Cara Mengganti Profil Google+ ke Profil Blogger Terkait Penghentian Google+

|
Cara Mengganti Profil Google+ ke Profil Blogger Terkait Penghentian Google+ - Google+ atau Google Plus merupakan salah satu media sosial untuk brinteraksi dengan sesama pengguna blogger, Google Plus, dan produk lain yang terkait dengan Google Plus, seperti halnya mdeia sosial lainnya seperti Twitter, Facebook, Instagram dan lain-lain.

Namun baru-baru ini saya mendapatkan sebuah notice atau peringatan dari Google yang muncul di beranda Blogger (Blogspot) berisi tentang penghentian atau penutupan salah satu produk yang dimiliki Google yakni Google+ yang akan dilakukan pada April 2019. Oleh karena itu profil Google+ sudah tidak bisa di akses atau digunakan lagi dan semua layanan yang berhubungan dengan Google Plus akan hilang seperti Komunitas Google+ dan Follower Google+ juga akan hilang. Penutupan ini dilakukan karena minimnya pengguna Google Plus dibandingkan dengan media sosial lain serta tantangan dalam mempertahankan produk dalam memenuhi ekspektasi konsumen.

Baca juga :


Berikut peringatan yang muncul pada beranda Blogger terkait penghentian salah satu produk Google yakni Google Plus.

HARMANSYAH BLOG


Lalu Apa Dampak Penghentian Google Plus ini pada Blog Blogspot atau Blogger?

Sebenarnya tidak ada dampak yang cukup signifikan yang akan terjadi pada blog Blogspot, selama di dalam kode template blog yang digunakan tidak terpasang link vcard author yang otomatis menampilkan penulis blog. Vcard author ini biasanya terpasang pada bagian judul artikel dan di akhir artikel blog. Namun berbeda jika didalam kode template blog sudah terpasang tag vcard auhtor, maka akan membuat struktur kode HTML blog akan terpengaruh yaitu akan memunculkan link tidak valid pada link vcard author tersebut. Link vcard author ini terhubung ke profil Google+ atau profil Blogger, jika link profil ini tidak bisa di akses maka akan ada error karena halaman tersebut sudah hilang karena imbas dari penutupan produk Google ini. Selain itu, karena di Blogger terdapat pengaturan profil yang menggunakan akun Google+, beberapa widget yang terkait Google+, dan sistem komentar yang terintegrasi dengan Google+ otomatis semua komentar akan terhapus dan tidak bisa dipindahkan ke sistem komentar Blogger. Apabila link VCard author tidak dapat diakses serta komentar blog yang menggunakan Google Plus akan hilang, maka segeralah untuk mengalihkan pengturan profil blog, yakni dari profil Google Plus ke profil Blogger. Silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Mengalihkan Profil Google Plus atau Google+ ke Profil Blogger

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah silahkan masuk ke akun Blogger anda. Kemudian menuju ke menu Setelan atau Setting, lalu pilih menu Setelan Pengguna pada menu drop down. Alihkan pandangan anda ke bilah sebelah kanan, di bagian menu Umum (General) pada pilihan Profil Pengguna, silahkan pilih Blogger dan klik tombol Simpan setelan yang terletak di pojok kanan atas.

HARMANSYAH BLOG


Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman seperti gambar di bawah ini, silahkan klik tombol Alihkan ke profil Blogger.

HARMANSYAH BLOG


Pada halaman Selamat datang di Blogger, ketikkan Nama Tampilan yang akan tampil pada profil Blogger dan Blog anda sesuai dengan keinginan anda. Kemudian klik tombol Lanjutkan ke Blogger.

HARMANSYAH BLOG


Sampai disini anda sudah berhasil mengalihkan profil yang anda gunakan pada Blog, yakni dari profil Google Plus ke profil Blogger. Untuk hasilnya bisa anda lihat sendiri pada blog. Setelah nerhasil mengalihkan profil blog, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengedit pengaturan pofil Blogger. Untuk mengedit pengaturan profil Blogger, silahkan anda kembali lagi ke menu Setelan pengguna. Pada pilihan Profil Pengguna, klik tulisan Edit yang letaknya tepat di bawah pilihan Blogger, seperti gambar berikut.

HARMANSYAH BLOG


Setelahnya anda akan dibawa ke halaman seperti gambar berikut. Silahkan ubah dan isi data-data yang diperlukan sesuai dengan keinginan anda. Untuk pilihan checklist dalam hal ini saya tidak memberikan checklist pada pilihan Tampilkan alamat email saya dan Perlihatkan situs yang kuikuti. Jangan lupa, setiap melakukan perubahan pada pengaturan profil Blogger tidak lupa untuk menekan tombol Simpan Profil, agar perubahan yang anda lakukan bisa langsung tersimpan.

HARMANSYAH BLOG


Untuk melihat hasil perubahan yang anda lakukan, silahkan klik Lihat Profil yang Telah Diperbarui, seperti gambar berikut.

HARMANSYAH BLOG


Anda akan dibawa ke halaman profil Blogger anda, seperti profil Blogger saya berikut ini.

HARMANSYAH BLOG


Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menghapus widget serta link-link yang terkait dengan Google+ atau Google Plus yang pernah anda pasang pada Blog, seperti Lencana Google+, tombol share Google+ dan lain sebagainya.

Semoga dengan dihentikannya media sosial Gogle Plus ini, pihak Google akan menciptakan media sosial baru yang lebih baik dan bisa bersaing dengan media sosial lain.
Demikian informasi tentang penghentian layanan Google+ dan cara mengalihkan profil Google+ ke profil Blogger. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

7 komentar:

Ipit Kalamintoena said...

keren gan..
Info penting nih

Harmansyah said...

@Ipit Kalamintoena, semoga bermanfaat sobat

Himawan Sant said...

Sangat bermanfaat artikelnya.
Kulihat masih banyak blogger diluaran sana yang masih pada gunakan G+, belum dipindah setting ke profil pengguna Blogger.
Post ini jadi membantu mereka-mereka yang masih belum paham cara penyettingannya yang benar.

Harmansyah said...

@Himawan Sant, Iya mas hima banyak yang saya lihat masih menggunakan Google+, mungkin karena mereka sudah memiliki banyak follower hingga belum rela untuk pindah profil. Alhamdulillah semoga benar-benar membantu

Himawan Sant said...

Ngga rela dan ngga kuu... kuuu ...mereka di sai gudbai sama G+ hihihi ...

Karena G+ media sharing artikel bakalan diwafatkan, mau ngga mau harus rajin BeWe, eh bukan PeWe loh ya ...kkwwkkk ...
Kalau ngga BeWe, grafik akan turun lunglai ;)

Harmansyah said...

@Himawan Sant, haha iya benar mas hima harus rajin-rajin BeWe

Monita Saki said...

mantap nih artikelnya kak sangat membantu dan bermanfaat sekali hehehe.
btw, jangan lupa kunjungi balik blog aku yah.

di : www.monitasaki.com

belajar ngeblog dari gak bisa sampai bisa :)

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......