Cara Membuat dan Mendapatkan Kode Iklan di Google AdSense

|
Cara Membuat dan Mendapatkan Kode Iklan di Google AdSense -  Tanpa anda harus membuat dan mendapatkan kode iklan pada akun Google AdSense serta melakukan copy paste untuk meletakkan kode unit iklan di blog, sebenarnya anda juga bisa langsung memasang unit iklan adsense melalui Tambahkan Gadget pada posisi header, sidebar maupun footer dan memilih widget AdSense yang sudah disediakan pada widget bawaan blogger atau blogspot. Pada widget tersebut anda juga bisa memilih jenis iklan yang akan anda tampilkan serta mengatur tampilan iklan adsense mulai dari warna dan ukuran.

Namun cara pemasangan iklan adsense menggunakan widget hanya terbatas pada header, sidebar, dan footer, itupun jika pada ketiga posisi tersebut terdapat pilihan untuk menambahkan gadget. Seperti halnya di blog minimalis saya ini, tidak terdapat sidebar untuk menempatkan iklan adsense pada sidebar. Karena hal ini, seorang blogger tidak bisa mengkreasikan kreatifitas dan imaji mereka memilih lokasi yang paling strategis untuk meletakkan iklan adsense dengan bebas.

Menurut para master blogger yang ikut berkerja sama dengan team Google AdSense, lokasi yang paling strategis untuk menempatkan iklan adalah pada area postingan. Mengapa demikian? Karena postingan merupakan tujuan atau arah pandangan pertama seorang pembaca ketika mengakses sebuah blog. Sedangkan bagian-bagian lain yang terdapat pada blog adalah arah pandangan pembaca selanjutnya, ketika pembaca ingin menbaca artikel atau postingan yang lain.

Untuk memasang unit iklan pada area postingan tidak bisa dilakukan dengan menambahkan gadget atau widget, karena area Blog Posts dan Tambahkan gadget ini terpisah dan berdiri sendiri. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, gadget atau widget hanya terbatas pada header, sidebar, dan footer. Maka oleh karena itu, untuk memasang unit iklan adsense pada area postingan atau artikel, anda harus memiliki kode unit iklan adsense untuk ditempatkan pada area postingan tersebut, baik itu meletakkan kode unit iklan pada artikel saat membuat sebuah artikel atau meletakkannya ke dalam kode template agar unit iklan muncul di setiap postingan blog secara otomatis.

Nah untuk memiliki kode unit iklan adsense, sebelumnya anda harus membuatnya terlebih dahulu untuk mendapatkan kodenya dan dipasang pada area sesuai dengan strategi jitu anda.

Bagaimana cara membuat dan mendapatkan kode iklan adsense?
Untuk membuat dan mendapatkan kode iklan adsense pada akun Google AdSense ini caranya sangat mudah sekali. Disini anda hanya harus login ke akun google adsense yang anda miliki, memilih, memberi, mengatur tampilan, dan copy paste kode. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikut langkah-langkah berikut ini.

Cara Membuat Unit Iklan Google AdSense dan Mendapatkan Kode Iklan

1. Pertama yang harus dilakukan adalah login ke akun Google AdSense milik anda
2. Setelah beranda Google AdSense terbuka, silahkan pilih dan klik My Ads atau Iklan Saya pada menu atau panel navigasi sebelah kiri

Cara Membuat dan Mendapatkan Kode Iklan di Google AdSense

3. Klik Unit Iklan atau Ad Units dan tunggu proses loading halaman unit iklan hingga selesai.

Cara Membuat dan Mendapatkan Kode Iklan di Google AdSense

4. Setelah terbuka, silahkan klik tombol Unit iklan baru yang letaknya pada bilah halaman sebelah kanan

Cara Membuat dan Mendapatkan Kode Iklan di Google AdSense

5. Akan tampil sebuah halaman yang berisi pilihan jenis iklan, seperti gambar berikut. Inilah jenis iklan dasar yang tersedia, apabila anda baru diterima sebagai publisher oleh google adsense, yakni antara lain : Text and display ads, In-feed ads, dan In-article ads.

