Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus

|
Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus - Flashdisk merupakan media penyimpanan yang paling populer dijaman tekhologi canggih saat ini. Dengan bentuknya yang mungil, membuat flashdisk mudah dibawa kemana-mana dan menjadi media penyimpanan untuk saling bertukar data. Sehingga bisa dikatakan hampir semua orang kantoran dan sekolah memiliki perangkat ini untuk menyimpan berbagai file seperti dokumen Word, aplikasi, atau bahkan file media seperti audio dan video.

Dibalik kemudahan dan kepraktisan perangkat penyimpanan ini, membuatnya rawan sekali terkena virus. Semakin sering pengguna menggunakan flashdisk pada komputer lain selain komputer pengguna itu sendiri, tentu saja akan semakin mudah flashdisk tersebut akan terinfeksi oleh virus. Walaupun pengguna sendiri sudah yakin dengan kekebalan Anti Virus pada PC/Laptop sendiri.

Bagaiman melindungi atau memproteksi flashdisk dari virus?
Nah.. Melalui artikel kali ini, saya akan share beberapa tekhnik yang bisa anda aplikasikan ke perangkat media penyimpanan (flashdisk) anda.

Melindungi Flashdisk tanpa Software
Membuat Folder autorun.inf
Cara kerja virus hingga bisa masuk ke USB drive adalah virus secara otomatis akan membuat folder yang bernama autorun.inf. Ketika flashdisk dicolokkan ke USB komputer/laptop yang sedang terkangkit virus maka dengan sendirinya akan menularkan penyakit ke flashdisk. Induk virus secara otomatis akan tinggal didalam folder autorun.inf pada flashdisk yang selanjutnya akan menyebarkan penyakit ke Windows PC/laptop lain. Berikut cara melindungi USB drive (flashdisk) dari virus tanpa software. Disini anda hanya akan memanfaatkan Sistem Operasi Windows pada komputer untuk prosesnya.

Catatan : Sebelum ke langkah-langkahnya, pastikan komputer yang akan digunakan bersih dari virus.

1. Colokkan flashdisk ke USB komputer dan pastikan flashdisk juga sudah bersih dari virus. Anda bisa scan terlebih dahulu perangkat flashdisk anda menggunakan anti virus yang sudah up to date.
2. Buat folder didalam flashdisk dengan cara, klik kanan pada layar kerja >> pilih New >> Terakhir pilih dan klik Folder.

Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software - Computer

3. Beri nama folder dengan nama autorun.inf

Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software - Computer

3. Buka folder (folder autorun.inf) kemudian buat file Notepad dengan cara klik kanan pada layar kerja kemudian >> pilih New >> kemudian pilih Text Document. Dengan nama default New Text Document.

Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software - Computer

4. Ganti nama file notepad tersebut dengan huruf-huruf unik.Untuk membuat huruf-huruf unik ini anda bisa memanfaatkan program Character Map sebuah aplikasi bawaan Windows.
5. Klik Start Menu >> All Programs >> pilih Accessories >> pilih System Tools >> terakhir pilih Character Map.
6. Buat huruf-huruf unik dengan Fonts yang berakhiran Unicode dengan klik dua kali, misal jenis font yang digunakan Arial Unicode MS.

Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software - Computer

7. Kemudian copy paste huruf-huruf unik tersebut ke nama file Notepad (rename).

Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software - Computer

8. Flashdisk siap digunakan.

Sekarang didalam flashdisk Anda sudah terdapat folder baru dengan nama autorun.inf dan didalam folder tersebut juga sudah tersimpan file Notepad dengan nama unik. Biarkan kosong file Notepad tersebut dan untuk data-data penting yang anda miliki, anda bisa menyimpannya dengan aman diluar folder autorun.inf.
Virus yang membuat folder otomatis dengan nama autorun.inf kini tidak akan bisa membuatnya lagi, karena didalam flashdisk sudah terdapat folder autorun.inf. Virus tersebut juga tidak bisa masuk kedalam folder autorun.inf karena didalamnya terdapat file dengan nama yang unik. Virus tidak akan bisa menghapus atau mengganti folder autorun.inf tersebut karena folder yang kita buat akan memblokir setiap virus yang masuk.

Baca juga : Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Melindungi Flashdisk dengan Software
Proteksi Flashdisk dengan Anti Virus Smadav
Anti Virus Smadav merupakan perangkat lunak anti virus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menyebar di Indonesia. Anti virus ini memiliki versi gratis dan berbayar setelah sebelumnya sempat berupa perangkat lunak derma. Smadav dibuat oleh seorang siswa kelas XI negeri 2 palangkaraya, Kalimantan Tengah bernama Zainuddin Nafarin pada tahun 2006, sekaligus sebagai tahun rilis perdananya. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi ini adalah Visual Basic.
Smadav memiliki banyak fitur-fitur yang yang berguna untuk proteksi keamanan PC / Laptop, salah satunya adalah Smad-Lock (Pengebalan / Immunize). Smad-Lock merupakan folder yang berfungsi untuk mengamankan file dalam alat penyimpanan data dari serangan virus.
Selain digunakan pada komputer, smad-lock ini juga bisa digunakan untuk pengebalan perangkat media penyimpanan flasdisk.

Untk membuat flashdisk aman dari virus dengan menggunakan smad-lock, caranya cukup mudah sekali. Syarat yang paling utama tentu saja, komputer anda sudah terinstall anti virus smadav. Jika belum, silahkan anda ambil anti virus smadav pada situs resminya, lalu install pada komputer.
Saya anggap komputer anda sudah terinstall smadav. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut.
1. Masukkan atau colokkan flashdisk ke USB PC / Laptop.
2. Buka anti virus Smadav.
3. Pilih menu Tool.
4. Pilih tab Smad-Lock (Immunize) dan beri checklist atau centang pada drive usb flashdisk anda kemudian klik tombol Lock.

Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus dengan Software - Computer

5. Cek pada directory flashdisk anda, apakah sudah muncul sebuah folder dengan nama " Δ Smad-Lock (Brankas Smadav) Δ ".

Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus dengan Software - Computer

6. Dengan munculnya folder tersebut menunjukkan flashdisk anda sudah terproteksi oleh Smadav.

Catatan:

  • Tidak boleh mengubah atau me-rename nama folder tersebut.
  • Folder ini dapat diisi dengan file office berjenis DOC, XLS, PPT, dan semua file office sejenisnya. file-file yang ada di dalam folder ini hanya dapat dibuka oleh semua program buatan Microsoft dan beberapa program tertentu lainnya.
  • Selain menyimpan dokumen office, anda juga dapat mengisinya ke dalam folder ini, tapi jika file itu gagal dibuka dari dalam folder ini, itu artinya jenis file tersebut memang tidak bisa dibuka langsung dari dalam folder Δ Smad-Lock (Brankas Smadav) Δ, Untuk membukanya, anda dapat memindahkan file tersebut keluar folder ini terlebih dahulu sebelum membukanya.
  • Folder Δ Smad-Lock (Brankas Smadav) Δ ini adalah folder teraman dari infeksi virus karena virus hampir tidak mungkin dapat memasuki folder ini. Jadi, semua file yang anda taruh dalam folder ini sangat aman dari infeksi virus.
Itulah dua cara yang bisa anda lakukan untuk melindungi perangkat USB Drive anda dari virus.
Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara melindungi atau memproteksi flashdisk dari virus. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......