Cara Backup dan Import Seluruh Data Artikel Blog

|
Cara Backup dan Impor Seluruh Data Artikel Blog di Blogger (Blogspot) - Melakukan backup seluruh data artikel postingan blog merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh para blogger untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti blog dihapus tiba-tiba oleh Google hingga hilang dari peredaran bagai ditelan bumi.

Hal inilah yang menjadi salah satu kelemahan blog yang dibuat menggunakan platform Blogger atau Blogspot. Anda sebagai pembuat blog tidak memiliki hak penuh terhadap blog itu sendiri, walaupun blog yang anda buat diisi dengan banyak artikel, dimodifikasi dengan bagus, namun tetap saja pemilik sebenarnya blog yang anda buat tersebut adalah Google. Pembuat blog hanya diberikan hak mengisi artikel sebagai postingan blog dan memodifikasi seluruh tampilan blog, sehingga setiap pembuat blog yang dianggap melakukan kesalahan atau melanggar aturan-aturan yang dibuat oleh pemilik Blogger.com dalam hal ini Google, maka kemungkinan terburuknya adalah blog yang sudah dibangun dengan susah payah dalam kurun waktu yang cukup lama tersebut, akan dihapus oleh Google.

Google merupakan pemilik Blogger.com dan berhak melakukan apapun terhadap apa yang dia miliki. tetapi Google tidak sejahat itu, Google hanya akan menghapus blog yang melanggar hak kebijakan yang telah ditentukan, seperti membuat konten yang memiliki lisensi hak cipta, melakukan copy-paste, spam, dan alasan lainnya.

Dihapusnya blog oleh Google yang disebabkan oleh kesalahan pemilik blog karena telah melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan, mungkin itu masih bisa diterima oleh si pembuat blog, akan tetapi yang paling mengecewakan para blogger adalah blog dihapus oleh Google, sementara anda atau pembuat blog tidak merasa pernah melakukan hal-hal yang melanggar kebijakan.

Kejadian tersebut mungkin saja terjadi karena bisa jadi ada blogger lain yang iri dengan kemajuan blog yang anda miliki, sehingga mereka melakukan sabotase terhadap blog anda dengan melakukan hal-hal yang dapat merusak citra blog dimata Google dan mendapatkan finalty.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini, diantaranya dengan mulai pindah platform dari Blogspot ke platform lain, membuat konten yang tidak melanggar TOS serta meningkatkan keamanan blog, dan solusi lainnya adalah melakukan Backup terhadap seluruh data blog.

Melakukan backup berfungsi untuk menyimpan data sebuah blog di komputer sendiri, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kemungkinan-kemungkinan terburuk (dimana Blogger tiba tiba menghapus blog), jadi dengan begitu, apabila hal tersebut benar-benar terjadi, anda hanya tinggal memulihkan blog anda dengan menggunakan file backup tersebut.

Untuk membackup atau mengeksport seluruh data artikel postingan blog, anda tidak perlu memanfaatkan sebuah software, aplikasi, atau tool khusus yang disediakan oleh pihak ketiga untuk melakukannya. Karena pada Blogger sendiri sudah tersedia sebuah fitur yang dapat anda manfaatkan untuk mem-backup seluruh data blog dengan utuh. Anda akan mendapatkan data dari seluruh artikel/postingan, halaman, komentar, bahkan draft sekalipun.

Oleh karena itu, jika anda melakukan backup, anda tidak perlu khawatir seluruh data artikel anda terhapus, karena seluruh data blog sudah tersimpan dengan aman di dalam harddrive komputer anda. Untuk melakukan backup dan eksport data blog, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Baca juga :



Cara Backup Seluruh Data Artikel Postingan Blog

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke akun blogger dan menuju ke dashboard.
2. Pilih menu Setelan atau Setting, lalu pilih Lainnya.

HARMANSYAH BLOG

3. Untuk melakukan backup data blog, bagian Impor & backup pada opsi Konten (halaman, postngan, & komentar), silahkan pilih dan klik tombol Backup Konten.

HARMANSYAH BLOG

4. Selanjutnya yang terakhir, setelah muncul jendela kecil seperti gambar berikut, klik Simpan ke komputer.

HARMANSYAH BLOG


Tunggu hingga proses download file data blog anda selesai. Lama tidaknya proses download file backup data blog ini tergantung pada cepat tidaknya kecepatan koneksi Internet yang digunakan dan banyaknya artikel, komentar, draft, dan halaman yang terdapat pada blog. Semakin banyak konten yang ada di blog, maka akan semakin lama pula proses download ini berlangsung. Sebaliknya, jika blog hanya memiiki sedikit konten, proses backup pun akan selesai dengan cepat.

Apabila proses download sudah selesai, anda akan mendapati sebuah file dengan nama sesuai dengan tanggal ketika anda melakukan backup dan ber-ekstensi .xml, misalnya anda melakukan backup pada tanggal 18 Maret 2019, maka file tersebut akan memiliki nama blog-03-18-2019.xml. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat gambar berikut.

HARMANSYAH BLOG


Pastikan file yang sudah terdownload tidak mengalami corrupt. Corrupt biasanya terjadi karena koneksi internet yang tidak setabil ketika melakukan download file backup. Apabila file backup mengalami corrupt, maka otomatis file tersebut tidak bisa digunakan untuk diimpor ke blog yang baru atau yang lain.

