Cara Defragment pada Windows 7

|
Cara Defrag atau Defragment Hard disk pada Komputer Windows 7 - Defrag atau Defragmentasi adalah sebuah proses untuk mengatur, menyusun, atau merapikan kembali data yang mengalami Fragmentasi internal di dalam sebuah hard disk. Berkas atau data bisa dibilang mengalami Fragmentasi apabila sebuah berkas atau data tidak menempati ruangan yang saling berdekatan dalam penyimpanan fisik. Fragmentasi dapat menyebabkan subsistem media penyimpanan melakukan operasi pencarian data yang lebih banyak, sehingga dengan kata lain berkas atau data yang mengalami Fragmentasi dapat memperlambat kerja sistem, khususnya pada saat melakukan operasi yang berkaitan dengan media penyimpanan.

Untuk lebih jelasnya, berikut kondisi dimana Fragmentasi dapat terjadi pada berkas atau data yang ada di dalam hard disk komputer.
  • Pada saat pengguna membuat berkas, partisi di mana pengguna hendak menyimpan berkas tersebut tidak memiliki unit alokasi yang saling berdekatan yang cukup besar untuk menyimpan berkas yang bersangkutan. Sistem berkas akan memecah berkas tersebut ke dalam beberapa fragmen (yang setiap fragmennya berukuran sama dengan ukuran unit alokasi), sebelum disimpan dalam media penyimpanan.
  • Pada saat pengguna menyunting berkas, berkas tersebut ternyata "membengkak" melebihi unit alokasi yang sebelumnya dialokasikan oleh sistem berkas terhadap berkas yang bersangkutan. Ketika sebuah berkas menghabiskan semua unit alokasi yang telah dialokasikan, maka sistem berkas akan mengalokasikan tambahan unit alokasi yang didapat dari unit alokasi yang belum dialokasikan (masih bebas), di lokasi yang kadang berdekatan, atau kadang-kadang berjauhan. Pada saat lokasi yang dialokasikan sistem berkas saling berjauhan, maka dapat dikatakan bahwa berkas tersebut terfragmentasi, karena berkas disimpan dalam beberapa fragmen yang tidak disusun secara berdekatan.
Oleh karena itu diperlukan sebuah tool yang berfungsi untuk men-defrag berkas atau data yang ada di dalam hard disk. Untungnya Windows sendiri sudah menyediakan sebuah tool pada sistemnya untuk melakukan defrag pada berkas atau data di dalam hard disk, bernama Disk Defragmenter. Dengan melakukan defragmentasi terhadap hard disk bisa mengoptimalkan kinerja komputer anda, bisa lebih baik lagi. Cara menggunakan tool bawaan Windows ini pun sangat mudah. Pada Windows 7, anda dapat men-defrag hard disk komputer secara manual setiap saat, atau mengatur jadwal defrag secara teratur menggunakan Disk Defragmenter.

Baca juga : Cara Mempercepat Kinerja Windows 7

Cara Defragment pada Windows 7

Membuka jendela Disk Defragmenter dengan cara :
1. Klik tombol Start (logo Windows) pada komputer Windows 7 anda, kemudian ketik "Disk Defragmenter" pada kotak Search lalu tekan Enter pada keyboard.
2. atau Klik Start Menu (logo Windows) >> All Programs >> Accessories >> System Tools >> kemudian pilih dan klik Disk Defragmenter.
3. atau Buka Windows explorer, klik kanan pada harddrive yang ingin di Defrag >> pilih Properties >> pilih tab Tools >> kemudian klik tombol Defragment now...

Setelah jendela Disk Defragmenter terbuka seperti gambar di bawah ini akan terlihat daftar Disk yang ada pada komputer. Beri tanda salah satu Disk yang ingin di Defrag, misalkan pada contoh ini saya akan men-Defrag Disk D, kemudian setelah itu klik tombol Defragment disk.

HARMANSYAH BLOG


Gambar dibawah ini menunjukkan proses Defragment yang sedang berlangsung. Silahkan tunggu hingga proses Defragment selesai. Lama tidaknya proses tersebut tergantung dari kapasitas hard disk yang ada pada komputer. Apabila sudah selesai, silahkan klik tombol Close untuk menutup jendela Disk Defragmenter.

HARMANSYAH BLOG


Mengatur Jadwal Disk Defragmenter

Sembari menunggu proses Defrag yang sedang berjalan yang cukup memakan waktu, anda bisa membuat pengaturan jadwal Defrag secara berkala yang akan berjalan secara otomatis sesuai dengan aturan jadwal yang sudah anda buat. Jadi anda tidak perlu lagi repot melakukan Defrag ke hard disk komputer anda secara manual. Berikut langkah-langkahnya.

Pada jendela Disk Defragmenter, bagian Schedule silahkan klik tombol Configure schedule... sehingga keluar jendela Disk Defragmenter : Modify Schedule seperti gambar di bawah ini. Silahkan atur jadwal Defrag sesuai keinginan anda.

HARMANSYAH BLOG


Penjelasan :
Frequency : Silahkan pilih, apakah proses Defrag akan berjalan secara otomatis dengan mode Daily (setiap hari), Weekly (setiap minggu), atau Monthly (setiap bulan).
Day : Silahkan pilih hari apa proses Defrag akan berjalan secara otomatis
Time : Silahkan pilih jam atau waktu berapa proses Defrag akan berjalan secara otomatis. Pastikan untuk memilih jam atau waktu komputer selalu dalam kondisi hidup.
Disks : Silahkan beri tanda checklist pada disk yang akan di defrag secara otomatis. Apabila anda ingin melakukan Defrag secara otomatis pada disk baru, silahkan beri tanda checklist pada pilihan Automatically defragment new disk.

Jangan lupa untuk memastikan pada pilihan Run on a schedule (recommended) sudah tercentang atau belum. Setelah semuanya sudah sesuai dengan keinginan silahkan klik tombol OK, kemudian Close untuk menyimpan preferensi Disk Defragmenter anda. Komputer anda akan di-defrag secara teratur di hari dan waktu yang anda pilih dalam jadwal tersebut. Pada bagian Schedule akan terlihat jadwal yang anda atur pada jendela Modify Schedule.

HARMANSYAH BLOG


Catatan :
  • Sebelum melakukan defrag secara manual, periksa jadwal yang ada pada jendela utama Disk Defragmenter untuk melihat apakah komputer anda sudah di-defrag atau belum. Jadwal tersebut akan menampilkan waktu dan tanggal ketika proses defrag terbaru dijalankan.
  • Apabila anda menggunakan komputer di tempat kerja atau di jaringan publik, anda mungkin memerlukan kata sandi administrator untuk menjalankan Disk Defragmenter di Windows 7.
  • Klik Analyze Disk di dalam jendela utama Disk Defragmenter sebelum menjalankan defrag secara manual. Proses Analyze Disk akan memberitahu apakah komputer anda perlu di-defrag di waktu tertentu atau tidak.
  • Atur jadwal proses defrag secara otomatis ketika komputer anda dalam keadaan hidup, tetapi tidak digunakan, seperti selama istirahat makan siang atau menjelang berakhirnya jam kerja anda. Ini akan mencegah Disk Defragmenter memperlambat komputer atau mengonsumsi CPU ketika anda masih menggunakannya.
Dengan melakukan Defragment pada berkas atau data yang di dalam hard disk komputer menggunakan tool bawaan Windows, maka selain untuk mempercepat kerja sistem juga untuk menjaga stabilitas dan menghindarkan hard disk dari bad sector yang buruk bagi komputer.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara defragment berkas atau data pada hard disk komputer Windows 7. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......