Cara Membuat dan Mendapatkan Kode Iklan di Google AdSense

Penjelasan :
Text & display ads adalah unit iklan untuk menampilkan iklan gambar dan/atau iklan teks, ini adalah iklan bawaan AdSense dan dapat diterapkan dimana saja dengan banyak pilihan ukuran termasuk responsif
In-feed ads adalah unit iklan yang dapat ditampilkan sebagai feed di halaman feed situs web
In-article ads adalah unit iklan native baru yang disediakan Google untuk menampilkan iklan yang lebih menarik didalam konten / artikel

6. Pada contoh ini, saya akan memilih jenis iklan yang pertama yang lebih umum digunakan yakni Text and display ads atau Iklan teks & bergambar. Untuk membuat iklannya, silahkan klik SELECT atau PILIH sehingga terbuka form pengaturan iklan, seperti gambar berikut

Cara Membuat dan Mendapatkan Kode Iklan di Google AdSense

Penjelasan :
Nama : Masukkan nama iklan sesuai dengan keinginan anda. Tapi yang perlu diperhatikan ialah pastikan nama yang anda masukkan adalah nama yang unik, artinya tidak boleh sama dengan nama iklan Adsense yang pernah anda buat sebelumnya.
Ukuran iklan : Tentukan ukuran iklan yang anda inginkan. Saya sarankan menggunakan Responsif, karena akan menyesuaikan lokasi penempatan iklan secara otomatis.
Jenis iklan : Pilihlah jenis iklan yang diinginkan. Saya sarankan untuk memilih Iklan teks & bergambar, artinya iklan yang ditampilkan bisa iklan berupa baris teks dan bisa juga iklan berupa gambar. Ini akan meningkatkan pendapatan anda.
Gaya iklan teks : ini adalah kustomisasi gaya untuk iklan berupa teks (jika jenis iklan yang dipilih hanya berupa gambar maka settingan ini tidak akan muncul). Anda bisa mengatur warna link pada iklan, warna teks, latar, jenis font dan lainnya.
Saluran khusus : Pilih sauran khusus atau buat baru untuk memasukkan unit iklan yang dibuat ini ke dalam saluran khusus. Saluran khusus ini semacam pengkategorian atau pengelompokkan dari iklan Adsense yang anda buat. Jadi, anda dapat dengan mudah melihat penghasilan yang mana yang paling tinggi berdasarkan kategori yang anda buat.
Jika tidak ada iklan : Pilih apa yang ingin kamu tampilkan jika iklan tidak dapat ditampilkan pada penempatan unit iklan ini.

7. Jika semuanya sudah sesuai, silahkan klik tombol Simpan dan dapatkan kode berwarna biru
8. Akan tampil sebuah jendela kecil yang isinya berupa kode-kode dari unit iklan yang anda buat tadi, seperti gambar berikut.

Cara Membuat dan Mendapatkan Kode Iklan di Google AdSense

9. Simpan kode tersebut ke dalam notpad, untuk digunakan nanti di blog anda. Kemudian klik Tutup untuk menutup jendela tersebut.
10. Setelahnya akan tampil iklan yang berhasil anda buat tadi pada list unit iklan lengkap dengan keterangan dan link yang memiliki fungsi masing-masing.

Cara Membuat dan Mendapatkan Kode Iklan di Google AdSense

11. Karena iklannya masih baru, maka iklan yang dipasang pada blog tidak akan langsung tayang, kira-kira 24 jam setelah memasang iklan di blog (sesuai pengalaman yang pernah saya lakukan).

Untuk memasang unit iklan adsense pada area postingan, anda bisa membaca beberapa judul artikel di bawah ini sebagai panduan.


Dengan membuat iklan dan mendapatkan kode iklan pada akun Google AdSense, maka anda bisa menempatkan iklan tersebut pada posisi yang anda anggap paling strategis di halaman blog anda, dalam hal ini area paling strategis ialah area postingan atau artikel. Sehingga iklan adsense akan memiliki peluang yang banyak untuk mendapatkan klik dari pembaca atau pengunjung.

Demikian artikel sederhana mengenai bagaimana membuat dan mendapatkan kode iklan adsense. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

2 komentar:

Aris Armunanto said...

Setelah selesai mengedit artikel saya biasa memakai metode ini utk memasang iklan.

Harmansyah said...

@Aris Armunanto, iya sob dengan metode ini kita jadi lebih mudah mengkreasikan unit iklan untuk dipasang dimana saja, termasuk di dalam artikel

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......