Lalu bagaimana cara menggunakan file backup tersebut ke blog yang baru atau blog yang lain?
Untuk menggunakannya, anda harus meng-impor file backup tersebut ke blog yang baru atau blog yang lain. Berikut langkah-langkah impor data artikel postingan blog ke blog yang baru atau blog yang lain.

Cara Impor File Backup ke Blog

Meng-impor file backup data blog sama halnya dengan proses melakukan upload yang biasa dilakukan di Internet dan langkah-langkahnya pun tidak jauh berbeda dengan melakukan backup.

1. Silahkan anda menuju ke dashboard blogger anda.
2. Pilih menu Setelan, kemudian pilih menu Lainnya.

HARMANSYAH BLOG

3. Untuk melakukan impor file backup, bagian Impor & backup pada opsi Konten (halaman, postngan, & komentar), silahkan pilih dan klik tombol Impor Konten.

HARMANSYAH BLOG

4. Muncul menu pop-up Impor Konten. Beri checklist pada kotak reCAPTCHA untuk memverifikasi kalau anda bukan program atau robot dan beri checklist pada pilihan Publikasikan semua postingan dan halaman yang telah diimpor secara otomatis (saya sarankan untuk tidak memberi checklist pada bagian ini karena kemungkinan blog anda akan dianggap spam sebagai akibat dari banyak postingan yang dipublikasikan langsung secara beruntun).

HARMANSYAH BLOG

5. Jika sudah mantap dengan pilihan anda. Silahkan tekan Impor dari komputer.
6.  Akan terbuka sebuah jendela kecil seperti gambar berikut, silahkan cari dimana anda menyimpan file backup dengan type xml yang anda download tadi pada harddrive komputer, lalu klik Open.

HARMANSYAH BLOG


Pada tahap ini silahkan tunggu proses upload file backup ke server Blogger.com akan berlangsung. Seperti halnya membackup data artikel postingan blog, proses ini juga membutuhkan waktu, semakin besar ukuran file, semakin lama juga proses upload akan selesai.
Setelah selesai, anda akan mendapati semua artikel, komentar, dan lainnya pada menu Postingan sebagai Draf yang siap untuk anda Publikasikan satu persatu.

Dengan melakukan backup terhadap seluruh data artikel, postingan, komentar, dan lainnya yang ada di blog, maka seluruh data blog yang ada pada blog yang dimiliki akan aman tersimpan pada harddrive komputer. Hal ini dilakukan untuk mengantisifasi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi terhadap blog yang dimiliki. Lakukan backup data blog secara rutin 1 bulan sekali.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara backup dan impor seluruh data artikel postingan blog. Semoga bermanfaat anda " Happy Bloggig "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

15 komentar:

Bob Marley said...

Semikian :D

Harmansyah said...

@bob marley, uda diganti :P

Bang Day said...

Trims mas. Segera saya praktekan nih

Harmansyah said...

@Bang Day, Silahkan Bang day terima kasih...

Himawan Sant said...

Waduh, pasti jadi pengalaman menyedihkan banget ya kalau artikel2 yang sudah dibuat dengan babak belur membuatnya, tau-tau dibanned google.
Semoga kejadian seperti itu ngga pernah terjadi buat kita semua.

Dan di post ini sudah dijelaskan cara-cara backup datanya ..., mantul penjelasannya.

Harmansyah said...

@Himawan Sant, iya mas hima semoga semua blogger yang baik akan selalu baik-baik saja...

Bang Day said...

Trims bang Harmansyah, ini ngingetin saya jadinya ut back up. Bisa nangis guling2 kalo tiba2 blog ada masalah yah

Himawan Sant said...

@ Harmansyah =

Amin, semoga kita-kita selalu jadi blogger yang manis, eh# tidak berulah ..., menjahati ataupun punya sifat sirik dengan blogger lain.
Lagipula, orang punya tujuan jahat begitu apa ngga takut suatu saat kena karma balik yaa ?

@ Bang Day =

... Nangis guling~gulingnya ... , jangan lupa milih tempat doloeeee, BeDe ...
Kalo nangis guling-gulingnya di bebatuan .. wuuah bisa lecet-lecet body, loooh .. wwwwkkk :D
*Becanda-loh-yaaa*

Bang Day said...

@ mas Himawan.. hahhaha.. makasih sarannya

Harmansyah said...

@Bang Day, wah bang jgn nangis2 guling-guling :D smoga blog yang kita bangun dengan susah payah snantiasa baik2 saja
@Mas Hima, betul mas hima blogger baik pasti dapatnya baik begitu pula sebaliknya...

Himawan Sant said...

Ngomong- ngomong, alias enewei baswei udah kupraktekin loh cara backupnya yang dijelasin disini ...

Keren euy cara-caranya 👍

Harmansyah said...

@Himawan Sant, belum bisa posting artikel yang baru mas Hima masih sibuk di real

Monita Saki said...

mantap nih artikelnya kak sangat membantu dan bermanfaat sekali hehehe.
btw, jangan lupa kunjungi balik blog aku yah.

di : www.monitasaki.com

belajar ngeblog dari gak bisa sampai bisa :)

Aris Armunanto said...

Semoga tak terjadi pada kita semua, sehingga hasil susah payah menulis tetap bisa dilihat hasilnya sampai ke anak cucu,..back up artikel penting sekali nih

Harmansyah said...

@Aris Armunanto, iya mas aris backup data artikel blog sangat penting untuk mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......