Cara Membuat dan Memasang Matched Content AdSense

|
Cara Membuat dan Memasang Iklan Matched Content AdSense - Matched Content dalam bahasa indonesia Konten yang sesuai adalah sebuah fasilitas atau alat rekomendasi gratis dari Google AdSense yang menawarkan cara mudah untuk mempromosikan konten anda kepada pembaca atau pengunjung situs. Fasilitas ini fungsinya tidak jauh beda dengan widget artkel terkait (related posts), namun matched content selain menawarkan artikel yang terkait dengan artikel yang sedang dibaca juga diisi dengan beberapa iklan adsense.

Baca juga :


Dengan memanfaatkan matched content yang menawarkan lebih banyak konten yang relevan kepada pembaca atau pengunjung, maka akan meningkatkan tampilan laman situs (page view), waktu yang dihabiskan pembaca pada situs, jumlah tayangan iklan, dan pada akhirnya secara otomatis juga akan meningkatkan pendapatan iklan.
Seperti halnya widget artikel terkait, matched content juga merekomendasikan konten-konten yang sesuai dengan topik konten atau artikel yang dibaca oleh pengunjung. Menurut eksperimen yang dilakukan oleh team google adsense rekomendasi Konten yang Sesuai secara rata-rata meningkatkan jumlah laman yang ditayangkan sebesar 9% dan lama waktu yang dihabiskan di situs sebesar 10%.

Cara Membuat dan Memasang Matched Content AdSense


Apakah situs atau blog anda layak menggunakan fitur Matched Content?
Matched content hanya tersedia untuk penayang tertentu. Agar dapat menampilkan menu matched content pada akun Google AdSense dan menggunakannya, anda harus memiliki situs atau blog yang memenuhi persyaratan yang diberlakukan oleh pihak adsense, seperti volume traffic dan jumlah halaman unik. Pihak adsense memberlakukan persyaratan ini untuk memastikan bahwa matched content bisa memberikan pengalaman yang cukup hebat bagi pengunjung.

Untuk memeriksa atau mengecek apakah situs atau blog yang dimiliki dapat menggunakan fasilitas ini, silahkan ikuti langkah berikut.
1. Masuk ke akun adsense anda.
2. Pada menu sebelah kiri, klik menu Setting.
3. Kemudian pada menu dropdownnya, klik menu Situs saya / My sites. Perhatikan apakah ada tulisan Matched Content atau Konten yang sesuai. Jika ada, itu berarti salah satu blog atau situs yang anda miliki bisa menggunakan fasilitas matched content ini.
4. Klik menu Matched Content untuk melihat situs atau blog apa yang bisa menggunakan matched content di dalamnya.
Apabila menu matched content ini tampil pada menu Situs saya, maka secara otomatis pilihan matched content atau Konten yang sesuai pada jenis iklan juga akan tampil pada saat anda membuat unit iklan baru pada menu Iklan saya atau My ads.

Cara Membuat Iklan Matched Content atau Konten yang sesuai di Google AdSense
1. Klik Iklan saya atau My ads pada menu sebelah kiri
2. Klik Unit iklan.
3. Alihkan pandangan anda ke halaman menu sebelah kanan, silahkan klik tombol Unit iklan baru.
4. Pilih Matched Content atau Konten yang sesuai dengan klik SELECT atau PILIH.
5. Tampil form pengaturan unit iklan.
6. Beri nama unit iklan.
7. Pada bagian Ad options, aktifkan Monetize with Ads.
8. Pada bagian Style, sesuaikan dengan tampilan situs anda atau biarkan secara default.
9. Pada bagian Size, pilih Responsif (rekomendasi) atau Custom sesuai dengan keinginan anda.
10. Klik Save and Get Code atau Simpan dan dapatkan kode.

Setelah mendapatkan kode iklan matched content, silahkan anda simpan terlebih dahulu ke dalam notepad untuk anda pasang nanti ke dalam situs atau blog anda. Anda bebas memasangnya di bagian mana saja yang anda inginkan pada halaman blog atau situs, namun karena iklan matched content ini mirip dengan related post atau artikel terkait, maka saya sarankan untuk menempatkan iklan ini di bawah atau di atas widget related post atau artikel terkait yang ada di bawah postingan blog atau situs anda.

Cara Memasang Iklan Matched Content atau Konten yang sesuai di Blog

Matched content di bawah postingan
Untuk memasang iklan di bawah postingan tidak bisa dilakukan dengan menambahkan widget atau gadget pada menu Tata letak, karena Blog Posts dan Tambahkan Gadget letaknya terpisah. Jadi untuk memasang iklan di bawah postingan, anda harus meletakkan kode iklan ke dalam kode template. Namun sebelumnya kode iklan harus di parse terlebih dahulu agar kode iklan bisa diterima oleh kode template. Anda bisa melakukan parse kode pada situs penyedia layanan parse di bawah ini.

http://www.freeformatter.com/html-escape.html
http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php

Setelah memparse kode iklan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut
1. Masuk ke akun blogger anda.
2. Klik menu Tema atau Template.
3. Klik Edit HTML.
4. Temukan kode di bawah ini, gunakan Ctrl+F untuk mempermudah pencarian

<data:post.body/>

5. Letakkan kode di bawah ini, tepat di bawah kode <data:post.body/>

<div style="text-align: center;margin-bottom:15px">
Kode Unit Iklan AdSense Hasil Parse
</div>

Catatan :
- Ganti tulisan Kode Unit Iklan AdSense Hasil Parse berwarna merah dengan kode iklan Matched Content milik anda yang sudah diparse.
- Setiap template biasanya memiliki dua sampai empat buah kode <data:post.body/>, silahkan anda coba satu persatu dari kode <data:post.body/> pertama sampai kode <data:post.body/> ke empat, jika unit iklan belum muncul atau tampil. Di template blog saya terletak pada kode <data:post.body/> kedua. Jika anda pernah memasang kode artikel terkait atau related posts yang berada tepat di bawah artikel, silahkan letakkan kode iklan anda tepat di atas kode tersebut.
- Margin-bottom:15px artinya jarak tampilan iklan dengan widget di bawah iklan sebesar 15px, silahkan anda ganti dengan keinginan anda.

Mendapatkan fitur iklan matched content atau konten yang sesuai pada akun Google AdSense merupakan kebanggaan yang cukup signifikan sebagai pemilik blog atau situs, karena fitur ini hanya tersedia pada situs-situs tertentu saja. Selain itu dengan memanfaatkan fitur ini, maka akan meningkatkan tampilan halaman situs, jumlah tayangan iklan sehingga meningkatkan pendapatan iklan.

Demikian tutorial sederhana mengenai, bagaimana cara membuat iklan Matched Content atau Konten yang sesuai di Google AdSense dan memasangnya di blog. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

3 komentar:

Bang Day said...

Trims urainnya mas. Saya baru dapat juga tuh

Aris Armunanto said...

Mantaaaf mas tutorialnya, perlu dicoba nih biar iklanya sesuai dgn konten.

Harmansyah said...

@Bang Day, sama-sama bang day, dan selamat
@Aris Armunanto, silahkan sob

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......