Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk

|
Cara Mengembalikan File atau Data Yang Terhapus di Flashdisk | HARMANSYAH BLOG - Ada banyak hal yang dapat menyebabkan file atau data di flashdisk anda hilang atau terhapus, mulai dari terhapus tanpa sengaja, hilang karena virus, atau penyebab fisik seperti flashdisk terjatuh, tercabut di saat proses read / write. Mengembalikan data yang terhapus dari flashdisk memang tidak semudah mengembalikan data yang terhapus dari hard disk drive, pasalnya data yang terhapus dari hard disk drive akan di simpan terlebih dahulu ke lokasi khusus sebelum akhirnya di hapus permanen, pada komputer dengan sistem operasi Windows data dari hard disk drive yang terhapus akan di simpan terlebih dahulu ke Recycle Bin. Mengembalikan data dari Recycle Bin sangat mudah, data yang di kembalikan pun akan utuh sebagaimana kondisi data sebelumnya, namun lain halnya jika data tersebut terhapus dari flashdisk, pada flashdisk data yang terhapus akan di hilangkan secara permanen dan tidak akan di temukan di Recycle Bin sekalipun anda menghapusnya pada komputer dengan sistem operasi Windows.

Oleh karena itu, file atau data yang terhapus dari Flashdisk tidak bisa dikembalikan lagi tanpa bantuan atau campur tangan software atau perangkat lunak khusus yang memang dibuat untuk mengembalikan data atau file yang terhapus. Apabila anda mengalaminya, solusi terbaik untuk mengembalikan file atau data yang terhapus di flashdisk adalah dengan menggunakan software file recovery.
Namun sebelum melakukan pengembalian file atau data yang terhapus, sebaiknya anda cek terlebih dahulu apakah file atau data yang ada di dalam Flashdisk tersebut terhapus karena virus atau bukan. Lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Klik program Windows Explorer atau dengan tombol Windows+E ada keyboard
  • Pilih drive dimana Flashdisk anda berada, misal letak Flashdisk ada pada drive F:namaflashdisk, kemudian klik kanan - pilih Properties. 
  • Jika pada tab Properties, pada Used spaces nya tidak 0 (nol) alias terpakai, maka bisa dipastikan file atau data di dalam flashdisk tidak terhapus namun hilang karena terhidden (disembunyikan) oleh virus. Agar file atau data yang disembunyikan tersebut muncul atau terlihat, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Cara Menampilkan File atau Data yang Terhidden atau Disembunyikan oleh Virus

Setelah mengetahui file atau data yang ada di dalam Flashdisk tersebut hanya hilang karena terhidden atau disembunyikan oleh virus, maka yang perlu anda lakukan adalah menampilkannya kembali agar bisa terlihat. Dalam hal ini anda bisa menggunakan tools bawaan Windows yakni Hidden files and folders. Berikut langkah-langkahnya.

1. Tekan tombol logo Windows+E pada keyboard untuk membuka jendela Windows Explorer.
2. Setelah jendela Windows Explorer terbuka, klik tanda panah ke bawah pada pilihan Organize, kemudian pada menu dropdownnya klik pilihan Folder and Search Options.
3. Muncul jendela Folder Options, klik tab View kemudian beri checklist pada pilihan Show hidden files, folders, and drives. Klik tombol OK.
4. Sekarang file atau data yang terhidden/hilang oleh virus yang ada di dalam Flashdisk sudah bisa terlihat atau muncul kembali.

Namun, apabila ketika anda membuka Properties drive Flashdisk dan pada Used spaces nya 0 (Nol) alias tidak terpakai, maka bisa dipastikan file atau data yang ada di dalam Flashdisk tersebut telah terhapus dengan sengaja atau tidak disengaja (buka Format). Jadi cara yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan file atau data yang terhapus tersebut adalah mengembalikannya dengan menggunakan bantuan software atau perangkat lunak (Software File Recovery).

Baca juga :

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk dengan Software

Ada banyak software file recovery yang banyak ditawarkan di internet yang berfungsi untuk mengembalikan data atau file yang terhapus, baik yang versi gratis maupun versi berbayar. Berikut beberapa perangkat lunak atau software yang bisa anda gunakan untuk mengembalikan file atau data yang terhapus pada Flashdisk serta langkah-langkah menggunakannya.

1. Runtime GetDataBack for NTFS

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengembalikan file atau data flashdisk yang terhapus adalah dengan menggunakan perangkat lunak runtime GetDataBack, berikut langkah-langkahnya. Pertama-tama silahkan download perangkat lunaknya di situs web resmi berikut.

http://www.runtime.org/datarecovery.html

GetDataBack untuk Windows didistribusikan dalam dua versi, GetDataBack for FAT dan GetDataBack for NTFS. Silahkan pilih salah satu sesuai dengan file system flashdisk yang bersangkutan, untuk mengetahui apakah suatu flashdisk (atau drive lain) memiliki file system FAT (maupun FAT32) atau NTFS silahkan klik kanan pada drive yang bersangkutan lalu pilih Properties.

Jika sudah didownload, silahkan install dengan mengikuti petujuk (wizard) pada saat proses instalasi. Ketika pertama kali di jalankan, GetDataBack akan menampilkan opsi atau pilihan yang disebut "data loss scenario", diantaranya terdapat opsi "I want to recover deleted files", pilih opsi tersebut (karena kita akan mencoba mengembalikan data yang terhapus), klik Next.

