebentar lalu mati, lanjut ke langkah berikutnya.

3. Langkah ketiga adalah mengecek PSU ( Power Supply Unit ). Karena tidak memiliki alat pendeteksi kerusakan power supply, langkah sederhana yang dapat diambil adalah dengan melakukan jumper pada pin konektor 20/24 pada power supply. Tujuannya adalah untuk memastikan apakah power supply tersebut  masih bekerja atau sudah rusak (mati). Untuk melakukan jumper pada pin power supply silahkan baca artikel berjudul Cara Mengecek Power Supply Rusak atau Tidak sebagai panduannya.

HARMANSYAH BLOG

Dengan melakukan test jumper pin pada PSU, meskipun kipas berputar normal belum tentu PSU tersebut betul-betul normal karena mungkin ada kerusakan pada komponen dalam PSU.
Jika anda tidak mempunyai Avometer untuk mengecek kerusakan PSU, maka untuk lebih mudahnya silahkan gunakan power supply komputer yang masih normal yang sudah anda siapkan untuk testing motherboard. Jika motherboard dapat nyala normal maka dipastikan PSU lah yang menjadi penyebabnya. Silahkan beli PSU yang masih normal dengan pin dan daya yang cukup untuk motherboard anda.
Namun Setelah melakukan jumper ternyata kipas power supply masih menyala dan atau PSU diganti dengan PSU yang normal permasalahanya belum teratasi, itu berarti kerusakannya bukan pada PSU, jadi silahkan ikuti langkah selanjutnya.

4. Langkah keempat adalah mengecek RAM. Untuk mengetahui apakah RAM adalah penyebab masalah ini, coba anda lepaskan kepingan RAM yang tertancap pada soket RAM di Motherboard. Jika sudah dilepaskan, hidupkan komputer anda. Apabila komputer menyala terus menerus tidak mati lagi dan mengeluarkan suara beep panjang (keluar suara beep panjang karena tidak ada RAM yang tertancap), itu berarti masalahnya ada pada kepingan RAM. Bersihkan pin RAM berwarna kuning dengan menggunakan penghapus. Untuk lebih lengkapnya bagaimana proses membersihkan RAM dengan penghapus pensil, silahkan baca artikel berjudul Membersihkan Pin RAM dengan Penghapus sebagai panduannya.

HARMANSYAH BLOG

Pin RAM sudah dirasa bersih, tancapkan kembali kepingan RAM ke motherboard. Atau anda bisa mengganti RAM dengan RAM yang baru, jika RAM yang lama memang mengalami kerusakan.
Namun apabila, ketika setelah melepaskan kepingan RAM dari motherboard dan dihidupkan, komputer masih tetap nyala sebentar dan mati lagi, silahkan ikuti langkah selanjutnya.

5. Langkah kelima adalah memeriksa switch tombol power. Switch tombol power pada casing komputer yang mengalami korsleting terkadang menjadi penyebab komputer nyala sebentar lalu mati. Cara memeriksanya yakni dengan melepas konektor tombol power yang tertancap pada motherboard. Kemudian coba nyalakan dengan menggunakan obeng, caranya dengan menghubungkan 2 kaki tempat menancapnya konektor tombol power pada motherboard tadi dengan obeng. Jika masalahnya belum teratasi lanjut ke langkah berikutnya.

6. Langkah keenam adalah cek pasta pada Processor. Berkurangnya atau menegringnya pasta pada processor bisa saja menjadi penyebab masalah komputer nyala sebentar lalu mati, karena processor yang mengalami kepanasan berlebihan atau overheating. Untuk melakukannya, buka pengait processor, lalu bersihkan sisa pasta pada processor kemudian tambahkan pasta baru pada processor. Terakhir tutup pengait processor.

HARMANSYAH BLOG

Apabila langkah ini sudah dilakukan dan komputer tetap mengalami masalah yang sama, kemungkinan processor sudah rusak, untuk mengetahui apakah perangkat ini sudah rusak atau tidak, coba pasang processor pada komputer normal ke motherboard komputer yang mengalami masalah. Jangan lupa untuk menambahkan pasta dan memasang kembali kipas pendingin processor.

7. Jika langkah di atas belum bisa mengatasi permasalahannya, silahkan lanjut ke langkah ketujuh, yakni memeriksa VGA Card. Akhir-akhir ini saya menemukan ilmu baru dari teman yang ahli, ternyata VGA Card yang error juga menjadi salah satu penyebab komputer nyala sebentar lalu mati lagi. Pada motherboard yang tidak memiliki onboard VGA alias menggunakan VGA eksternal, bersihkan juga pin VGA dengan penghapus dan coba pasang kembali.

HARMANSYAH BLOG

VGA Onboard error, ini yang baru saja saya temui pada motherboard yang memiliki onboard VGA. Dengan kasus yang sama, VGA onboard yang error dapat menyebabkan komputer mengalami hal demikian. Dari beberapa penjelasan master, komputer yang nyala sebentar lalu mati lagi disebabkan karena adanya komponen yang konsleting atau error, salah satunya yaitu VGA dan soundcard.
Untuk mengatasi VGA onboard yang error Anda dapat memasang VGA Eksternal pada motherboard Anda. Begitu pula jika permasalah terjadi pada soundcard yang error, silahkan pasang soundcard eksternal. Dengan memasang VGA/ Soundcard eksternal maka secara otomatis fungsi perangkat onboard akan terdissable dan motherboard dapat nyala dengan normal.

Apabila semua langkah-langkah diatas sudah dilakukan, namun masalah komputer nyala sebentar lalu mati, maka bisa dipastikan penyebab masalah tersebut adalah motherboard yang mengalami kerusakan.

8. Langkah kedelapan adalah mengganti motherboard pada komputer yang mengalami masalah dengan motherboard normal pada komputer normal yang anda siapkan tadi yang tipenya sama.

Langkah-langkah diatas adalah langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengatasi permasalahan komputer yang hidup atau nyala sebentar lalu mati dan keberhasilan saya dalam mengatasi permasalahan ini yang saya temui adalah pada langkah mengecek PSU, RAM dan motherboard.

Catatan : Apabila anda tidak memiliki komputer lain yang masih normal dan memiliki spesifikasi yang sama dengan komputer yang bermasalah, akan menyebabkan anda tidak akan tahu komponen hardware mana yang mengalami kerusakan. Karena komputer normal tersebut digunakan untuk proses testing. Jadi jalan terakhir yang bisa anda lakukan adalah mempercayakannya ke tukang service komputer profesional atau ke toko tempat anda membeli dan merakit PC anda.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana mengatasi komputer yang error dengan gejala komputer nyala sebentar lalu mati. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

1 komentar:

Anonymous said...

Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati - Harmansyah Blog >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati - Harmansyah Blog >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati - Harmansyah Blog >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......