Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger atau Blogspot

|
Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger atau Blogspot - Ads.txt atau Authorized Digital Sellers adalah konsep inisiatif dari Interactive Advertising Bureau (IAB) untuk membantu memastikan inventaris iklan digital anda hanya dijual melalui mitra resmi (seperti AdSense) yang telah anda identifikasi. Artinya bahwa kita memberikan izin pada pihak tertentu seperti Adsense untuk menjual iklan di situs kita sehingga dapat mencegah invalid activity.

Jika dilihat dari penjelasan di atas, seorang blogger sangat perlu memasang atau mengaktifkan ads.txt ini pada blog, karena dengan memasang atau mengaktifkan ads.txt anda telah memastikan kepada pihak pengiklan bahwa website atau blog anda merupakan mitra resmi. Sehingga mereka tidak perlu khawatir untuk memasang iklannya. Atau dalam Google Adsense, mereka bebas membuka lelang ke website atau blog.

Untuk blogger yang mendaftar Google AdSense melalui dahsboard blogger dengan akun yang sama dengan akun blogger sepertinya tidak perlu lagi memasang atau mengaktifkan ads.txt ini di dashboard blog, karena sudah aktif secara otomatis. Namun untuk blogger yang mendaftar Google AdSense menggunakan akun yang berbeda dengan akun blogger, akan keluar sebuah warning pada beranda akun Google AdSense seperti gambar di bawah ini.

HARMANSYAH BLOG

Oleh karena itu anda wajib untuk memasang atau mengaktikan Ads.txt ini secara manual pada fitur Preferensi penelusuran - Monetasi di dashboard blogger yang mereka miliki, yang telah dirilis pada tanggal 31 Januari 2018 lalu oleh Blogger.

Untuk mengetahui apakah Ads.txt pada blog sudah aktif atau belum, anda bisa cek dengan mengetikkan link berikut pada address browser anda.

https://domainAnda.com/ads.txt
Apabila sudah aktif, akan muncul tulisan yang berisi ID Penayang Google AdSense milik anda seperti berikut, dan apabila belum aktif makan akan muncul tulisan Error 404. Terkadang menurut yang saya baca di Google, muncul tulisan yang dimaksud tapi dengan ID Penayang yang berbeda.

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Bagi anda yang mendapatkan warning pada dashboard akun Google AdSense atau yang belum aktif Ads.txtnya, anda harus segera memasang atau mengaktifkannya. Karena jika tidak, maka iklan di blog atau website anda akan hilang atau blank atau dinonaktifkan sementara oleh pihak GA (Google AdSense). Lalu Bagaimana Langkah-langkah Memasang atau Mengaktifkan Ads.txt di Blogger?

Baca juga :

Cara Memasang atau Mengaktifkan Ads.txt di Blogger atau Blogspot

Jika mendapatkan warning yang berisi himbauan untuk mengaktifkan Ads.txt pada dashboard akun GA anda, maka segeralah untuk mengaktifkannya. Karena dampaknya ada pada pendapatan GA anda. Jika sudah terlambat mengaktifkannya, maka pihak google akan menampilkan iklan yang hilang atau blank setelah 24 jam kemudian.

Bagi pengguna Blogger atau Blogspot caranya sangat mudah. Namun sebelum ke bagian pemasangan, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat file ads.txt dengan format sebagai berikut. Atau anda bisa melihatnya agar lebih terpercaya pada link https://support.google.com/adsense/answer/7532444?hl=id

Kode di atas merupakan informasi 4 data yang penting.
Filed pertama Google.com adalah nama domain dari sistem periklanan (wajib). Nama domain kanonis sistem SSP, bursa, header wrapper, dsb., tempat bidder terhubung. Hal ini mungkin berupa domain operasional sistem, jika berbeda dengan domain perusahaan induk, untuk memfasilitasi pencarian IP balik dan WHOIS guna menetapkan kepemilikan sistem delegasi yang jelas. Idealnya, SSP atau bursa memublikasikan dokumen yang menjelaskan nama domain yang akan digunakan. Untuk akun penjual Google, nama domain akan selalu google.com.

Field kedua ID akun penayang adalah ID yang terkait dengan akun penjual atau reseller dalam sistem periklanan. ID penayangan yang dimasukkan adalah harus sama dengan ID penayang akun Google AdSense milik anda. untuk menemukan ID ini silahkan anda login ke akun GA >> Pilih dan klik Akun >> kemudian Informasi akun. Selain itu anda juga bisa menemukan ID ini pada dashboard blogger, pada menu blogger pilih Penghasilan.

HARMANSYAH BLOG


Field ketiga jenis akun/hubungan atau format kerja sama (wajib). Ada dua jenis yang biasa digunakan yakni DIRECT dan RESELLER. Direct khusus untuk penayang iklan yang bekerjasama dengan sistem periklanan langsung. Seperti Google Adsense. Memasukkan Direct berarti menjalin kerjasama langsung tanpa kontrol penuh untuk iklan yang ditayangkan. Sedangkan memasukkan Reseller sebaliknya. Kita bisa mengontrol iklan dan memberikan akses ke pihak ketiga yang hendak memasang iklan. Layanan DFP dan Ad Exchange lebih tepat untuk ini.

Field keempat ID otoritas sertifikat (opsional). ID yang mengidentifikasi sistem iklan dalam otoritas sertifikat secara unik. Otoritas sertifikat saat ini adalah Trustworthy Accountability Group (TAG), dan ID TAG akan disertakan di sini. Untuk akun penjual Google, ID TAG-nya adalah f08c47fec0942fa0 seperti contoh di atas.

Setelah mengganti ID Penayang pada kode di atas dengan ID penayang milik anda, selanjutnya yang harus anda lakukan adalah meng-copy paste kode yang sudah jadi ke bagian Monetasi pada setelan dashboard blogger anda. Berikut langkah-langkahnya.

Login ke akun Blogger anda, pada Dashboard blogger >> Pilih Setting/Setelan >> Tampil menu dropdown silahkan pilih Preferensi penelusuran/Search Preferences >> alihkan pandangan anda ke bilah sebelah kanan, scroll ke bawah pada bagian Monetasi/Monetization >> ads.txt kustom >> klik Edit dan setelah terbuka copy paste kode ke dalam kotak yang tersedia, kemudia klik Simpan perubahan. Sehingga status yang tadinya Dinonaktifkan menjadi Diaktifkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar berikut.

HARMANSYAH BLOG


Untuk anda yang sudah mendapatkan warning pada dashboard akun GA dan masih merasa ragu untuk mengaktifkan ads.txt ini pada blog, sebaiknya anda segera mengaktifkan ads.txt pada blog untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara memasang dan mengaktifkan Ads.txt di Blogger. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

4 komentar:

Bang Day said...

Saya kemaren dapat surat cinta itu juga. Udah saya aktifkan kok pesannya masih tetap ada yah

BlogSabda.com said...

saya dulu sempet dapat notif ini, cuma di wp settingannya agak beda dan sekarnag udah berhasil

Harmansyah said...

@Bang Day, bang day nunggu 24 jam setelah diaktifkan baru notifnya menghilang
@BlogSabda, bagus dah sob untung sudah bisa, hehe saya belum begitu mendalami wp

Bang Day said...

tok tok.. halo om kmn aja

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......