Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer

|
Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer Windows 7 - Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel yang berjudul Cara Format Flashdisk Yang Baik dan Benar, Flashdisk merupakan sebuah perangkat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan pada port USB yang mampu menyimpan file atau data dalam berbagai format dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Selain itu, flashdisk memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga mudah dibawa kemana-mana.

HARMANSYAH BLOG


Namun ada masalah yang sering kali dialami oleh para pengguna Flashdisk. Masalah tersebut adalah Flasdisk tidak terdeteksi atau tidak terbaca ketika dicolokkan ke port USB komputer PC maupun laptop. Sebelum melangkah ke tahap cara mengatasi Flashdisk yang tidak terdeteksi di komputer, ada baiknya anda mengetahui dan memahami terlebih dahulu beberapa penyebab Flashdisk tidak terbaca atau tidak terdeteksi pada komputer. Berikut beberapa penyebab Flashdisk tidak terbaca atau tidak terdeteksi pada komputer PC maupun Laptop.

  • Flashdisk rusak secara fisik
  • Driver USB bermasalah
  • Port USB pada komputer bermasalah/rusak
  • Dan lainnya.
Setiap masalah yang menjadi penyebab Flashdisk tidak terdeteksi atau tidak terbaca pada komputer, memiliki cara tersendiri untuk mengatasinya. Bisa jadi masalah Flashdisk tidak terbaca berasal dari Flashdisk itu sendiri, bisa juga dari komputer tempat anda mencolokkan Flashdisk. Untuk mengetahuinya, silahkanmencoba untuk colokkan Flashdisk ke komputer lain. Atau bisa juga anda colokkan Flashdisk lain ke komputer dimana anda menemui masalah tersebut. Hasilnya pasti akan terlihat. Kalau Flashdisk anda terbaca di komputer lain, berarti masalahnya ada pada komputer. Sebaliknya, jika Flashdisk anda tidak terbaca juga di komputer lain, ada kemungkinan Flashdisk anda yang rusak. Berikut cara-cara tepat menangani Flashdisk tidak terbaca atau terdeteksi di komputer PC maupun Laptop.

1. Mengecek Kondisi Port USB
Sebuah perangkat bisa dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama apabila dirawat dengan baik dan benar. Nah, hal ini juga berlaku pada perangkat yang menggunakan USB dan port USB yang ada pada komputer PC maupun Laptop. Jika anda biasa meletakkan Flashdisk, laptop, atau PC pada tempat yang kotor dan berdebu, bisa saja lubang USB atau port USB kemasukkan debu dan menempel, sehingga menyebabkan Flashdisk atau perangkat USB lain tidak terbaca dengan baik. Atau bisa juga kepala Flashdisk yang masuk ke port USB tersebut yang kotor. Segera bersihkan hingga bersih.

Untuk memberishkannya cukup dengan kuas kecil dan kain lap. Kuas kecil digunakan untuk membersihkan lubang kecil pada port USB atau konektor Flashdisk, sedangkan kain lap digunakan untuk membersihkan bagian luar USB atau konektor Flashdisk.

2. Update Device Driver
Driver USB pada komputer PC maupun laptop terkadang bisa bermasalah. Masalah tersebut diakibatkan oleh terjadinya crash atau corrupt pada file driver USB pada sistem operasi komputer anda. Driver yang bermasalah mengakibatkan perangkat USB tidak bisa terbaca oleh komputer PC atau laptop, meskipun sudah dihubungkan.

Salah satu cara mengatasi driver USB yang bermasalah adalah dengan melakukan update pada driver perangkat USB Anda. Caranya, buka jendela Device Manager dengan cara Klik Start > Control Panel > System > Device Manager. Cara lain untuk mengakses Device Manger adalah dengan klik kanan pada My Computer > Properties > lalu Device Manager atau tekan logo Windows+R untuk membuka kotak Run, kemudian ketikkan "devmgmt.msc" (tanpa tanda petik) pada kotak yang tersedia lalu tekan Enter pada keyboard.

Pada jendela Device Manager, pilih “Unknown Device”. Klik kanan pada Unknown Device, lalu klik Properties. Selanjutnya, Anda akan melihat jendela Properties dari Unknown Device. Pada jendela tersebut, pilih tab Driver, kemudian klik "Update Driver". Selanjutnya pilih "Browse My Computer for Driver Software" > Next.

