Software yang Harus di Install Setelah Install Ulang Windows

|
Software yang Harus di Install Setelah Install Ulang Windows


Software yang Harus diInstall Setelah Install Ulang Windows - Para pengguna perangkat elektronik canggih seperti komputer atau laptop memiliki beberapa alasan mengapa mereka melakukan install ulang pada PC atau laptop mereka.
Ada yang beralasan sistem komputer atau Local Disk (C:) terkena virus, performa windows pada komputer lambat, ada data yang korup, terlalu banyak menginstall software dan masih banyak lagi. Sebelum melakukan install ulang, hal pertama yang orang lakukan adalah mencari dan mengumpulkan software-software yang dia dibutuhkan seperti software yang biasa atau sering dia gunakan saat sebelum melakukan install ulang. Berikut adalah daftar software atau aplikasi yang harus anda install setelah melakukan Install Ulang Windows.

Software yang Harus atau Wajib diInstall Setelah Install Ulang Windows

1. Driver
Pengertian driver atau device driver dalam bahasa Indonesia adalah pengendali perangkat keras, driver merupakan istilah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak (software) yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras (hardware).
Perlu diketahui hardware yang terhubung atau terpasang pada komputer seringkali dikatakan khusus karena itu Windows tidak dapat terhubung secara langsung tanpa adanya driver, misalkan saja VGA Card, Audio dan lain-lain. Driver bertindak sebagai penerjemah antara sistem operasi dengan hardware yang digunakan di komputer tersebut.
Jadi sebaiknya dahulukan install driver dari setiap hardware yang kamu gunakan di PC atau laptop anda seperti misalnya VGA Card, Motherboard, Monitor, bahkan keyboard dan mouse jika memang memiliki driver sendiri untuk pengaturannya. Anda bisa menggunakan DriverPack yang menyediakan kumpulan driver lengkap dari berbagai macam hardware, sekali instal langsung terinstall semua.

2. Browser
Browser adalah suatu aplikasi atau program yang dijalankan pada perangkat komputer untuk melihat konten yang ada pada media World Wide Web (WWW) dengan memanfaatkan jaringan internet. Teknologi browser yang berkembang saat ini tidak hanya dapat menampilkan halaman yang berisi text atau tulisan saja, browser-browser populer sekarang dapat menampilkan gambar, musik, suara, video, file pdf dan data lainnya.
Windows sendiri sudah memiliki browser bawaan yaitu Internet Explorer atau biasa disebut IE. Namun jika anda tidak menyukai browser bawaan windows ini, anda bisa menggunakan browser lain seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Opera UCBrowser dan lainnya yang banyak bertebaran di internet.

3. Downloader
Downloader adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk pengambilan file yang terdapat di jaringan internet dengan menggunakan beberapa macam cara seperti melalui web server, mail server, FTV server, atau pun sistem lain yang sejenis. Sebenarnya browser seperti mozilla sudah memiliki downloader sendiri pada menu, namun downloader bawaan browser bisa dikatakan masih kurang jos dan termanage dengan baik jika dibandingkan dengan downloader terpisah seperti Internet Download Manager (IDM). Jadi saya sarankan untuk menggunakan IDM ini sebagai downloader di komputer anda. Anda bisa mencarinya di mesin pencari google.

4. Winrar
Winrar merupakan sebuah program yang cukup populer dikalangan pengguna komputer, yang digunakan untuk mengkompres atau memperkecil ukuran file data. Winrar mendukung semua format kompresi populer seperti RAR, ZIP, CAB, ARJ, LZH, ACE, TAR, GZip, UUE, ISO, BZIP2, Z and 7-Zip.
Beberapa file hasil download atau file kiriman melalui email biasanya digabungkan dalam sebuah arsip agar ukuran filenya lebih kecil dan lebih ringkas karena tergabung dalam satu file. Anda bisa menggunakan WinRAR untuk mengekstraksi isi dari file arsip tersebut.

5. Office
Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi yang ada di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint. Versi terbaru dari Aplikasi Microsoft Office adalah Office 15 (Office 2013) yang diluncurkan 29 Januari 2013.
Bagi anda yang masih sekolah, kuliah atau bekerja dibidang perkantoran, spftware ini pasti akan sangat anda butuhkan.

6. Multimedia Player
Multimedia player merupakan program aplikasi yang digunakan sebagai pemutar file  multimedia seperti video dan musik. Sebenarnya windows sudah memiliki multimedia player bawaan bernama Windows Media Player, akan tetapi ada banyak type file video dan musik yang tidak bisa diputar dengan media player bawaan tersebut. Jadi saya merekomendasikan multimedia player lain sebagai berikut :

  • VLC, Merupakan salah satu media player yang terpopuler saat ini. Software ini memiliki banyak fitur yang bisa anda gunakan. Selain itu VLC sendiri sudah memiliki codec yang lengkap di dalamnya sehingga tidak lagi perlu install codec dari luar.
  • GOM Player, Dengan menggunakan GOM Player bahkan kamu bisa menonton video yang masih dalam proses download. GOM Player juga memiliki fitur pendukung untuk subtitle seperti SRT, SMI, ST, dan lainnya.
  • iTunes, iTunes merupakan multimedia player milik Apple. Bagi pengguna apple seperti iPod atau lainnya, software ini biasanya digunakan untuk proses pemindahan data karena tanpa software ini pemidahan data tidak bisa dilakukan.
7. Antivirus
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga perangkat lunak perlindungan virus. Program ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak.
Sering mendownload file dari internet, mencolok flashdisk atau hardisk eksternal merupakan jalan masuk sebuah virus sehingga dapat mengancam keamanan sistem komputer dan data-data penting yang ada pada komputer. Saya merekomendasikan anda menggunakan anti virus SMADAV.

8. Software Maintenance
Sudah kita ketahui install ulang windows bertujuan untuk mengembalikan performa dari PC agar menjadi maksimal dan tidak lambat. Untuk menjaga performanya, tentunya anda memerlukan beberapa software maintenance untuk memastikan performanya tetap optimal dengan beberapa software rekomendasi dari saya sebagai berikut :
  • CCleaner, Aplikasi ini berfungsi untuk menghapus cookies, history, serta junk file setelah kamu menggunakan browser. Selain itu anda juga bisa mempercepat startup booting dari PC atau laptop anda dengan mengatur software apa saja yang dijalankan pertama kali setelah anda menyalakan PC atau laptop.
  • Auslogics Duplicate File Finder, berfungsi untuk menemukan serta menghapus file-file yang dianggap duplikasi dengan melihat kesamaan dari beberapa faktor seperti tipe file, ukuran file, dan lainnya.
9. VPN
Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan public dan menggunakannya untuk dapat bergabung dengan jaringan local. Buat anda yang suka menonton anime, batman forever atau browsing website yang diblokir oleh internet positif, tentunya anda harus menginstall software yang berfungsi sebagai VPN agar IP kamu disamarkan dan dianggap dari luar negeri sehingga dapat mengakses website-website yang diblokir oleh Internet Positif. Sekarang ini yang paling banyak digunakan adalah Hotspot Shield.

Sebaiknya anda mencari dan mendownload software-software diatas terlebih dahulu, sebelum melakukan install ulang. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......