Cara Membuat Blog di Blogger

|
Cara Membuat Blog di Blogger ( Update 2020 Tampilan Baru Blogspot ) - Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. (wikipedia). Sedangkan Blogger.com atau lebih dikenal sebagai Blogspot merupakan layanan untuk membuat blog secara gratis dan sangat mudah untuk digunakan.
Dengan adanya blog saya bisa berbagi ilmu atau pengalaman yang sangat bermanfaat bagi pembaca sekaligus saya manfaatkan untuk menyimpan catatan-catatan baik itu artikel, tutorial, tips and tricks, software dan aplikasi. Selain itu banyak juga yang memanfaatkan blog sebagai sarana untuk berjualan online dan ladang tambahan penghasilan sebagai publisher dan lain sebagainya.
Banyak terdapat puluhan platform untuk membuat blog yang antara lain : wordpress, jimdo, blogger, tumblr, webs dan masih banyak lagi. Nah berikut ini saya akan berbagi panduan cara membuat blog di Blogger, karena blogger menurut saya platform yang paling populer didunia blogging, mudah dan cocok digunakan untuk seorang blogger pemula seperti saya hehe. Semoga panduan berikut bisa sedikit memberi pencerahan bagi sobat blogger pemula yang baru belajar ngeblog. Apalagi tampilan-tampilan diblogger sekarang sudah banyak yang berubah.
Untuk membuat blog di blogger yang anda butuhkan hanyalah sebuah email gmail google, setelah itu anda bisa mendaftar gratis di www.blogger.com. Yuk langsung disimak langkah-langkahnya sob, cekidot.

Langkah-langkah cara membuat blog :
  • Pertama masuk ke situs blogger.com, sehingga terlihat tampilan seperti gambar dibawah ini lalu klik masuk/login dan anda akan disuruh masuk/login menggunakan email gmail.

HARMANSYAH BLOG
Loggin/Masuk Blogger
  • Login/masuk menggunakan akun gmail anda. Jika anda belum mempunyai akun gmail di google, anda bisa bisa membacanya di cara membuat email di gmail google yang pernah saya bagikan sebelumnya.
HARMANSYAH BLOG
Login Gmail
  • Setelah masuk anda akan dipindahkan ke tampilan menu blogger seperti gambar berikut.
HARMANSYAH BLOG


  • Klik Buat Blog yang terletak pada pojok kiri atas tepat dibawah logo Blogger pada gambar diatas, untuk membuat blog baru.
  • Akan muncul sebuah jendela kecil seperti gambar berikut, silahkan isi dengan nama blog yang anda inginkan. Sebagai contoh saya akan mengisi nama LOMBOK SIGHT, kemudian klik BERIKUTNYA.
HARMANSYAH BLOG


  • Selanjutnya anda akan disuguhkan tampilan seperti gambar berikut. Silahkan isi dengan URL blog yang anda inginkan. Apabila url yang anda gunakan blm ada yang menggunakan, maka akan muncul dibawahnya tulisan Alamat blog ini tersedia seperti contoh dibawah ini. Disini anda bisa menyesuaikan nama blog dengan url blog dengan mengklik SEBELUMNYA untuk mengganti nama blog agar sesuai dengan url blog (untuk hal ini terserah andamau disesuaikan atau tidak).  Jika sudah, silahkan klik SIMPAN
HARMANSYAH BLOG


  • Terakhir anda akan dibawa ke beranda blogger atau blogspot seperti gambar berikut yang menandakan anda sudah berhasil membuat blog. Untuk melihat tampilan blog yang sudah anda buat, silahkan klik Lihat blog yang terletak paling bawah pada menu blogger.
HARMANSYAH BLOG


Bagaimana? sangat mudah bukan?

Penjelasan Menu-Menu pada Blogger
  • Coba klik nama blog yang anda buat tadi misal HARMANSYAH BLOG, disitu terdapat nama blog yang anda buat tadi dan pilihan untuk membuat blog baru.
  • + POSTINGAN BARU : Untuk menulis konten atau postingan baru.
  • Postingan : Untuk menampilkan semua posting yang terdapat pada blog anda, baik itu postingan yang sudah diterbitkan dan yang masih berbentuk draft. Dalam menu ini, anda juga bisa menghapus beberapa pos sekaligus dengan cepat.
  • Statistik : Untuk menampilkan informasi statistik pada blog anda, seperti jumlah penayangan hari ini kemarin dan bulan lalu. Selain itu, pada menu ini juga menampilkan informasi mengenai bagaimana para pengunjung menemukan blog anda, menggunakan browser apa, system operasi apa dan lain sebagainya.
  • Komentar : Untuk menampilkan komentar yang telah diterbitkan, komentar yang masih dimoderasi dan komentar yang tergolong spam.
  • Penghasilan : Untuk menampilkan menu penghasilan akun adsense anda (jika anda punya).
  • Halaman : Untuk menampilkan jumlah laman yang terdapat blog anda, baik itu laman yang masih berbentuk draft dan laman yang sudah diterbitkan.
  • Tata Letak : Untuk menampilkan tata letak blog anda. Disini anda bisa menambah atau menghapus widget blog anda.
  • Tema : Untuk menampilkan pengaturan pada tema/template blog anda. Untuk mengganti tema/template blog atau mengedit template blog dan masih banyak hal yang anda bisa lakukan disini.
  • Setelan : Untuk menampilkan pengaturan lanjutan pada blog anda, seperti pengaturan pos, komentar, author dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.
  • Daftar Bacaan : Untuk menampilkan semua daftar bacaan dari blog yang anda ikuti baik itu update lama maupun update terbaru.
  • Lihat blog : Untuk melihat tampilan blog anda.
Berikut ini tampilan blog yang sudah saya buat yang tampilannya masih default.

HARMANSYAH BLOG



Demikian tutorial mengenai bagaimana Cara Membuat Blog di Blogger atau Blogspot. Semoga bisa bermanfaat. tunggu tutorial selanjutnya Happy Blogging

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

2 komentar:

Rosyadi said...

membuat blog memang mudah gan.. masalah utama adalah apa isi dari blog tersebut... agar menarik pengunjung membaca, dan tidak membuat penulis (kita) bisa jenuh, dan berhenti ditengah jalan, itu yang sulit :D #blogwalking silahkan mampir-mampir

Harmansyah said...

yoi sob makanya saya buat blog personal, biar bisa diisi dengan banyak konten, entah itu tutorial, artikel dan lainnya. Terima kasih kunjungannya sob, segera meluncur

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......