Selanjutnya, anda akan dihadapkan pada dua pilihan. Jika anda yakin driver USB Anda sebelumnya sudah sesuai dengan spesifikasi perangkat USB Anda, klik "Let me pick from a list of driver software on my computer" > Next. Lalu, pilih "Show All Drivers" > Next. Nantinya, anda akan melihat daftar dari beberapa driver yang tersedia oleh Windows beserta perusahaan yang merilis driver tersebut. Nah, pilihlah salah satu driver alternatif yang bisa menggantikan driver USB yang bermasalah.

Setelah anda memilih driver, klik Next dan tunggu proses instalasi driver USB hingga selesai. Jika instalasi driver tidak berhasil, coba anda pilih driver lain yang tersedia.

Jika ternyata USB anda masih belum terdeteksi, anda bisa mengunduh driver USB yang sesuai dengan spesifikasi perangkat anda melalui internet. Meskipun peluang untuk mendapatkannya cukup sulit, namun tidak ada salahnya untuk mencoba.

3. Uninstall Driver Perangkat USB
Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan installan driver device driver yang mengalami coruupt pada sistem operasi komputer PC atau laptop. Pada jendela Device Manager, klik kanan pada " Universal Serial Bus Controllers " > lalu pilih Uninstall. Kemudian cabut perangkat USB anda dan colokkan kembali. Akan tampil sebuah notifikasi pemberitahuan sebuah perangkat baru akan terinstall atau anda bisa menginstall driver USB tersebut menggunakan driver bawaan komputer.

Jika cara-cara di atas masih tidak juga mengatasi masalah Flashdisk tidak terbaca atau terdeteksi di komputer, maka bisa dipastikan Flashdisk anda lah yang mengalami masalah atau rusak.

Baca juga :

Demikian artikel tutorial sederhana mengenai cara mengatasi Flashdisk tidak terbaca di komputer. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

15 komentar:

Himawan Sant said...

Naaaaah ...
Kalau ini pernah kupraktekkan, mas.

Ceritanya aku lagi di warnet,mau ngebuka file flash disk.
Tapi kok .. datanya ngga kebaca.
Kirain flash discku rusak, sampai kucabut beberapakali dari kabel usb.

Ngga taunyaaa .. , port kabel usb warnetnyalah yang rusaaak ..
Lega dong akunya :)

Bang Day said...

FD saya bisa kebaca tapi datanya gak bisa dihapus. Bahkan diformat aja gak bisa. Itu kenapa yah

Harmansyah said...

@Himawan Sant, Untung bukan flashdisk mas hima yang rusak, ya lega dong :D
@Bang Day, ada kemungkinan flashdisk bang daya mengalami write protected atau bisa juga flashdisknya yg rusak

Aris Armunanto said...

Repot juga kalau flashdish nggak bisa kebaca jadi file penting nggak bisa kebuka untung ada solusinya

Bang Day said...

Sepertinya emg udah rusak mas

Harmansyah said...

@Aris Armunanto, Iya mas Aris
@Bang Day, Beli yang baru dan asli bang

Aris Armunanto said...

Kalau saya selama ini untung belum pernah mengalami masalah dgn flashdisk

Harmansyah said...

@Aris Armunanto, tergantung pemakaian juga mas

Monita Saki said...

mantap nih artikelnya kak sangat membantu dan bermanfaat sekali hehehe.
btw, jangan lupa kunjungi balik blog aku yah.

di : www.monitasaki.com

belajar ngeblog dari gak bisa sampai bisa :)

Himawan Sant said...

Iya, mas.
Legaaa ..

Ngga jadi ngambek dong sayanya 😁

Harmansyah said...

@Monita Saki, Alhamdulillah, ditunggu sob
@Himawan Sant, Iya ketek uda ubanan gitu masa mas hima ngambek :D

BlogSabda.com said...

cuma mau nambahin aja mas, kadang ga terbaca karena virus, dihidden file2 oleh virus, caranya di scan dulu pakai antivirus

Harmansyah said...

@BlogSabda, Terima kasih tambahannya sob, sebagian besar penyebab masalahnya memang virus

Michael "Dije" David said...

Udah, pokoknya kalo tetep ga kebaca, berarti minta lembiru.. entah laptopnya atau fd-nya..

Tau lembiru kan..? lempar beli baru wokwowkowokwkow

Harmansyah said...

@Michael "Dije" David, wkwkwkwk cara terakhir itu sob :D

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......