Membuat Halaman Statis di Blogger

|
Cara Membuat Halaman Statis (Static Page) di Blog - Membuat konten di blog berflatform blogspot, wordpress atau flatform lainnya, pada umumnya ada dua halaman yang bisa kita gunakan sebagai tempat untuk membuat dan menerbitkan sebuah konten, yakni Halaman Statis (Static Page) dan Halaman Dinamis (Dynamic Page). Halaman statis di blogspot atau blogger di sebut sebagai Laman yang pada dasarnya hampir mirip dengan halaman dinamis, hanya saja memiliki beberapa perbedaan dan fungsi tersendiri.

Halaman Statis (Static Page
Halaman Statis

Apa itu Halaman Statis (Static Page) dan Halaman Dinamis (Dinamic Page)?
Halaman statis adalah halaman yang sifatnya berdiri sendiri atau independen, tidak terikat oleh waktu dan bukan merupakan bagian dari urutan posting walaupun cara penggunaannya sama seperti kita membuat artikel pada halaman dinamis (pos) sehingga halaman statis ini tidak masuk ke dalam arsip blog. Itu artinya bahwa halaman statis tidak akan muncul di bagian homepage seperti halaman dinamis pada umumnya. Blogger menambahkan fitur ini sekitar awal 2010 untuk mendukung user akan halaman statis. Halaman statis sangat cocok di gunakan untuk menulis berbagai informasi yang terkait dengan blog, seperti About, Contact Us, Privacy Policy, Sitemap dan lain-lain. Halaman ini dapat dibaca ketika pengunjung mengunjungi blog.
Lain halnya dengan Halaman dinamis, halaman dinamis merupakan kebalikan dari halaman statis yakni halaman yang masuk ke dalam urutan posting, terikat oleh waktu, masuk ke dalam arsip blog serta muncul di bagian homepage, popular post dan widget lainnya. Halaman dinamis berpotensi untuk di index oleh mesin pencari dan dapat dengan mudah kita temukan dengan mesin pencari, seperti mbah google. Biasanya pada halaman dinamis ini orang sengaja melibatkan faktor optimisasi SEO ke dalamnya agar cepat terindex oleh mesin pencari.

Perbedaan mendasar Halaman Statis dan Halaman Dinamis
1. Halaman Statis
  • Tidak berpotensi untuk di index oleh mesin pencari.
  • Secara default tidak ditampilkan di depan halaman blog atau homepage.
  • Tidak masuk ke dalam arsip dan tidak memiliki waktu penerbitan.
  • Tidak memiliki label dan author.
  • Dikhususkan untuk konten yang jarang di update.
  • Halaman statis umumnya memiliki URL : http://namablog.blogspot.com/p/nama-laman.html
2. Halaman Dinamis
  • Berpotensi untuk di index oleh mesin pencari.
  • Secara default ditampilkan di depan halaman blog atau homepage.
  • Masuk ke dalam arsip dan memiliki waktu penerbitan.
  • Memiliki label dan author.
  • Dikhususkan untuk konten yang sering di update.
  • Halaman dinamis umumnya memiliki URL : http://namablog.blogspot.com/tahun/bulan/nama-post.html.
Fungsi Halaman Statis
Seperti yang telah di bahas di atas, halaman statis bukan merupakan bagian dari postingan blog dan tidak difungsikan untuk menulis artikel yang sering di update. Halaman statis lebih etis di gunakan untuk memuat semua informasi yang berkaitan dengan blog. Jadi fungsi halaman statis adalah untuk memuat segala informasi yang berkaitan dengan blog yang sedang dikelola, misalnya seperti About (keterangan pemilik blog), Contact Us, Sitemap, Privacy Policy dan lainnya.

