Cara Mempercepat Kinerja Windows 7

|
Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 - Windows 7 merupakan versi windows yang menggunakan menu start yang dikembangkan oleh microsoft dan menggantikan versi windows sebelumnya yakni windows vista. Sistem operasi ini memiliki lebih banyak keunggulan dari versi sebelumnya, baik itu dari segi tampilan, kinerja dan kompatibel dengan banyak aplikasi. Walaupun microsoft sudah mengeluarkan versi windows yang lebih baru seperti windows 8 dan 10, tetapi masih banyak para pengguna yang tetap setia memakai windows 7  di komputer atau laptop mereka, seperti saya.

Cara Mempercepat Kinerja Windows 7

Namun terkadang beberapa pengguna windows 7 sering mengeluh, karena lambat laun  sistem operasi ini performanya menjadi sangat lambat sehingga membuat para penggunanya sangat kesal akan hal ini. Coba anda bayangkan pekerjaan yang seharusnya selesai tepat waktu menjadi selesai tidak tepat waktu karena disebabkan oleh lambatnya sistem operasi komputer anda. Sebuah komputer yang harus dimiliki oleh seorang pekerja untuk mempermudah pekerjaan malah menjadi penghambat kinerja pekerjaan anda.
Nah sesuai dengan pembahasan hari ini, saya akan share bagaimana cara memeprcepat kinerja sistem operasi windows 7.

Berikut Tips Cara Mempercepat Kinerja Windows 7

1. Mematikan Visual Effecst Windows 7.
Visual Effects merupakan fasilitas bawaan dari windows 7 yang digunakan untuk memperindah tampilan windows. Namun fasilitas ini ketika sedang aktif sangat mempengaruhi kinerja windows karena menghabiskan space RAM dalam jumlah yang cukup besar. Maka dengan mematikan (disable) fasilitas ini, secara otomatis akan menambah ruang kosong pada RAM ketika windows sedang berjalan. Berikut langkah-langkahnya.
>> Klik Start Menu >> Control Panel >> System and Security >> System >> Advanced System Settings >> tab Advanced >> klik tombol Settings... >> tab Visual Effects >> pilih Adjust for best performance >> klik tombol Apply >> terakhir klik tombol OK.

Mematikan Visual Effecst Windows 7

2. Matikan atau Nonaktifkan Aero Shake.
Aero shake adalah fitur bawaan windows 7 yang berfungsi untuk meminimize window yang sedang tidak digunakan. Misalkan anda membuka beberapa window, selanjutnya anda mengarahkan kursor atau menggerak-gerakkan salah satu window yang aktif, maka window yang lain akan diminimize oleh aero shake secara otomatis. Berikut langkah-langkahnya.
- Klik Start Menu dan pada kotak pencarian silahkan ketik "gpedit.msc" (tanpa tanda petik), lalu tekan tombol Enter.
- Setelah jendela Local group Policy Editor terbuka, silahkan pilih dan klik User Configuration >> lalu pilih dan klik Administrative Template >> lalu pilih dna klik Dekstop. Pada bagian sebelah kanan silahkan klik dua kali Turn off Aero Shake windows minimizing mouse gesture.

Matikan atau Nonaktifkan Aero Shake

- Selanjutnya akan muncul jendela Turn off Aero Shake windows minimizing mouse gesture. Silahkan anda pilih Enable dan klik tombol OK.

Matikan atau Nonaktifkan Aero Shake

3. Nonaktifkan Fitur Aero Snap.
Fitur ini bekerja ketika anda membuka window lebih dari satu dan mengatur posisi window tersebut agar bisa terlihat secara bersamaan. Misalkan anda membuka dua buah window lalu anda mengatur atau men-drag window pertama ke sebelah kiri dan men-drag window kedua ke sebelah kanan, hingga kedua window tersebut tampil berdampingan. Hal ini bekerja karena fitur tersebut bekerja, namun fitur aero snap dapat membuat performa windows anda menjadi lebih lamban. Jadi akan lebih baik jika fitur ini di nonaktifkan asalkan fitur ini juga tidak begitu penting untuk anda. Berikut langkah-langkahnya.

