Cara Menghapus File di Recycle Bin Secara Otomatis

|
Cara Menghapus File di Recycle Bin Secara Otomatis - Ketika menghapus sebuah file pada komputer dengan sistem operasi Windows (tanpa menggunakan tombol kombinasi Shift+Del), sebetulnya file tersebut belum benar-benar terhapus secara permanen, namun akan masuk dan tersimpan ke dalam sebuah aplikasi bawaan Windows bernama Recycle Bin. Tujuan dari Recycle Bin ini adalah jika suatu saat ternyata anda masih membutuhkan file yang sudah terhapus dan tersimpan di dalam Recycle Bin, anda masih bisa mengembalikannya atau untuk menghindari penghapusan file yang tidak disengaja. Kecuali jika menghapus sebuah file menggunakan tombol kombinasi Shift+Del, maka file tersebut akan benar-benar terhapus secara permanen tanpa tersimpan terlebih dahulu ke Recycle Bin sehingga tidak bisa dikembalikan lagi.

Tanpa anda sadari, semakin seringnya anda melakukan penghapusan file-file yang sudah tidak diperlukan lagi pada sebuah komputer, maka tentunya akan ada banyak file yang menumpuk di dalam aplikasi Recycle Bin yang mengakibatkan berkurangnya space kosong atau ruang penyimpanan pada partisi sistem yang biasanya berada pada drive Local Disk (C:).

Nah untuk menghindari penumpukkan file pada Recycle Bin, anda dapat membersihkan atau menghapus file pada Recycle Bin secara berkala ntah itu setiap hari, satu minggu sekali, satu bulan sekali, dan seterusnya terserah anda. Dan untuk memudahkan anda dalam membersihkan isi Recycle Bin yang sudah menumpuk secara berkala, anda bisa memanfaatkan Task Scheduler, sehingga proses pembersihan atau penghapusan file pada Recycle Bin akan berjalan secara otomatis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Baca juga :



Cara Menghapus File di Recycle Bin Secara Otomatis

Sebagai langkah awal, silahkan buka Windows Run dengan cara menekan logo Windows+R pada keyboard. Setelah itu ketikkan taskschd.msc pada kotak yang tersedia, lalu klik OK atau tekan Enter pada keyboard.

HARMANSYAH BLOG


Jendela Tas Scheduler tampil, pada bagian Action silahkan klik pilihan Create Basic Task...

HARMANSYAH BLOG


Pada wizard pertama, masukkan nama dari Task pada bagian Name serta deskripsi (jika perlu) pada bagian Description. Jika sudah dirasa mantap, tekan tombol Next untuk melanjutkan proses.

HARMANSYAH BLOG


Langkah selanjutnya adalah memilih kapan Task yang anda buat akan dijalankan secara otomatis. Disini anda bisa memilih sesuai keingan, diantaranya Daily, Weekly, Monthly, One time, When the computer starts, When I log on, dan When a specific even is logged. Sebagai contoh disini saya akan memilih Monthly. Setelahnya, silahkan klik atau tekan tombol Next untuk melanjutkan proses.

HARMANSYAH BLOG


Tentukan kapan Task yang anda buat akan mulai berjalan. Anda dapat menentukan Task akan berjalan kapan saja, apakah hari ini besok, hari apa saja dalam satu bulan. Apabila sudah dirasa mantap klik atau tekan tombol Next untuk kembali melanjutkan proses.

HARMANSYAH BLOG


Tentukan apa yang akan dilakukan ketika Task mulai berjalan. Pilih dan beri checklist pada pilihan Start a program, lalu tekan tombol Next untuk melanjutkan proses.

HARMANSYAH BLOG


Pada kolom isian Program/script, masukkan cmd.exe. Sedangkan untuk kolom isian Add arguments (optional), silahkan masukkan perintah di bawah ini. Jika sudah benar, klik atau tekan tombol Next untuk melanjutkan proses.

/c "echo Y|PowerShell.exe -NoProfile -Command Clear-RecycleBin"

HARMANSYAH BLOG


Pada langkah ini anda akan disuguhkan hasil rekapitulasi dari Task yang anda buat. Apabila semuanya sudah dirasa benar, silahkan klik atau tekan tombol Finish untuk mengakhiri semua proses.

HARMANSYAH BLOG


Langkah terakhir, silahkan tutup jendela Task Scheduler.

Dengan menjadwalkan proses pembersihan isi Recycle Bin menggunakan Task Scheduler, maka anda tidak perlu khawatir dengan penumpukkan file-file pada Recycle Bin dan tidak perlu lagi mengosongkan isi Recycle Bin secara manual, karena pembersihan atau penghapusan isi Recycle Bin akan berjalan secara otomatis.

Catatan : Untuk menghilangkan Task ini, silahkan pilih menu Task Scheduler Library pada bagian sebelah kiri jendela Task Scheduler. Kemudian cari nama Task yang anda buat tadi, lalu klik kanan pada Task tersebut, kemudian pilih Delete.

HARMANSYAH BLOG


Demikian tutorial sederhana bagaimana cara menghapus file di Recycle Bin secara otomatis. Cara ini dapat digunakan pada semua versi Windows. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

12 komentar:

Bang Day said...

Cuman perlu hati2 juga mas, kali2 aja masih ada file yg ingin kita restore

Harmansyah said...

@Bang Day, iya bang day memang harus hati-hati jika ingin menggunakan cara ini

Aldhi Fajar said...

ternyata ada fitur otomatisnya
aku baru tau nih,, thx sharingnya mas

Harmansyah said...

@Aldhi Fajar, sama-sama mas Aldhi semoga bermanfaat

Himawan Sant said...

Karena awalnya aku memang asing dengan nama Recycle Bin ini, maklum aku gaptek wwwkkk ..., aku bingung juga baca akhiran Recycle kok ada kata Bin ...

Kirain ada sambungannya gitu, misalnya Recycle Bin Ajaib.
Nyatanya, bukaaaan ...
Hahahaha wwkkk

Tapi mantul penjelasan tahapan demi tahapannya, mudah dimengerti.

Michael "Dije" David said...

Wah, mending manual mah kalo saya. Takut ada file penting yang kehapus terus mau di-restore.

Tapi, penjelasannya rinci dan mudah dipahami. Good job! :D

ariwcp.id said...

Kalau rycle bin saya yang tidak muncul itu kenapaa ya, hilang dari dekstop

Harmansyah said...

@Himawan Sant, Mas hima wkwkwkwk :D
@Michael "Dije" Davis, Yoi sob mending manual biar lebih terkontrol
@ariwcp.id, Bisa jadi karena ada pengaturan yang salah pada jendela desktop icon setting, seperti checklist yang dihilangkan tanpa disengaja.

Himawan Sant said...

Ngakaknya jangan lebar-lebar bin kencang ya, maaas ...

Rada keganggu niih .., soalnya aku lagi belajar ngikutin tahapan cara-cara praktek Recycle Bin dari artikel keren ini
Xixixi :)

Monita Saki said...

mantap nih artikelnya kak sangat membantu dan bermanfaat sekali hehehe.
btw, jangan lupa kunjungi balik blog aku yah.

di : www.monitasaki.com

belajar ngeblog dari gak bisa sampai bisa :)

Monita Saki said...

mantap nih artikelnya hehehe

Harmansyah said...

@Monita Saki, hehe thanks mba mon

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......