Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

|
Kelebihan dan Kekurangan Windows 7 - Sebuah komputer, agar bisa berjalan memerlukan sistem operasi yang harus terinstall didalamnya. Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem operasi menjalankan operasi dasar pada komputer, menyajikan tampilan, dan mengkoordinasikan kerja perangkat komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak akan dapat menjalankan berbagai aplikasi pada komputer.

HARMANSYAH BLOG


Windows merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan di seluruh dunia dan versi terbaru dari sistem operasi buatan Microsoft hingga saat ini adalah Windows 10. Sebelum Windows 8 dan 10 keluar, ada salah satu versi Windows yang dahulu pernah populer karena dilihat dari segi kestabilan dan kesederhanaan UI yang memudahkannya untuk dipelajari, yakni Windows 7. Selain sederhana dan stabil, banyak software yang dapat berjalan lebih baik pada versi Windows ini.

Windows 7 yang dirilis untuk publik pada tanggal 22 Oktober 2009, merupakan versi windows terakhir yang menpgunakan menu start untuk menampilkan program-program aplikasi yang terinstall di dalam komputer.  Windows 7 disebut sebagai windows yang memiliki kompromi terbaik dalam segi kestabilan dan kesederhanaan User Interfacenya.

Spesifikasi perangkat keras minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan  Windows 7 sebagai berikut :

Kecepatan processor : 1 GHz 32-bit (x86) atau 1 GHz 64-bit (x64)
Kapasitas RAM : 1 GB (32-bit) atau 2 GB (64-bit)
Kapasitas Harddisk : minimal 16 GB (32-bit) atau 20 GB (64-bit)
Unit Pengolah Grafis : DirectX 9 graphics device with WDDM 1.0

Windows 7 juga membatasi penggunaan memori (RAM) pada komputer, berdasarkan arsitektur yang digunakan serta versi windows yang dipakai. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

Windows 7 ultimate : 4GB (32-bit) atau 192 GB (64-bit)
Windows 7 Enterprise : 4GB (32-bit) atau 192 GB (64-bit)
Windows 7 Professional : 4GB (32-bit) atau 192 GB (64-bit)
Windows 7 Home Premium : 4 GB (32-bit) atau 16 GB (64-bit)
Windows 7 Basic : 4GB (32-bit) atau 8 GB (64-bit)
Windows 7 Starter : 2 GB (32-bit) dan tidak ada 64-bit

Untuk jumlah inti prosessor, windows 7 membatasi penggunaan hingga 32 inti prosessor untuk 332-bit, dan 256 inti prosessor untuk 64-bit.  Sedangkan untuk jumlah maksimal penggunaan prosessor (fisik) yang didukung pada windows 7 Proffesional, Enterprise, dan Ultimate adalah sebanyak 2 buah prosessor. Untuk Windows 7 Stater, Home Basic, dan Home Premuim hanya mendukun penggunaan satu buah processor saja.

Baca juga :



Berikut penjelasan mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan Windows 7.

Kelebihan Windows 7

1. Windows 7 Stabil dan Lengkap
Beberapa keluhan tentang kurang stabilnya sistem operasi versi Windows 10. Hal ini jarang ditemui pada versi Windows 7. Sistem operasi ini sangat stabil dan memiliki kompatibilitas dengan software pihak ketiga yang cukup tinggi. Pada versi Windows ini jarang terjadi crash aplikasi yang sampai mengganggu performa Sistem Operasi komputer.

Selain itu driver yang kompatibel dengan Windows 7 sangat lengkap. Apabila anda menggunakan Windows 7, maka anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menyesuaikan hardware dengan Windows 7, terutama jika anda menggunakan hardware 2016 ke bawah, dikarenakan hardware yang dibuat 2016 ke atas itu dikhususkan untuk Windows 10.

2. Pengguna lebih Mudah Menemukan Software yang Kompatibel untuk Bekerja dan Aktivitas Produktif
Apabila anda adalah orang yang hobi bermain komputer atau seorang pekerja yang selalu menggunakan komputer untuk membantu menyelesaikan sebuah pekerjaan dan membutuhkan banyak software atau aplikasi untuk mendukung pekerjaan tersebut, maka sistem operasi Windows 7 adalah solusinya. Para programmer atau pembuat software biasanya tidak terburu-buru dalam meng-upgrade software buatan mereka ke vers yang lebih tinggi. Hal ini karena mereka khawatir bahwa sistem operasi yang baru masih belum stabil. Dan ketika Windows 10 dirilis, pada developer software masih hanya melihat dan menunggu tentang perkembangan versi Windows ini.

3. Multimedia lengkap
Untuk bagian ini bisa dianggap wajar, Mengapa? karena pengembangannya yang sudah cukup lama, maka hampir semua multimedia dapat kompatibel untuk diputar di Windows 7. Saat saya menggunakan pemutar video default Windows 10 (Movies and TV), ada beberapa format yang tidak dapat diputar, dan tidak memungkinkan untuk update codec, sehingga alternatifnya hanyalah saya harus menggunakan pemutar multimedia pihak ketiga. Ini berbeda dengan Windows 7 yang memiliki codec lengkap, sehingga jika kamu berkecimpung di bidang multimedia, maka Windows 7 akan lebih mudah membantu anda untuk menyelesikan pekerjaan anda dalam bidang ini.

4. Mudah dipelajari Bagi Pemula
Karena Windows 7 memiliki bentuk dan tampilan yang sederhana, maka Windows 7 lebih mudah digunakan dan dipelajari oleh orang awam. Apabila dibandingkan dengan Windows 10 yang terkadang masih terlihat dualisme dalam UX nya.

