Cara Menghapus URL Crawl Error di Google Search Console Webmaster Tools

|
Cara Menghapus URL Crawl Error pada Blog di Search Console Google Webmaster Tools - Crawling merupakan Cara Googlebot menemukan halaman yang diperbaharui dan akan menambahkannya ke indeks Google. Proses penjelajahan dimulai dengan sebuah daftar URL halaman web, yang dihasilkan dari proses berdasarkan perayapan sebelumnya ( indeks ), dan ditambah dengan Sitemap data yang diberikan oleh google webmaster tools. Googlebot akan melihat isi website tersebut, mendeteksi link pada setiap halaman dan menambahkannya ke dalam daftar perayapan halaman ( indeks ) . Situs baru, dan perubahan pada situs yang ada, dan link mati dicatat dan digunakan untuk memperbaharui indeks Google. Sedang Crawl error adalah link yang menuju sumber tidak valid atau mati dengan ditandai tulisan page not found 404 di dalam blog atau website.

Apa penyebab Crawl Error ?
Penyebab paling umum crawl error adalah ketika pengguna menghapus salah satu atau dua artikel yang sudah dipublish dan telah terindeks oleh mesin pencari google. Ketika seorang browser mengklik link anda pada daftar hasil pencarian google ( yang sudah anda hapus pada blog) maka Mesin Pencari Google akan mengindeks link error dan akan muncul halaman yang bertulisan Crawl Error 404 Not Found, artinya URL yang diminta tidak ditemukan. Apabila crawl error terjadi pada kotak komentar penyebabnya adalah ketika ada pengunjung yang meninggalkan link artikelnya di blog Anda dan artikel tersebut dihapus oleh pemiliknya maka muncul peringatan Url Not Found (tidak ditemukan).
Keberadaan URL Error atau Crawl Error akan mempengaruhi jumlah index halaman blog di Search Engine Google. Selain itu, Pengunjung yang pernah meng-klik URL yang error tesebut juga akan merasa kecewa dan menyebabkan image blog menjadi kurang profesional di mata para pengunjung.

Bagaimana cara mengetahui adanya URL Error pada blog ?
Cara yang paling banyak dan sering dilakukan oleh para master blogger yakni dengan cara memantaunya melalui Google Search Console atau Google Webmaster Tools. Para pengguna bisa langsung mengetahui url atau link yang error di blog pada menu crawl error webmaster tools.

Bagaimana cara mengatasi ?
Ada dua cara untuk mengatasi URL Error atau Crawl Error, yaitu dengan cara menghapus URL link artikel blog yang Error tersebut pada google webmaster tools atau dengan cara men-redirect ke URL Link yang lain.
Untuk cara yang kedua dengan me-redirect url yang telah dihapus ke url yang lain, anda bisa melihat tutorialnya pada artikel berjudul Cara Mengalihkan atau Redirect Link Artikel Lama ke Link Artikel Baru di Blog. Sedangkan untuk cara yang pertama, silahkan anda ikuti dengan seksama langkah-langkah berikut.

Cara Menghapus URL Crawl Error di Google Search Console Webmaster Tools

1. Masuk ke Dashboard Google Webmaster.
2. Pilih dan klik blog yang ingin anda cek.
3. Pada menu sebelah kiri, klik Crawl/Perayapan >> klik Crawl Errors/Kesalahan Perayapan.

Crawl >> Crawl Errors - Google Search Console Webmaster Tools

4. Pada bagian sebelah kanan, akan terlihat beberapa url yang error pada blog seperti gambar berikut.

URL Crawl Error di Google Search Console Webmaster Tools

5. Apabila blog anda memiliki url crawl error yang cukup banyak, lebih baik anda mendownload semua url yang error tersebut dengan klik tombol download lalu pilih format .csv (bisa dibuka dengan Ms. Excel) agar anda tidak perlu bolak balik membuka link url error satu persatu untuk dihapus dari menu crawl ke menu google index.
6. Apabila memiliki url crawl error hanya 1 seperti gambar yang saya contohkan, anda tinggal langsung klik link url pada tabel tersebut untuk melihat lengkap url-nya seperti gambar berikut.

Cara Menghapus URL Crawl Error di Search Console Webmaster Tools

7. Silahkan anda copy link tersebut atau simpan sementara di notepad.
8. Kembali ke menu sebelah kiri, klik Google Index >> kemudian klik Remove URLs.

Google Index >> Remove URLs - Google Search Console Webmaster Tools

9. Pada bilah sebelah kanan, masukkan url yang akan dihapus mulai dari tulisan tahun, lalu klik Continue. Contoh :
2018/02/membuat-related-post-atau-artkel-terkait.html

Google Index >> Remove URLs - Google Search Console Webmaster Tools

10. Pada bagian Request type, silahkan pilih Temporarily hide page from search result and remove from chace. Kemudian klik tombol Submit Request.

Temporarily hide page from search result and remove from chace - Google Search Console Webmaster Tools

11. Maka akan muncul URL link yang anda hapus dengan status pending. URL Link tersebut akan hilang jika sudah dihapus oleh Google Robot.

Cara Menghapus URL Crawl Error di Search Console Webmaster Tools

12. Lakukan langkah point 9 dan point 10 untuk semua url error berikutnya satu persatu sampai habis (apabila anda memiliki url error yang cukup banyak).
13. Setelah semua selesai, silahkan anda kembali ke menu Crawl >> Crawl Errors. Beri centang pada url yang sudah dihapus, lalu tekan tombol MARK AS FIXED berwarna merah seperti gambar berikut.

MARK AS FIXED - Google Search Console Webmaster Tools


Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Demikian tutorial mengenai bagaimana menghapus url crawl error di google search console wenmaster tools. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......