Cara Memasang Iklan AdSense di Tengah Artikel Postingan

|
Cara Memasang Iklan AdSense di Tengah Artikel Postingan - Salah satu kunci untuk mengoptimalkan atau meningkatkan earning adsense atau pendapatan Google AdSense adalah dengan menempatkan slot iklan pada posisi yang tepat. Mengapa demikian? Karena tinggi rendahnya penghasilan yang diperoleh oleh seorang publisher tergantung dari jumlah klik terhadap iklan tersebut, sedangkan tinggi rendahnya jumlah klik yang didapat tergantung pada posisi dimana iklan diletakkan pada halaman blog, apakah area tersebut dapat menarik minat pengunjung atau pembaca untuk melakukan klik.

Salah satu penempatan slot iklan yang tepat adalah meletakkan iklan adsense yang paling dekat dengan perhatian para pengunjung atau pembaca blog. Lokasi yang paling dekat dengan perhatian para pengunjung adalah area postingan atau artikel. Berikut beberapa posisi strategis yang bisa diterapkan pada halaman postingan, untuk meletakkan iklan google adsense.

Posisi tersebut merupakan area yang cukup strategis dan dianggap mempunyai kapasitas yang tinggi untuk meraih jumlah klik terhadap iklan adsense. Selain posisi tersebut ada satu posisi lagi yang juga dianggap paling strategis oleh para publisher, yakni menempatkan iklan adsense di tengah artikel atau postingan. Dengan menempatkan iklan di tengah postingan, maka iklan tersebut akan mudah terlihat oleh pengunjung ketika mereka membaca artikel di blog.

Seperti yang kita ketahui memasang unit iklan adsense pada halaman postingan khususnya di tengah postingan bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama meletakkan kode unit iklan di tengah postingan ketika membuat artikel dengan mode HTML dan yang kedua meletakkan kode unit iklan ke dalam kode template blog.
Untuk cara yang pertama sepertinya akan sangat merepotkan penulis artikel di blog tersebut dan dianggap kurang efektif, karena mereka harus memasukkan kode unit iklan satu persatu ke dalam postingan yang sedang dibuat atau sudah dibuat sebelumnya. Sedangkan cara yang kedua dianggap lebih efektif, karena hanya satu kali memasukkan kode unit iklan ke dalam kode template dan iklan tersebut akan tayang di seluruh postingan yang dimiliki blog.

Namun teknik ini hanya cocok untuk konten atau artikel dengan sedikit gambar bahkan tanpa gambar. Apabila ada artikel yang memiliki gambar dan letaknya persisi di tengah postingan, kemungkinan gambar tersebut tidak akan tampil karena bertabrakan dengan iklan adsense. Mengenai hal ini, saya sudah jelaskan pada artikel berjudul Cara Daftar Google AdSense melalui Blog Blogspot di bagian penolakan yang pernah saya alami ketika mendaftar. Google adsense tidak terlalu menyukai konten dengan gambar. Mungkin ini yang dimaksudkan oleh pihak GA, agar publisher bisa meletakkan unit iklan di tengah postingan. Tetapi jangan khawatir, anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengatur nilai yang terdapat pada kode yang akan digunakan untuk menempatkan iklan adsense. Nilai tersebut berguna untuk mengatur pada akhir paragraf keberapa iklan tersebut akan ditampilkan.

Sebenarnya sudah banyak blog atau website yang membahas mengenai cara memasang iklan adsense di tengah postingan atau artikel blog. Tapi sebagai catatan untuk menolak lupa dan pelengkap artikel pada label AdSense, saya pun ikut membahas mengenai hal ini. Sebelum ke langkah-langkah cara pemasangan kode unit iklan ke dalam template. Anda harus mem-parse terlebih dahulu kode unit iklan adsense yang anda miliki, agar kode unit iklan tersebut bisa diterima oleh kode template dan tidak mengalami error ketika template blog yang sudah rampung disimpan.
Silahkan pilih dua situs penyedia layanan parse di bawah ini.

http://www.freeformatter.com/html-escape.html
http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php

Simpan kode unit iklan adsense yang sudah diparse tersebut ke notepad untuk gunakan nanti.

Cara Memasang Iklan AdSense di Tengah Artikel Postingan


Langkah Memasang Kode Unit Iklan AdSense di Tengah Postingan
1. Login ke akun blogger anda
2. Pada menu blogger atau dashboard, silahkan pilih menu Template atau Tema
3. Bila perlu lakukan backup terlebih dahulu dengan menekan tombol Backup / Pulihkan yang terletak pada pojok kanan atas untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan saat melakukan edit html
4. Jika sudah, silahkan klik tombol Edit HTML
5. Klik pada kode template lalu tekan Ctrl+F pada keyboard untuk mengaktifkan form kotak pencarian
6. Ketikkan kode di bawah ini untuk mencari kode tersebut. Setiap template biasanya memiliki dua sampai empat buah kode <data:post.body/>, silahkan anda coba satu persatu dari kode <data:post.body/> pertama sampai kode <data:post.body/> ke empat, jika unit iklan belum muncul atau tampil. Di template blog saya terletak pada kode <data:post.body/> kedua. Jika dahulu anda pernah memasang unit iklan baik di atas atau di bawah postingan, akan lebih memudahkan anda untuk menemukan kode ini.
7. Setelah ketemu, ganti kode tersebut dengan kode di bawah ini

<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
<center>
Kode Unit Iklan Adsense Hasil Parse Disini</center>
</div>
<div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>

Catatan :
- Ganti tulisan Kode Unit Iklan Adsense Hasil Parse Disini berwarna merah dengan kode unit iklan adsense hasil parse miliki anda.
- Ganti tulisan nilai 2 berwarna oranye pada kode tersebut dengan nilai 3 atau 4. Semakin besar nilainya maka tamilan unit iklan akan semakin ke atas.

8. Jika semuanya sudah sesuai, silahkan klik Simpan Tema atau Save Template

Dengan meletakkan unit iklan adsense di tengah postingan, maka iklan tersebut akan memiliki lebih banyak peluang untuk mendapatkan klik dari para pengunjung atau pembaca postingan di blog. Iklan di tengah postingan merupakan posisi yang dianggap paling strategis oleh banyak publisher.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana meletakkan atau memasang iklan adsense di tengah postingan atau artikel blog. Semga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

4 komentar:

Putu Eka Jalan Jalan said...

Wahhhhh....langkah langkahnya simple, coba saya terapkan nanti

Harmansyah said...

@putueka jalanjalan, silahkan bli putu semoga bermanfaat

Bang Day said...

pada blog saya yang lain jadi masalah pasang iklan di tengah :(

Harmansyah said...

@Bang Day, kalau itu menjadi masalah mending ga usah dipasang ditengah bang, rejeki uda ada yang atur bang yang penting uda berusaha maksimal

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......