Cara Daftar Google AdSense Melalui Blog Blogspot

|
Cara Daftar Google AdSense Melalui Blog Blogspot - Google AdSense merupakan suatu program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik blog atau website yang telah mendaftar dan berhasil disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman blog. Pemilik blog atau website akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Apabila anda seorang blogger yang merasa memiliki blog atau website dengan konten-konten yang berkualitas, maka segera daftarkan blog atau website anda agar bisa ikut dalam program kerjasama periklanan Google AdSense ini sebagai publisher.

Apa itu Publisher?
Publisher atau penayang iklan ( istilah dalam Google AdSense ) adalah orang atau pemilik blog atau website yang sudah terdaftar atau sudah disetujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan AdSense di situs mereka. Publisher yang menayangkan iklan google disebut publisher google adsense. Sebelumnya publisher google adsense harus mendaftar dulu ke Google AdSense dan baru bisa menayangkan iklan google di blog mereka setelah aplikasi disetujui. Setiap publisher google adsense hanya diperbolehkan memiliki satu akun google adsense, namun mereka diperbolehkan memasang iklan google di semua blog atau website yang mereka miliki yang memenuhi persyaratan program google adsense. Seorang blogger yang berhasil disetujui dan memasang unit iklan pada blog atau website, harus menaati peraturan-peraturan kebijakan dari pihak google sebagai penyelenggara.

Kebijakan program AdSense
Meski program AdSense memberikan keuntungan yang besar, Google menetapkan aturan ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang iklan yang sering dirugikan oleh tindakan tidak terpuji pemilik situs anggota program AdSense. Beberapa larangan Google yang harus ditaati pemilik blog atau website peserta program AdSense adalah:

  • Mengklik iklan yang ditampilkan situs milik sendiri, baik dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak khusus
  • Dengan sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, misalnya dengan kata-kata "klik iklan ini" atau "kunjungi halaman ini"
  • Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google
  • Membuat pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian
  • Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan Kata kunci tertentu
  • Memanipulasi target iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME
  • Kode unit iklan AdSense harus ditempatkan langsung pada kode html Situs web tanpa perubahan. Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah kode AdSense dengan alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan target iklan. ( Wikipedia )
Apabila publisher tidak mentaati peraturan-peraturan kebijakan dari pihak google, maka bersiap-siap akun Google Adsense akan disuspend atau dibanned oleh pihak google.

Bagaimana cara daftar Google AdSense ?
Cara daftar google adsense cukup mudah, tetapi diterima atau tidaknya blog atau website yang anda miliki sebagai tempat meletakkan iklan dari google lah yang menjadi kendala. Hal ini dikarenakan blog atau website yang didaftarkan harus memenuhi seluruh kriteria yang diharapkan oleh Google.
Pada tutorial kali ini saya akan share bagaimana cara daftar Google AdSense melalui dashboard blogger atau blogspot, sesuai dengan pengalaman yang pernah saya lakukan sampai saya berhasil diterima sebagai publisher oleh pihak penyelenggara, yakni Google. Perlu diketahui kalau Blogspot dan Google merupakan perusahaan yang sama. Keduanya dibawah naungan Alphabet Inc, induk perusahaan Google. Larry Page sebagai pendiri Google masih jadi CEO-nya.

Untuk mendaftarkan blog yang masih memiliki domain utama blogspot, caranya cukup mudah. Anda tinggal masuk ke menu blogger atau dashoard blogpost dan alihkan pandangan anda di bilah sebelah kiri. Pilih menu yang bertuliskan Penghasilan. Maka tampilannya akan seperti gambar berikut.

Cara Daftar Google Adsense Melalui Blog Blogspot

Apabila didalam menu tidak terdapat pilihan menu Penghasilan, silahkan anda menuju ke menu Setelan atau Setting >> pilih Bahasa dan pemformatan >> Bahasa >> Ubah menjadi Inggris (Amerika serikat) - Inggris (United States). Kemudian Refresh halamn tersebut.
Jika sudah berada pada menu penghasilan dan merasa blog atau website anda sudah layak untuk didaftarkan sebagai publisher GA, maka klik Daftar ke Adsense. Akan muncul halaman Sign Up atau Daftar seperti gambar berikut. Pilih email akun yang akan anda gunakan untuk mendaftar, dalam contoh ini saya akan mendaftar menggunakan akun yang berbeda. jadi silahkan klik GUNAKAN AKUN LAIN, kemudian login menggunakan email lain yang akan digunakan untuk mendaftar. Setelah login anda akan kembali dihadapkan ke halaman Daftar (pada intinya keduanya sama).

Cara Daftar Google Adsense Melalui Blog Blogspot

Pada halaman Daftar akan terlihat data akun dan URL blog atau website yang akan didaftarkan. Dibawahnya terdapat pilihan, apakah anda mau dapat email tentang informasi performa iklan serta saran bantuan dari adsense. Kalau saya pilih Ya agar dapat mengetahui bagaimana performa iklan di blog.
Selanjutnya, pada pilihan negara atau wilayah anda, silahkan pilih sesuai dengan negara tempat tinggal anda. Ketika memilih Indonesia secara otomatis semua tulisan peraturan kebijakan dari Google AdSense yang ada di bawahnya akan berubah ke bahasa Indonesia. Berikan centang atau checklist pada Ya, saya telah membaca dan menyetujui perjanjian, lalu tekan BUAT AKUN.

Cara Daftar Google Adsense Melalui Blog Blogspot

Anda akan diarahkan ke halaman Google AdSense. Klik Get Started.

