Mengatasi Microsoft Excel Tidak Bisa Mendeteksi Printer

|
Mengatasi Microsoft Excel Tidak Bisa Mendeteksi Printer - Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS (wikipedia). Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System. Microsoft Excel berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah. Microsoft Excel telah menjadi software pengolah data / angka terbaik di dunia.

Namun, pernahkah anda mengalami ketika mengerjakan suatu pekerjaan menggunakan Microsoft Excel dan hendak melakukan print, Printer tidak terdeteksi? Sudah banyak pengguna yang mengalami masalah tersebut. Dimana printer sudah disetting mengikuti langkah-langkah yang benar. Saat printer digunakan untuk test print file Doc dari Microsoft Word tidak ada masalah, tetapi ketika printer tersebut digunakan untuk print file Excel ternyata tidak bisa karena printer tidak terdeteksi.

Setelah menemui masalah ini, anda langsung melakukan pengecekan terhadap hardware meliputi kabel USB, kabel power, printer dan software meliputi driver dari printer tersebut. Disitu anda menemui semuanya baik-baik saja dan tentu saja hal ini membuat anda menjadi bingung. Anda tidak perlu bingung dan khawatir, karena ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan dengan mudah untuk mengatasi masalah ini. Disamping itu disini anda tidak perlu melakukan install ulang terhadap driver printer maupun isntall ulang OS Windows.

Baca juga :

Cara Mengatasi Aplikasi Microsoft Excel Tidak Bisa Mendeteksi Printer Ketika Melakukan Print

Untuk langkah awal, silahkan buka menu Run dengan menekan logo Windows+R pada keyboard. Setelah terbuka silahkan ketikkan regedit kemudian Enter. Maka tampilan User Account Control akan menanyakan kelanjutan prosesnya, apakah mau dilanjutkan atau tidak, untuk melanjutkan silahkan pilih dan tekan tombol Yes.
Selanjutnya anda akan dihadapkan pada jendela halaman Registry Editor seperti gambar berikut.

HARMANSYAH BLOG

Silahkan pilih menu HKEY_CURRENT_USER > Software > Microsoft > WindowsNT > CurrentVersion > Windows sehingga menjadi seperti berikut.
Computer\HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\WindowsNT\CurrentVersion\Windows

HARMANSYAH BLOG

Alihkan pandangan anda ke panel sebelah kanan. Cari tulisan Device, yang apabila anda double kik maka akan tampil jendela kecil Edit String yang berisi tipe printer yang anda set default sebelumnya pada bagian Value data.

HARMANSYAH BLOG

Klik kanan pada Device, kemudian pilih Delete.

HARMANSYAH BLOG

Terkadang untuk menghapus atau men-delete suatu field pada registry anda tidak bisa langsung melakukannya karena anda harus memiliki hak Full Control untuk bisa menghapus field tersebut. Caranya drop field Device agar terpilih, kemudian klik Edit pada jendela Registry Editor, lalu pilih Permissions...

HARMANSYAH BLOG

Setelah tampil jendela Permissions for Windows, pada bagian Permissions for RESTRICTED pilih Full Control dan beri checklist, lalu klik tombol Apply kemudian tekan tombol OK.

HARMANSYAH BLOG

Kembali ke field Device, klik kanan kemudian pilih Delete. Terakhir Restart komputer anda agar hasil lebih maksimal.

Selain untuk mengatasi  Ms Excel yang tidak bisa mendeteksi printer saat melakukan print, langkah-langkah di atas juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah printer yang tidak bisa disetting default dengan kode error " Error 0x00000709:Can’t Set Default Printer " dan juga juga berlaku untuk pengguna yang tidak bisa melakukan print di PDF. Dimana nama printer tak mau muncul atau terdeteksi dalam daftar saat melakukan print. Ketika hendak melakukan print di PDF, yang tampil pada bagian Printer opsi Name hanya Fax, Sent To OneNote 2007, dan Microsoft XPS Document Writer seperti pada Ms Excel.

Bagaimana sobat? cukup mudah bukan?
Demikian tutorial sederhana mengenai cara mengatasi Microsoft Excel tidak bisa mendeteksi printer saat akan melakukan print. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......