Kekurangan Windows 7

Selain memiliki bebeapa kelebihan, Windows 7 juga memiliki beberapa kekurangan tentunya. Berikut beberapa kekurangan atau kelemahan Windows 7.

1. Rentan terhadap serangan Virus
Pihak Microsoft tanpa henti meminta para pengguna untuk segera beralih ke Sistem Operasi terbaru karena versi lama lebih beresiko terkena virus dan juga program jahat atau Malware. Seperti ingin lebih meyakinkan para pengguna, Microsoft pun melakukan sebuah riset mengenai Sistem Operasi mana yang sangat rawan diserang oleh Virus dan Malware.

Pada laporan Security Intelligence Report terbaru yang dikeluarkannya. Microsoft menemukan bahwa Sistem Operasi yang dirilis pada tahun 2007 yaitu Windows Vista masih menjadi Sistem Operasi paling rawan dengan perolehan persentase mencapai 3.24 persen. Disusul oleh Windows 7 diposisi kedua serta Windows XP diposisi ketiga masing- masing mendapatkan  persentase sekitar 2.59 persen dan 2.42 persen.
Secara logika para pengembang program jahat dan juga virus selalu mengincar Sistem Operasi dengan tingkat kepopuleran tinggi, maka itulah alasannya mengapa Windows 7 dan Windows XP mendapatkan perolehan lebih tinggi karena kini lebih banyak digunakan oleh para pengguna dibandingkan dengan Window 8 dan Windows 8.1.

2. Support akan berakhir dalam waktu dekat
Meskipun dikatakan support untuk Windows 7 sudah berakhir pada tanggal 13 Januari 2015 yang lalu, sebenarnya yang berakhir adalah mainstream support, yang artinya Microsoft berhenti merilis perubahan desain, fitur, dan fungsi baru serta tidak lagi menanggapi klaim jaminan terkait Sistem Operasi tersebut. Namun sebenarnya, Windows 7 masih memiliki support keamanan yang berlaku hingga 14 Januari 2020 mendatang. Update keamanan memastikan Sistem Operasi terlindung dari ancaman digital terbaru.

Jika support keamanan ini berakhir, maka pilihannya hanya tinggal upgrade atau membeli perangkat yang lebih baru. Anda masih punya sekitar satu tahun tujuh bulan untuk menikmati Windows 7 dengan aman. Namun setelahnya, Microsoft tidak lagi menjamin keamanan perangkat anda.

3. Update yang Mengganggu
Yang sangat menyebalkan dari Windows 7 adalah update yang besar dan mengganggu. Microsoft rajin merilis update dan volumenya cukup besar sehingga kemungkinan memboroskan kuota internet anda.

Pada Windows 10 Creators Update, ini sudah diatasi dengan cara hanya mengirimkan file yang dibutuhkan untuk update, sehingga nantinya diperlukan lebih sedikit data untuk kepentingan update.

4. Mudah menginstall Software namun membuatnya menjadi lemot
Banyaknya software dari pihak ketiga yang kompatibel dengan Windows 7 itu ibarat pisau bermata dua. Sistem registry yang digunakan dalam Windows menjadikan sampah registri jadi menumpuk secara cepat sehingga lama-kelamaan akan membuat windows 7 menjadi lebih lambat. Walaupun Windows 10 mempunyai kecenderungan yang serupa, tetapi apabila anda memanfaatkan UWP serta pihak ketiga resmi (seperti Adobe dan lain-lain), maka anda tinggal mencegah Windows 10 tertumpuk oleh sampah registry.

Windows 10 diciptakan berdasarkan pemikiran seperti itu. Karena itulah Microsoft di masa mendatang kemungkinan mengarahkan developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis UWP sehingga bisa menjamin dari segi kualitas pengalaman penggunanya.

5. Kompatibilitas dengan Hardware terbaru terbatas
Banyak hardware rilisan baru yang tidak lagi kompatibel dengan Windows 7, seperti misalnya AMD Ryzen serta processor intel core i7 terbaru. Tindakan ini kemungkinan dilakukan Microsoft untuk mendorong pengguna lebih memanfaatkan Windows 10 yang merupakan edisi terbaru Sistem Operasi Microsoft yang mendapatkan dukungan penuh dari raksasa software ini. Jadi apabila anda berharap untuk membangun sebuah PC dengan hardware terbaru, maka bukan tidak mungkin anda tidak akan dapat memanfaatkan Windows 7 lagi.

Source : https://winpoin.com/

Demikian penjabaran sederhana mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan Windows 7. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

5 komentar:

Michael "Dije" David said...

Saya setia dengan Windows 10. Bahkan udah update ke versi yang May 2019 Update wokwokwowowkwok

Harmansyah said...

@Michael "Dije" David, Saya enggak tau kenapa masih setia dengan Windows 7, mungkin karena belum punya master Windows 10 nya hihihi

Bang Day said...

Bang, emang masih ada yang pake win 7 sekarang ? kayaknya udah langka banget yah

Himawan Sant said...

Ibarat pepatah 'Tak ada gading yang tak retak' ternyata juga dialami Window pitu, eh# Window Seven ...

Bisa jadi, Window Ten juga ad kekurangannya ..

Harmansyah said...

@Bang Day, saya bang day yang masih pake hihihi :P,
@Himawan Sant, yang saya baca tentu masing2 ada kekurangannya mas hima.

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......