Cara Membuat Halaman Statis
Cara membuat halaman statis ini prosesnya tidak berbeda dengan membuat artikel pada pos di blogger, jadi sangat mudah sekali sobat. Berikut ini langkah-langkahnya.
  • Masuk ke akun blogger anda.
  • Setelah anda berada pada dashboard atau menu blogger seperti gambar di bawah, silahkan anda klik Laman kemudian klik tombol Laman baru.
Menu Laman
Menu Laman

  • Anda akan dibawa ke bagian editor untuk membuat halaman statis. Di sini anda tinggal memasukkan judul halaman dan isi halaman.
Menu Editor Halaman Statis/Laman
Menu Editor Halaman Statis/Laman

  • Jika halaman sudah selesai dibuat,silahkan klik tombol publikasikan untuk menerbitkan halaman statis anda.
Secara default halaman statis tidak ditampilkan di blog atau homepage. Selain itu tidak ada link yang bisa digunakan untuk menuju ke halaman statis yang anda buat. Untuk menampilkan link halaman statis yang anda buat, anda bisa menggunakan widget laman atau anda juga bisa membuatnya secara manual dengan kode HTML ke dalam template atau ke dalam menu navigasi blog anda.

Menggunakan widget/gadget Laman
Berikut langkah-langkahnya :
  • Anda masih berada pada menu blogger atau dashboard, silahkan klik Tata Letak.
Menu Tata Letak
Menu tata Letak

  • Klik Tambahkan Gadget.
Tambahkan Gadget/Widget
Tambahkan Gadget/Widget

  • Pilih Laman.
Laman atau Halaman Statis
Pilih Laman

  • Kasih centang halaman statis yang ingin anda tampilkan, lalu klik Simpan.
Konfigurasi Daftar Laman
Konfigurasi Daftar Laman



Menggunakan kode HTML
Selain menggunakan widget/gadget untuk menampilkan link halaman statis, anda juga bisa menggunakan kode HTML untuk menampilkan link halaman statis di blog. Jika anda menggunakan template dari pihak ketiga bukan template bawaan blogger kemungkinan blog anda sudah memiliki menu navigasi ini. Jadi anda tidak perlu membuat kode html untuk menu navigasi blog, anda hanya mengedit URL link pada kode menu navigasi yang sudah ada. Berikut langkah-langkah mengedit dan memasukkan link halaman statis pada menu navigasi blog :
  • Klik menu Template atau Tema pada menu blogger. Jika perlu klik Backup/Pulihkan untuk berjaga-jaga kalau anda belum terbiasa melakukan edit HTML. Lalu klik Edit HTML.
Tema/Template
Tema/Template

  • Cari kode kurang lebih seperti ini.
Kode Menu Navigasi
Kode Menu Navigasi

  • Setelah itu ganti tanda pagar dengan URL halaman statis anda dan ganti kata Menu 1 dengan judul halaman statis anda. Untuk mengetahui url halaman statis, anda bisa melihatnya melalu menu Laman di menu blogger atau dahsboard dengan meng-klik lihat yang berada tepat di bawah judul halaman statis atau meng-klik kanan pada lihat lalu pilih salin lokasi tautan. Terserah anda yang mana menurut anda lebih enak.
Lihat URL Link
Lihat URL Link

  • Lebih kurang kodenya akan terlihat seperti berikut setelah diubah.
Kode Menu Navigasi
Kode Menu Navigasi

  • Terakhir klik Simpan Template. Lihat blog anda dan tes klik link halaman statis apakah semua berjalan dengan benar.
Klik Halaman Statis
Klik Halaman Statis

Demikian tutorial sederhana mengenai Membuat Halaman Statis di Blog, semoga bisa bermanfaat dengan baik. "Happy Blogging"

Related Posts :

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

10 komentar:

LALU TEGUH JIWANDANU said...

thank you

Harmansyah said...

My pleasure Lalu

Annas Firmansyah said...

terimakasih gan , bermanfaat .. jangan lupa berkunjung kembali http://mysobatmoslem.blogspot.co.id

Harmansyah said...

@Annas Firmansyah, Sama2 gan, otw gan

Her Mawan said...

trimakasih gan ifonya. bermanfaat

Harmansyah said...

@Her Mawan, Sama-sama gan

Operator Madrasah said...

Ini baru tutorial. Terima kasih friend. Mantap sekali.

Harmansyah said...

@Operator Madrasah, Sama-sama sobat, terima kasih

rizki_fadila said...

mkasih banyak ya.. sangat membantu sekali..

Harmansyah said...

@rizki_fadila, sama-sama sob, alhamdulillah

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......