Lanjut ketahap berikutnya, yakni mengisi data alamat pembayaran dengan detail. Disini terdapat pilihan Jenis akun yang akan anda buat dan biasanya akan terisi Individual secara otomatis, tapi bisa diubah ke Bisnis jika blog atau website anda untuk perusahaan bisnis.

Cara Daftar Google Adsense Melalui Blog Blogspot

Data detail selanjutnya adalah nama dan alamat. Harus diketahui, untuk nama dan alamat yang akan diisi harus sesuai dengan kartu pengenal yang anda miliki, dalam hal ini Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jika semuanya sudah terisi dengan lengkap dan benar, silahkan klik tombol Kirim atau Submit yang terletak pada bagian bawah.

Tunggu beberapa saat, jika anda berhasil mendaftar, halaman tersebut akan diredirect ke halaman informasi dari blogger atau blogspot bahwa Widget AdSense anda telah ditambahkan ke template blog yang anda daftarkan tadi. Selanjutnya klik tombol Lanjutkan untuk kembali ke dashboard blogger.
Tampilan menu penghasilan akan berubah seperti gambar dibawah ini. Disini terdapat pilihan Setelan tampilan iklan Adsense. Menurut pengalaman yang pernah saya alami, dalam pilihan setelan anda bisa memilih penempatan iklan namun tidak bisa menyimpan setelan saat itu juga karena masih dalam antrian belum masuk ke tahap proses. Anda bisa menyimpan setelan penempatan iklan besok pada jam yang sama saat anda mendaftar. Hal ini juga berlaku untuk penempatan iklan melalui widget pada menu Tata letak.

Cara Daftar Google Adsense Melalui Blog Blogspot


Pada hari ketiga, email yang anda gunakan untuk mendaftar GA, akan mendapat email dari Adsense yang berisi apakah pengajuan anda diterima atau tidak menjadi mitra Google AdSense.

Pengalaman saya pernah mendapatkan penolakan dari Google AdSense dan Cara Mengatasinya.

Pertama awal melakukan pendaftaran, pengajuan saya ditolak karena Halaman Statis di blog saya tidak ditemukan oleh robot google.
Saya bingung padahal halaman statis yang dimaksud sudah terpampang pada menu navigasi template blog, maka saya berinisiatif untuk memindahkan halaman statis yang awalnya berada pada menu navigasi template ke menu navigasi lain yang saya buat dengan Widget dan saya kembali mengirim pengajuan tersebut ke Google Adsense. Dalam hal ini anda tidak perlu lagi mengisi apapun seperti yang anda lakukan diatas, disini hanya mencentang Fix dan menekan tombol Kirim yang terdapat pada beranda akun Google AdSense.

Pada pengajuan kedua, saya mendapatkan penolakan lagi dari Google Adsense yang isinya pengajuan saya ditolak karena terlalu banyak gambar dan terlalu sedikit teks didalam konten atau artikel. Pihak Adsense menginginkan konten yang berupa teks, unik, dan relevan. Saya ingat kata-kata teman blogger idalam artikel mereka yang membahas tentang SEO ketika awal saya membuat sebuah blog, konten yang dibuat teksnya harus minimal 500 kata agar disukai oleh google. Saya pun mengecek seluruh artikel yang saya miliki, jika ada artikel yang teksnya kurang dari 500 kata, saya edit kembali, serta sedikit menghapus gambar-gambar yang tidak berguna untuk artikel. Setelah merasa semuanya sudah fix, pengajuan yang pernah saya buat dahulu saya kirim kembali dan akhirnya diterima.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara daftar Google Adsense melalu dashboard blogger atau blogspot dan sedikit pengalaman penolakan yang pernah saya alami. Semoga paparan pengalaman penolakan diatas bisa dijadikan acuan untuk terus semangat mencoba lagi jika anda mengalami hal yang sama. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

9 komentar:

Bang Day said...

Nice info mas. Trims sharingnya

Harmansyah said...

@Bang Day, sama-sama bang semoga bermanfaat

Penghuni 60 said...

harus sabar kalo mau diapprove :D

Harmansyah said...

@Penghuni Enam Puluh, Iya sob harus sabar dan terus berusaha

Himawan Sant said...

Jadi teringat proses pengajuan ke Google Adsense 🙂
Antara penasaran juga deg-degan waktu itu kira-kira disetujui tidaknya, ternyata ngga ada 1 jam notif email datang full aproved.

Pertanyaanku begini, mas :
Jika sudah terpasang google adsense, bolehkah blog diganti templatenya ?.
Ada keinginan template diganti agar tampilan blog ada pembaruan.

Mohon pencerahannya,mas Harman.
Terimakasih sebelumnya 🙏

Harmansyah said...

@Himawan sant, kebetulan saya orang baru di dunia adsense, boleh atau tidaknya saya kurang tahu pasti. Tapi kalau menurut logika saya kemungkinan sepertinya bisa mas, karena yang ditinjau waktu pengajuan adsense ke blog yang saya tahu yakni hanya halaman statis, konten dan label.

Himawan Sant said...

Terimakasih penjelasannya,mas Harman.
Rada khawatir juga,mas.
Sebenarnya ingin ganti template.

Harmansyah said...

@Himawan sant, kalau ragu ga usah mas hima

Monita Saki said...

mantap nih artikelnya kak sangat membantu dan bermanfaat sekali hehehe.
btw, jangan lupa kunjungi balik blog aku yah.

di : www.monitasaki.com

belajar ngeblog dari gak bisa sampai bisa :)

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......