Cara Mengalihkan atau Redirect Link Artikel Lama ke Link Artikel Baru di Blog

|
Cara Mengalihkan atau Redirect Link Artikel Lama ke Link Artikel Baru di Blog - Pengalihan URL dilakukan karena berbagai alasan: untuk pemendekan URL, untuk mencegah tautan yang rusak ketika halaman web dipindahkan, untuk mengizinkan beberapa nama domain milik pemilik yang sama untuk merujuk ke satu situs web, untuk memandu navigasi masuk dan keluar dari situs web, untuk perlindungan privasi, dan untuk tujuan yang tidak bersahabat seperti serangan phishing atau distribusi malware.

Karena beberapa alasan lain, seperti artikel lama di blog akan di hapus dan ingin menulis artikel baru di blog dengan topik dan isi yang sama atau alasan yang lain seperti ingin mengganti link URL artikel dengan link URL yang lain.

Cara Mengalihkan atau Redirect Link Artikel Lama ke Link Artikel Baru di Blog


Kronologinya begini... Anda sedang menulis sebuah artikel pada blog dengan judul "Aku Sayang Ibu" Namun ketika menulis judul artikel anda mengetik "Aku Sayag Ibu" tanpa huruf "n" secara otomatis url pada bagian tautan permanen akan bertuliskan.

/2018/06/aku-sayag-ibu.html
dan anda langsung mempublikasikan artikel tersebut tanpa mengecek ketikan judul artikel yang salah terlebih dahulu, sehingga artikel tersebut langsung terindex oleh google. Dengan rasa kecewa anda ingin memperbaiki judul artikel dan mengganti url pada bagian Tautan permanen agar sesuai dan terlihat sempurna. Mengganti URL artikel dengan URL yang baru tentu akan mengakibatkan page not found 404 di dalam blog ketika dikunjungi oleh pengunjung saat menemukan url artikel yang sudah diganti dengan url yang baru pada mesin pencarian google. Selain itu hal ini juga akan menimbulkan crawl error pada Google Search Console Webmaster Tools dan mempengaruhi kesehatan blog.

Bagaimana cara mengatasinya?
Selain menghapus URL Crawl Error pada Google search console webmaster tools agar hilang dari peredaran mesin pencari google, anda juga bisa mengalihkan atau meredirect url link yang anda hapus atau ganti ke url link yang baru.
Pengalihan URL, juga disebut penerusan URL, adalah teknik World Wide Web untuk membuat halaman web tersedia di bawah lebih dari satu alamat URL. Ketika browser web mencoba membuka URL yang telah dialihkan, halaman dengan URL yang berbedalah yang akan terbuka.
Cara ini juga berlaku untuk postingan yang muncul atau tampil di widget blog seperti Recent Posts maupun Related Posts. Berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke akun blogger.
2. Pilih menu Setting (Setelan/Pengaturan) >> Preferensi penelusuran (Search Preferences).

Setting - Setelan - Preferensi Penelusuran - Blogger

3. Alihkan pandangan anda ke bilah sebelah kanan pada bagian Pengalihan Khusus (Custem Redirect).

Kesalahan dan Pengalihan - Blogger

4. Klik Edit.
5. Silahkan isi dengan link artikel anda.
Contoh link URL artikel lama

https://harmansh.blogspot.com/2018/06/aku-sayag-ibu.html
Contoh link URL artikel baru

https://harmansh.blogspot.com/2018/06/aku-sayang-ibu.html
6. Pada kolom Dari atau From, silahkan isi dengan link URL artikel yang lama.

/2018/06/aku-sayag-ibu.html

Cara Mengalihkan atau Redirect Link Artikel Lama ke Link Artikel Baru di Blog

7. Pada kolom Ke atau To, silahkan isi dengan link URL artikel yang baru.

/2018/06/aku-sayang-ibu.html

Cara Mengalihkan atau Redirect Link Artikel Lama ke Link Artikel Baru di Blog

8. Beri cecklist pada pilihan Permanen, apabila anda ingin mengalihkannya secara permanen.
9. Klik Simpan.
10. Untuk menambahkan pengalihan baru, silahkan klik Pengalihan baru.
11. Untuk menghapus pengalihan agar kembali seperti semula, silahkan klik Hapus (Hal ini bisa dilakukan apabila pengalihan tersebut tidak dialihkan secara permanen).
12. Terakhir klik Simpan perubahan.

Selamat menocba dan semoga berhasil.
Demikian tutorial singkat mengenai bagaimana mengalihkan atau me-redirect link url artikel lama ke link url artikel baru di blogspot. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

2 komentar:

Himawan Sant said...

Ooo, jadi jika mengalami kesalahan pengetikan judul artikel tahapan cara meralatnya seperti itu,mas.
Terimakasih infonya,ya .. kujadiin bekal info kalau2 tanpa sengaja suatu saat ada kesalahan pengetikan judul suatu artikel.
Kebetulan selama ini hal begitu ngga pernah terjadi.

Harmansyah said...

@himawan sant, iya mas semoga ga pernah terjadi

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......