Membuat Widget Pengikut Blog dengan Kode HTML

|
Membuat Widget Pengikut atau Followers Blog dengan Kode HTML - Widget pengikut atau followers blog merupakan widget yang menampilkan daftar pengguna blogger yang mengikuti blog, disertai sebuah tombol bertuliskan Join this site (Ikuti situs ini) bagi pengguna yang belum mengikuti blog dan Berhenti ikuti bagi pengguna yang sudah mengikuti blog.

Jika dilihat dari namanya saja, sudah bisa dipastikan widget ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan blog. Mengapa demikian? Karena pengguna blogger lain yang mengikuti blog anda, akan langsung mendapatkan update postingan di halaman dashboard blogger mereka, setiap anda menerbitkan artikel atau postingan baru di blog yang anda miliki. Jadi besar kemungkinan postingan akan langsung mendapatkan pengunjung atau pembaca.

Sebenarnya widget followers atau pengikut blog ini bisa dengan mudah kita pasang di blog, karena widget ini sudah tersedia pada menu widget atau gadget blogger atau blogspot. Langkah-langkahnya yaitu dengan masuk ke menu Tata Letak >> klik Tambahkan gadget pada posisi yang anda inginkan >> Pilih dan klik Widget Pengikut atau Followers >> kemudian Simpan.

Namun karena ada keperluan tertentu, yakni seorang blogger ingin memasukkan atau menggabungkan widget ini dengan widget yang lain, seperti pada HARMANSYAH BLOG. Widget pengikut atau followers blog, saya masukkan ke dalam menu tab view yang juga saya buat dengan kode CSS dan HTML secara manual. Oleh karena itu, pembuatan widget pengikut dengan mode HTML ini juga sangat diperlukan.

Baca juga : Cara Mengganti Profil Google+ ke Profil Blogger Terkait Penghentian Google+

Caranya sukup mudah, hanya dengan mencari kode tertentu dengan menyamakan kode dengan kode yang saya drag pada gambar, kemudian melakukan copy paste ke widget HTML/JavaScript lalu Simpan. Untuk lebih lengkapnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut dengan teliti.

Cara Memasang Widget Pengikut atau Followers Blogger dengan Mode HTML

1. Pertama, silahkan login ke akun blogger.
2. Pasang widget pengikut atau followers dengan cara yang biasa dahulu yakni melalui menu Tata Letak.
3. Pilih menu Tata Letak >> klik Tambahkan gadget pada posisi yang anda inginkan.
4. Pilih dan klik widget Pengikut atau Followers.
5. kemudian Simpan.
6. Selanjutnya buka halaman blog anda, kemudian klik kanan pada halaman blog >> lalu pilih View page source (Lihat sumber laman) atau tekan Ctrl+U pada keyboard.
7. Setelah sumber laman terbuka, tekan Ctrl+F lalu masukkan kata kunci atau nama widget yang ingin dicari, dalam hal ini widget Pengikut atau Followers. Jika anda menggunakan bahasa Inggris pada settingan blog maka ketikkan Followers1 dan jika menggunakan bahasa Indonesia ketikkan Pengikut1. Pilihlah tulisan Followers1 atau Pengikut1 yang diikuti oleh kode-kode seperti gambar berikut.

HARMANSYAH BLOG

8. Blok kode tersebut seperti gambar di atas, dimulai dari kode

<div id='Followers1-wrapper'>
.........................................................
.........................................................
.........................................................
.........................................................
sampai kode
.........................................................
.........................................................
.........................................................
.........................................................
</div>
</div>

9. Copy paste terlebih dahulu kode tersebut ke Notepad untuk digunakan nanti.
10. Masuk kembali ke menu Tata letak.
11. Apabila anda hendak membuat widget baru, klik Tambahkan gadget pada posisi yang anda inginkan, pilih HTML/JavaScript, kemudian copy paste kode yang anda simpan pada Notepad tadi ke kotak konten, lalu tekan tombol Simpan. Sedangkan.
12. Apabila anda hendak menggabungkan widget Pengikut atau Followers dengan widget yang lain. Klik Edit pada widget yang akan digabungkan dengan widget Pengikut. Copy paste kode yang anda simpan pada notepad ke dalam kode widget yang lain tersebut. Atur sesuai keinginan anda.
13. Terakhir tekan tombol Simpan.

Catatan : Apabila widget tersebut tidak bisa tampil, itu karena adanya widget pengikut yang anda pasang pertama dengan cara biasa tadi. Silahkan hapus widget Pengikut atau Followers yang anda pasang pertama dengan cara biasa tersebut, dan widget yang anda pasang dengan mode HTML akan muncul.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara membuat dan memasang widget pengikut atau followers dengan kode HTML. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

2 komentar:

INISIAL BT said...

Terimakasih Tipsnya work

Polma Roy Sihite said...

terima kasih

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......