Nonaktifkan Fitur Aero Snap

- Klik Start Menu >> lalu pilih dan klik Control Panel.
- Silahkan pilih dan klik Ease of Access pada jendela Control Panel, lalu pilih dan klik lagi Ease of Access Center.
- Pilih dan klik Make the keyboard easier to use.
- Kemudian beri centang pada pilihan Prevent windows from being automatically arranged when moved to the edge of the screen.
-Terakhir klik OK.
4. Nonaktifkan Fitur Aero Peek.
Aero Peek merupakan fitur bawaan windows 7 berfungsi untuk membuat jendela yang anda buka atau aktif menjadi tranparan. Contohnya ketika anda membuka beberapa buah window dan anda mengarahkan kursor mouse anda ke salah satu jendela, maka jendela yang lain akan terlihat transparan dan lama kelamaan menjadi tidak terlihat sama sekali. Cara menonaktifkan fitur aero peek langkah-langkahnya sama dengan langkah-langkah mematikan visual effects. Dan apabila anda hanya ingin menonaktifkan aero peek ini anda tinggal menghilangkan tanda centang pada pilihan Enable Aero Peek seperti gambar berikut.

Nonaktifkan Fitur Aero Peek

5. Nonaktifkan Fitur Gadget pada windows 7.
Gadget pada windows 7 berfungsi untuk mempercantik tampilan windows seperti fitur visual effect yang sudah saya bahas pada poin pertama. Seperti halnya visual effect, setiap gadget yang anda pasang pada layar dekstop akan membutuhkan ruang pada space RAM komputer, sehingga hal ini akan memperlambat performa windows 7 pada komputer anda.Semakin banyak gadget yang anda pasang maka semakin banyak pula space RAM yang digunakan. Berikut langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur gadget pada windows 7.
- Klik Start Menu >> pilih dan klik Control Panel >> pilih dan klik Programs >> kemudian pilih dan klik Turn Windows features on or off.
- Uncheck atau hilangkan tanda centang pada pilihan Windows gadget platform, kemudian klik OK.

Nonaktifkan Fitur Gadget pada windows 7

6. Menggunakan semua core pada saat booting.
Jika anda memiliki sebuah laptop/komputer yang menggunakan processor dengan banyak core seperti contohnya dual core, core 2 duo, quadcore dan lain-lain, sebaiknya anda menggunakan semua core tersebut saat komputer melakukan booting. Karena hal ini akan meningkatkan kecepatan performa komputer saat melakukan booting. Berikut langkah-langkahnya.
- Klik Start Menu, lalu ketikkan "msconfig" (tanpa tanda petik) pada kotak pencarian dan tekan Enter.
- Pilih dan klik tab Boot kemudian klik Advanced options.
- Setelah keluar jendela lagi seperti gambar berikut, silahkan beri centang pada Number of processors lalu ubah angka yang terletak tepat di bawahnya ke angka yang lebih besar. Terakhir klik OK.

Menggunakan semua core pada saat booting

7. Nonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan saat komputer melakukan startup.
Ketika sebuah komputer/laptop dinyalakan dan windows 7 melakukan startup, tanpa anda sadari ada beberapa aplikasi yang juga ikut berjalan saat windows melakukan startup. Inilah salah satu penyebab menurunnya performa windows 7 komputer. Jadi aplikasi yang ada pada startup, lebih baik anda nonaktifkan saja. Berikut langkah-langkahnya.
- Klik Start Menu, lalu ketik "msconfig" (tanpa tanda petik) pada kotak pencarian, kemudian tekan Enter.
- Setelah muncul jendela System Configuration, silahkan pilih tab Startup. Setelah itu hilangkan tanda centang pada aplikasi yang tidak begitu dibutuhkan untuk dijalankan saat komputer melakukan startup.
- Terakhir klik OK.

Nonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan saat komputer melakukan startup

8. Melakukan Disk Clean Up pada Hardisk.
Setelah melakukan browsing, menginstall dan menguninstall aplikasi pada sebuah komputer biasanya akan menghasilkan cache, cookies dan registry-registry yang akan memakan banyak ruang pada hardisk. Jika tidak dibersihkan semakin lama akan semakin menumpuk. Untuk mengatasinya perlu dilakukan disk clean up utnuk membersihkannya. Berikut langkah-langkahnya.
- Start Menu >> All Programs >> Accessories >> klik folder System Tools >> selanjutnya pilih dan klik Disk Clean Up.

