Cara Memasang Iklan Adsense di Atas Postingan

|
Cara Memasang Iklan Adsense di Atas Postingan - Saya yakin pasti sudah banyak sekali blogger yang mengulas tentang bagaimana cara memasang kode unit iklan di blog, khususnya memasang kode unit iklan di atas postingan / artikel atau tepat di bawah judul artikel. Namun sebagai catatan untuk menolak lupa dan pelengkap artikel pada label tertentu, saya pun ikut mengulas kembali mengenai hal tersebut. Untuk anda yang belum memiliki Akun pada Google AdSense dan menganggap blog atau website anda sudah layak melakukan kerja sama dengan pihak GA, silahkan baca artikel berjudul Cara Daftar Google AdSense Melalui Blog Blogspot sebagai panduannya.

Seperti yang banyak blogger ketahui, ternyata posisi penempatan unit iklan pada tempat yang terbaik sangat berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan iklan AdSense. Semakin strategis posisi peletakkan iklan yang dimiliki, maka peluang iklan tersebut untuk mendapatkan klik dari pengunjung atau pembaca akan menjadi lebih baik. Peletakkan iklan di blog, sebenarnya bisa diletakkan dimana saja dalam halaman blog yang dimiliki selama penempatan tersebut tidak melanggar aturan tentang penempatan iklan Adsense.

Penempatan iklan yang baik, seperti yang dianjurkan oleh tim Google AdSense sendiri salah satunya adalah unit iklan yang berada didalam artikel atau postingan, baik itu di bawah judul postingan atau di atas artikel paragraf pertama seperti yang akan dibahas kali ini, di tengah postingan, atau di bawah postingan. Penempatan unit iklan di dalam artikel atau postingan memiliki peluang yang sangat besar untuk mendongkrak penghasilan seorang blogger yang ikut serta menjadi seorang publisher iklan adsense, sebab isi artikel merupakan tujuan pertama arah pandangan mata pengunjung, ketika mengunjungi atau mengakses sebuah artikel blog atau website.

Untuk meletakkan unit iklan di dalam artikel, sebetulnya bisa dilakukan dengan meng-klik Edit pada bagian Blog Posts dan memberikan tanda centang pada opsi Letakkan iklan di Antara postingan. Akan tetapi, posisi iklan tidak tampil pada posisi yang diharapkan, bahkan merusak tampilan menu utama blog atau website. Meletakkan unit iklan di dalam postingan ini juga tidak bisa dilakukan dengan menggunakan Tambahkan  widget atau gadget, karena widget dengan Blog Posts ini terpisah dan berdiri sendiri.

Nah untuk meletakkan unit iklan di dalam artikel, khususnya di atas postinga artikel atau tepat di bawah judul, anda harus melakukan edit html pada kode template blog. Namun ketika meletakkan kode unit iklan adsense ke dalam kode template blog tidak serta merta diterima oleh HTML blogspot. Jika pun dipaksakan, maka akan berakhir dengan error. Mengapa? karena di dalam kode unit iklan adsense terdapat kode-kode yang tidak dapat diterima oleh kode template blog. Bagaimana solusinya?
Agar kode unit iklan adsense bisa diterima untuk diletakkan ke dalam kode template blog adalah dengan mem-parse terlebih dahulu kode unit iklan tersebut. Hasil parse itulah yang nantinya akan diletakkan ke dalam kode template blog. Tidak perlu khawatir, melakukan parse kode unit iklan sama sekali tidak melanggar aturan Google AdSense. Mem-parse script kode unit iklan ini sama sekali tidak merubah struktur iklan, hanya mengkonversinya dalam bahasa pemprograman javascript yang bisa diterima oleh template. Dimata browser ketika menterjemahkan kode hasil parse sama dengan kode yang tidak parse.

Cara Memasang Iklan AdSense di Atas Tengah, Sisi Kiri, Sisi Kanan Postingan / Artikel atau Bawah Judul
Untuk memasang iklan di atas postingan atau tepat di bawah judul seperti blog ini, langkah-langkahnya cukup mudah. Disini anda hanya mencari satu baris kode tertentu dan meletakkan hasil parse kode unit iklan yang anda miliki. Berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke akun Google AdSense anda.
2. Pilih iklan yang ingin anda letakkan ke dalam postingan dan ambil kodenya.
3. Parse kode tersebut pada situs penyedia layanan parse. Saya biasanya menggunakan situs penyedia berikut.

http://www.freeformatter.com/html-escape.html
http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php
4. Setelah diparse, simpan hasil parse tersebut ke dalam notepad.
5. Sekarang, silahkan login ke akun blogger anda, lalu masuk ke menu Tema atau Template.
6. Klik Edit HTML.
7. Temukan kode di bawah ini menggunakan Ctrl+F untuk mempermudah pencarian

<data:post.body/>
8. Letakkan kode di bawah ini tepat di atas kode tersebut.

  • Kode untuk meletakkan kode unit iklan di atas tengah postingan.
Cara Memasang Iklan Adsense di atas Postingan

<div style="margin-bottom:15px">
<center>
Kode Unit Iklan Hasil Parse
</center>
</div>

  • Kode untuk meletakkan kode unit iklan di atas sisi kiri postingan
Cara Memasang Iklan Adsense di atas Postingan

<div style="float:left; margin-right:15px;margin-bottom:15px">
Kode Unit Iklan Hasil Parse
</div>

  • Kode untuk meletakkan kode unit iklan di atas sisi kanan postingan
Cara Memasang Iklan Adsense di atas Postingan

<div style="float:right; margin-left:15px;margin-bottom:15px">
Kode Unit Iklan Hasil Parse
</div>

Catatan :
- Ganti tulisan Kode Unit Iklan Hasil Parse berwarna merah dengan kode unit iklan milik anda yang sudah diparse.
- Untuk nilai margin silahkan anda sesuaikan dengan keinginan anda. Nilai margin merupakan nilai jarak antara tampilan iklan dengan isi artikel atau postingan.

9. Jika sudah sesuai, klik Simpan Tema atau Save Template.
10. Cek dengan membuka salah satu artikel blog, apakah hasilnya sudah sesuai atau belum.

Catatan :
Setiap template biasanya memiliki dua sampai empat buah kode <data:post.body/>, silahkan anda coba satu persatu dari kode <data:post.body/> pertama sampai kode <data:post.body/> ke empat, jika unit iklan belum muncul atau muncul ditempat yang tidak diinginkan. Di template blog saya terletak pada kode <data:post.body/> kedua.

Dengan meletakkan unit iklan pada posisi yang cukup strategis untuk dilihat oleh pengunjung blog, maka akan meningkatkan peluang iklan untuk mendapatkan klik, sehingga mendongkrak pendapatan anda sebagai publisher Google Adsense.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana memasang iklan adsense di atas postingan. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......