Cara Mengetahui dan Memperbaiki Link Rusak atau Broken Link di Blog

|
Cara Mengetahui ( Cek ) dan Memperbaiki Link Rusak atau Broken Link di Blog - Link rusak atau Broken link merupakan link yang terdapat pada suatu blog atau website yang ketika link tersebut diklik akan menampilkan pesan Error 404 atau Problem Loading Page.

Penyebab terjadinya link rusak atau broken link biasanya karena halaman tautan yang dituju telah dihapus oleh si pembuat link, kesalahan dalam penulisan URL, atau dalam kasus lain link yang disematkan dalam kotak komentar sudah tidak aktif lagi.

Broken link apabila dibiarkan akan mengganggu pengalaman pembaca diblog hingga merusak citra blog serta mempengaruhi peforma blog dan nilai dari SEO Blog itu sendiri. SEO Blog sangat penting dan dibutuhkan bagi blog, karena dengan search engine optimization (SEO) yang baik dapat mempengaruhi rangking blog di SERP.
Mengatasi link rusak di blog / web sangat mudah anda cukup mencarinya dengan tools online yang telah tersedia secara gratis diinternet. Dengan menggunakan tools tersebut anda dapat mengetahui berapa banyak jumlah broken link di blog dan mengetahui dimana letak link rusak tersebut.
Selanjutnya anda tinggal memperbaiki link rusak tersebut atau menghapus link jika link yang tersemat sudah tidak aktif. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Mengetahui Link yang Rusak

1. Kunjungi situs https://www.brokenlinkcheck.com/ dan masukkan alamat url blog / website seperti gambar berikut.

Cara Mengetahui dan Memperbaiki Link Rusak atau Broken Link di Blog

2. Klik tombol Find broken links.
3. Anda akan diarahkan ke halaman seperti gambar berikut. Silahkan isi Security code yang tampil disamping kanan kotak, kemudian tekan tombol Find broken links now. Tunggu hingga proses pencarian selesai. Lama tidaknya tergantung banyak link yang terdapat di blog.

Cara Mengetahui dan Memperbaiki Link Rusak atau Broken Link di Blog

4. Jika proses sudah selesai, maka akan tampil beberapa link yang rusak di blog anda (jika diblog terdapat link rusak), untuk tampilannya kurang lebih seperti berikut.

Cara Mengetahui dan Memperbaiki Link Rusak atau Broken Link di Blog

Dalam gambar diatas terdapat satu link rusak, dan untuk memperbaiki cukup mudah, silahkan ikuti langkah selanjutnya.

Cara Memperbaiki Broken Link di Blog

1. Didalam tabel pada kolom Broken link terdapat url alamat link yang rusak pada blog.
2. Untuk mengetahui lebih detail dimana letak link yang rusak tersebut, silahkan klik tulisan Src pada kolom Page where found.
3. Anda akan diarahkan pada tampilan seperti gambar berikut.

Cara Mengetahui dan Memperbaiki Link Rusak atau Broken Link di Blog

4. Apabila anda ingin mengetahui d ihalaman mana letak link rusak tersebut, anda tinggal klik tulisan Url pada kolom Page where found. maka anda akan di arahkan ke halaman yang terdapat link/url rusak tersebut.

Memperbaiki broken link yang ada pada blog / website tergantung dari kerusakkan link tersebut. Apabila broken link terjadi karena kesalahan penulisan, silahkan diperbaiki dan apabila broken link terjadi karena halaman url terssebut sudah dihapus atau tidak aktif baik itu didalam artikel atau kolom komentar, silahkan dihapus.

Baca juga : Cara Menghapus URL Crawl Error di Google Search Console Webmaster Tools


Dengan memperbaiki broken link atau link rusak yang ada pada blog, maka sama halnya dengan seseorang yang memperbaiki nama baiknya di hadapan masyarakat yang dahulu pernah kotor atau rusak karena kelakuannya sendiri. Begitu juga dengan blog, ketika pengunjung melakukan klik pada salah satu link yang terdapat di dalam artikel yang ternyata membawa pengunjung ke halaman kosong atau error 404. Karena hal ini akan mengakibatkan citra blog atau website anda juga menjadi rusak sesuai dengan link rusak pada artikel blog. Jadi harus segera diperbaiki untuk membersihkan citra blog atau website. (opini)

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana mengetahui dan memperbaiki jika terdapat broken link di blog. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

1 komentar:

Adi Pradana said...

Musti rutin cek bronken link biar bersih blognya....

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......