Cara Memasang Iklan AdSense di Bawah Postingan Blog

|
Cara Memasang Iklan AdSense di Bawah Postingan Blog - Iklan Adsense memang banyak menjadi pilihan sebagai monetise blog untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Dalam rangka untuk meningkatkan penghasilan/earning sebuah blog, seorang blogger melakukan berbagai macam usaha optimasi, dan salah satu cara yang paling banyak diterapkan adalah dengan menempatkan iklan ditempat yang cukup strategis dan memancing pengunjung untuk mengklik iklan yang terpasang di blog, yang pada akhirnya akan meningkatkan income blog anda.

Saat ini, cara paling sederhana dalam pemasangan iklan adalah dengan menempatkannya di header dan sidebar, namun karena pengunjung atau pembaca di blog cenderung tidak terlalu memperhatikan atau mengarahkan pandangan pada bagian sidebar ataupun header blog dan lebih fokus kepada artikel yang anda sajikan, oleh karena itu jika anda meletakkan seluruh iklan yang anda miliki di sidebar, ini tidak akan terlalu efektif dan membuat anda tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Selain menempatkan iklan di sidebar, header, maupun footer,  anda juga dapat menempatkan iklan anda di bawah postingan atau artikel blog. Lokasi ini dianggap sebagai lokasi yang strategis karena lokasi ini banyak mendapatkan perhatian pengunjung ketika pengunjung selesai membaca artikel yang diterbitkan. Peluang klik iklan adsense pada area ini diduga cukup baik, sehingga area bawah artikel sering dijadikan sebagai tempat untuk meletakkan iklan adsense oleh para publisher di blog atau website yang dimiliki.

Tutorial kali ini bukan hanya untuk memasang iklan adsense saja, namun bisa juga untuk memasang berbagai iklan dari platform lain.

Baca juga :


Bagaimana cara memasang iklan adsense pada area bawah atau akhir artikel atau postingan blog?
Untuk memasang iklan adsense di halaman postingan tepatnya di bawah postingan ini, langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan memasang iklan adsense di atas postingan seperti yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya, hanya berbeda ketika menempatkan kode iklan di atas atau di bawah kode tertentu dan lebih mirip bahkan tidak ada bedanya dengan memasang tombol like and share media sosial di bawah artikel.

Langkah-langkah Memasang Kode Unit Iklan AdSense di Bawah atau Akhir Postingan
Sebelum ke langkah peletakkan kode unit iklan, silahkan anda parse terlebih dahulu kode unit iklan tersebut. Parse merupakan suatu kegiatan memformat kode iklan menjadi format yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk mencegah bentrok atau terjadinya error antara kode iklan dengan kode template blog. Untuk melakukan parse anda bisa memilih situs media penyedia layanan parse di bawah ini.

http://www.freeformatter.com/html-escape.html
http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php
Simpan hasil parse kode unit iklan tersebut ke notepad, untuk mempermudah kegiatan copy paste kode hasil parse ke dalam kode template.
Sekarang silahkan ikuti langkah selanjutnya dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan saat meletakkan kode unit iklan ke dalam kode template blog.
1. Masuk ke akun blogger anda
2. Pada dashboard atau menu blogger, pilih menu Template atau Tema
3. Klik tombol Edit HTML
4. Jika halaman kode template terbuka, temukan kode berikut (gunakan Ctrl+F pada keyboard untuk mempermudah pencarian)

<data:post.body/>
5. Pilih posisi iklan di bawah ini dan letakkan kode tersebut tepat di bawah kode <data:post.body/>
  • Iklan AdSense di Sisi Kiri Bawah Postingan
Iklan AdSense di Sisi Kiri Bawah Postingan

<div style="float: left;margin-right:15px;margin-top:15px">
Kode Unit Iklan AdSense Hasil Parse
</div>
  • Iklan AdSense di Sisi Kanan Bawah Postingan
Iklan AdSense di Sisi Kanan Bawah Postingan

<div style="float: right;margin-left:15px;margin-top:15px">
Kode Unit Iklan AdSense Hasil Parse
</div>
  • Iklan AdSense di Tengah Bawah Postingan
Iklan AdSense di Tengah Bawah Postingan

<div style="text-align: center;">
Kode Unit Iklan AdSense Hasil Parse
</div>
  • Iklan AdSense Berdampingan di Bawah Postingan (dua unit iklan berdampingan kiri kanan)
Iklan AdSense Berdampingan di Bawah Postingan (dua unit iklan berdampingan kiri kanan)

<table border="0">
<tr>
<td>Kode Unit Iklan AdSense Hasil Parse</td>
<td>Kode Unit Iklan AdSense Hasil Parse</td>
</tr>
</table>

Catatan :
- Ganti tulisan Kode Unit Iklan AdSense Hasil Parse berwarna merah dengan kode unit iklan hasil parse milik anda.
- Setiap template biasanya memiliki dua sampai empat buah kode <data:post.body/>, silahkan anda coba satu persatu dari kode <data:post.body/> pertama sampai kode <data:post.body/> ke empat, jika unit iklan belum muncul atau tampil. Di template blog saya terletak pada kode <data:post.body/> kedua. Jika anda pernah memasang kode tombol like and share yang berada tepat di bawah artikel, silahkan letakkan kode iklan anda tepat di atas kode tersebut.
- Ganti nilai margin sesuai dengan keinginan anda.

Dengan meletakkan unit iklan pada posisi yang cukup strategis untuk dilihat oleh pengunjung blog, maka akan meningkatkan peluang iklan untuk mendapatkan klik, sehingga mendongkrak pendapatan anda sebagai publisher Google Adsense.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana memasang iklan adsense di bawah postingan. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

2 komentar:

Aris Armunanto said...

Perlu dicoba nih mas, biar klik iklannya meningkat. Trimakasih mas udh sharing.

Harmansyah said...

@Aris Armunanto, Silahkan mas semoga bermanfaat, sama-sama mas

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......