Pada tampilan selanjutnya, anda diharuskan memilih drive (partisi) yang akan anda pindai (scan) pilih drive flashdisk yang bersangkutan, klik "Next". Pada tampilan selanjutnya, kembali anda diharuskan memilih rentang sektor dari file system yang akan dipindai, pilih "NTFS at sector 0" atau "FAT at sector 0" untuk memindai flashdisk secara lengkap dari sector ke 0, klik "Next". Tunggu beberapa saat hingga proses scanning selesai.

Setelah selesai anda akan melihat daftar file dan folder yang terdapat pada flashdisk anda termasuk file dan folder yang masih ada. Diantaranya anda akan melihat nama file atau folder yang dicoret misalnya seperti folder dengan nama Catatan. Folder tersebut berarti telah terhapus namun ada kemungkinan masih dapat di kembalikan.
Silahkan anda klik (atau double click) untuk melihat dan memeriksa data dalam folder tersebut. Apabila sudah yakin bahwa data tersebut adalah data terhapus yang ingin anda kembalikan, klik data tersebut. Kemudian klik tombol Copy yang ada di panel bagian atas aplikasi, atau bisa juga dengan klik kanan lalu pilih Copy.

Pilih folder atau direktori (misalnya My Documents) untuk menyimpan data yang akan di recover tersebut, lalu klik OK, tunggu hingga proses Copy (restore) selesai. Silahkan buka My Documents (jika anda memilih folder tersebut) untuk melihat dan memeriksa apakah data yang anda restore berhasil dengan baik atau ada kesalahan.

Apabila tidak berhasil mengembalikan data yang hilang dengan aplikasi Runtime GetDataBack, coba gunakan perangkat lunak Recuva, selain gratis perangkat lunak ini banyak di rekomendasikan oleh banyak blogger dibanyak situs web.

2. Recuva

Saya anggap file atau data tersebut hilang karena tanpa sengaja terhapus dari flashdisk, bukan karena flashdisk tidak sengaja terformat, flashdisk yang terformat akan menurunkan persentase keberhasilan pengembalian data yang hilang. Berikut cara mengembalikan file atau data yang terhapus dengan menggunakan perangkat lunak Recuva. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mendownload Recuva pada situs resminya

https://www.piriform.com/recuva

Hindari mengambil / mengunduh perangkat lunak gratis dari situs web yang tidak resmi, karena ada kemungkinan file yang anda download telah tersisipi / disisipi malware. Meskipun ada versi Pro berbayar, anda bisa cukup menggunakan versi gratisnya saja. Pilih versi gratis (klik tombol Download Free Version, lalu klik Free Download, terakhir klik Download from : Piriform.com). File dengan nama rcsetup135.exe (135 merupakan versi perangkat lunak) akan segera di download, ukurannya tidak terlalu besar, sekitar 5.3MB.
Proses download selesai, silahkan install perangkat lunak Recuva pada komputer, ikuti proses installasi sesuai instruksi. Setelah proses installasi Recuva selesai, langkah selanjutnya adalah tancapkan flashdisk, buka Recuva, kemudian lakukan scan file yang terhapus di flashdisk anda tersebut.

Di awal proses anda Recuva akan menampilkan wizard klik Next. Pada tampilan berikutnya, anda dapat menentukan jenis file apa yang ingin anda coba untuk di kembalikan, terdapat pilihan All Files, Pictures, Music, Documents, Video, atau File Compressed (.zip, .rar).

Jika anda yakin jenis file apa yang terhapus dan ingin mengembalikannya, pilih salah satu (misalnya Documents untuk mengembalikan file jenis dokumen), namun jika anda tidak yakin pilih All Files saja, kemudian klik Next. Pada tampilan berikutnya, anda dapat menentukan lokasi file yang terhapus, terdapat pilihan I'm not sure, On my media card or iPod, In My Documents, In the Recycle Bin, In a specific location, atau On a CD / DVD.

Karena pembahasan kita mengenai cara mengembalikan data yang hilang dari flashdisk, maka pilih In a spesific location kemudian Browse ke drive flashdisk anda, lalau klik OK, selanjutnya klik Next. Pada tampilan berikutnya, anda dapat mengaktifkan fitur Deep Scan, namun mengaktifkan fitur tersebut akan membuat waktu yang dibutuhkan untuk "scanning" semakin lama, jadi untuk saat ini fitur tersebut kita abaikan dulu, selanjutnya klik Start untuk memulai proses scanning.

Hasil scanning akan disajikan dalam sebuah tabel. Beberapa detail yang perlu anda perhatikan adalah warna bulatan yang berada di samping nama file, Filename, dan State. Jika warna bulatan hijau dengan state Excellent, maka bisa dipastikan file yang terhapus di flashdisk tersebut bisa kamu kembalikan lagi. Namun jika warna bulatan merah dengan state Unrecoverable, maka bisa dipastikan file tersebut tidak bisa dikembalikan lagi. Sedangkan jika warna bulatan orange dengan state Poor, maka bisa dikembalikan tetapi ada kemungkinan file corrupt. Klik checkbox pada file yang ingin anda kembalikan.

Kemudian klik Recover (tombol di sudut kanan bawah). Setelah itu tentukan lokasi untuk menyimpan file tersebut, misalnya My Documents, lalu klik OK. Buka My Documents untuk melihat file yang telah di recover tersebut.

Demikian tutorial tentang cara mengembalikan file atau data yang terhapus di flashdisk. Silahkan pilih salah satu aplikasi di atas atau anda juga bisa mencoba keduanya sebagai pengalaman. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......