Melakukan Disk Clean Up pada Hardisk

- Muncul sebuah jendela kecil, dimana disitu terdapat pilihan drive yang ingin anda bersihkan. Silahkan pilih drive : C, kemudian tekan OK.

Melakukan Disk Clean Up pada Hardisk

- Muncul sebuah jendela yang lebih besar, silahkan centang bagian-bagian yang ingin anda bersihkan lalu klik OK.

Melakukan Disk Clean Up pada Hardisk

9. Melakukan Defragment Disk secara teratur.
Biasanya file-file pada hardisk kita tidak tersusun rapi, mungkin hal ini karena pengaruh sering instal program yg tidak selalu digunakan, menutup aplikasi secara tidak normal (hang), copy dan menghapus atau memindahkan file, dan berbagai aktifitas management file lainnya. Nah untuk mengatasinya agar semua file pada komputer tersusun rapi, anda bisa menggunakan disk defragmenter ini dan lakukan kurang lebih satu bulan sekali. Berikut langkah-langkahnya.
- Start Menu >> All Programs >> Accessories >> klik folder System Tools >> selanjutnya pilih dan klik Disk Defragmenter.
- Setelah muncul jendela disk defragment, silahkan pilih drive yang ingin di defrag lalu klik defragment disk.

Melakukan Defragment Disk secara teratur

10. Nonaktifkan Windows Welcome Screen.
Dengan menonaktifkan windows welcome screen bisa membuat proses startup menjadi lebih singkat dan performa windows menjadi lebih baik. Berikut langkah-langkahnya.
- Start Menu, silahkan ketik "msconfig" (tanpa tanda petik) pada kotak pencarian lalu tekan Enter.
- Setelah muncul jendela system configuration silahkan pilih tab boot, kemudian pada Boot options beri centang pada pilihan No GUI Boot lalu klik OK.

Nonaktifkan Windows Welcome Screen

11. Mengaktifkan Write Caching.
Windows tidak akan melakukan perubahan pada disk sampai sistem dalam keadaan tidak aktif atau 'idle', apabila anda mengaktifkan fitur ini. Maka dengan melakukan hal tersebut akan meningkatkan performa windows dikomputer anda. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkannya.
- Silahkan buka Control Panel >> lalu klik Hardware and Sound >> klik Device Manager.
- Setelah keluar jendela device manager >> klik Disk drives disitu akan terlihat jenis hardisk anda yang terdapat pada komputer anda.
- Selanjutnya klik dua kali hardisk anda untuk memunculkan properties hardisk anda, lalu pilih tab Policies. Setelahnya beri centang pada Enable write caching on the device untuk mengaktifkannya. Terakhir klik OK.

Mengaktifkan Write Caching

12. Nonaktifkan Search Indexing.
Fitur ini berfungsi mengindex file pada drive agar ketika melakukan pencarian sebuah file akan berlangsung lebih cepat. Namun proses ini cukup banyak memakan resources. Apabila kapasitas memori/RAM komputer atau laptop anda tidak cukup besar maka komputer anda akan menjadi lemot. Oleh karena itu sebaiknya fitur ini di nonaktifkan saja. Berikut langkah-langkahnya.
- Start Menu >> ketik "services.msc" (tanpa tanda petik) pada kotak pencarian lalu tekan Enter.
- Setelah muncul jendela services, pada bagian kanan silahkan cari Windows Search lalu klik dua kali sehingga muncul jendela baru.

Nonaktifkan Search Indexing

- Bagian Startup type pada menu dropdown pilih Disabled. Langkah ini untuk mencegah agar program tidak berjalan otomatis pada saat windows melakukan startup.

Nonaktifkan Search Indexing

- Kemudian klik Stop untuk menghentikannya >> lalu klik OK.

Demikian tutorial sederhana mengenai cara mempercepat kinerja windows 7 di komputer anda. Semoga bermanfaat 'n " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

1 komentar:

Admin said...

Sip...

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......