Cara Membuat Link Sumber Otomatis Saat Artikel di Copy Paste

|
Cara Membuat Link Sumber Otomatis Saat Artikel di Copy Paste - Blogger

Cara Membuat Link Sumber Otomatis Saat Artikel di Copy Paste ( Copas ) | HARMANSYAH BLOG - Link (juga hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.
Tujuan dibuatnya link adalah sebagai jalan pintas atau shortcut menuju halaman atau website lain. Link dapat berupa tulisan ataupun gambar. Cara mengenali link :


  • Pointer akan berubah menjadi sebuah tangan apabila diarahkan ke link, baik link berupa tulisan ataupun gambar.
  • Link berupa tulisan biasanya diberi warna yang terang dan berbeda dengan tulisan lainnya ataupun diberi garis bawah.


Ada beberapa macam-macam link, antara lain :

  • Interlink

Interlink (Internal Link) adalah tautan antar artikel dalam suatu website atau blog, baik artikel baru ataupun lama. Tujuannya agar mempermudah pengunjung dalam pencarian artikel.

  • External Link

External link adalah tautan yang menghubungkan sebuah website atau blog ke website atau blog lainnya. Selain untuk mempermudah pencarian, external link bagi blogger (pemilik blog) juga berfungsi memberi vote agar blog mereka sering dikunjungi sehingga menghasilkan PR (PageRank) yang tinggi. Untuk membuat seluruh link eksternal terbuka secara otomatis pada tab baru, silahkan baca artikel Membuat Semua Link External Menjadi Open In New Tab sebagai panduannya.

  • Broken Link

Broken link adalah sebuah tautan yang menghubungkan suatu website ke website atau URL yang tidak tersedia seperti halaman “Not Found” atau error 404 URL lainnya. Untuk mengatasi broken link anda bisa membaca artikel berjudul Cara Mengetahui dan Memperbaiki Link Rusak atau Broken Link di Blog sebagai panduannya.

Secara teknis , seorang blogger yang melakukan copy paste atau menyalin artikel dari blog tertentu untuk diposting kembali pada blog yang ia miliki, harus menyertakan link sumber pada artikel yang mereka buat. Namun masih banyak blogger yang mengabaikan hal ini. Bahkan walau ada blogger yang menyertakan link sumber, eh link yang diletakkan memiliki tujuan yang tidak jelas (link tujuan tidak sesuai dengan yang di maksud).

Nah.. cara yang perlu dilakukan oleh para blogger untuk meminimalisir terjadinya pencurian artikel blog adalah dengan membuat, menambahkan, atau memasang link sumber secara otomatis pada blog saat isi artikel di copy paste. Jadi ketika blogger lain meng-copy isi artikel pada blog, secara otomatis link dari artikel yang mereka ambil akan ikut ter-copy dan ikut menempel pada artkel yang mereka buat saat isi artikel yang mereka copy dipastekan atau ditempel.
Walaupun cara ini kurang efektif karena link sumber masih bisa dihapus, tetapi setidaknya dengan adanya link sumber otomatis ini bisa sedikit memberikan peringatan kepada pelaku copy paste konten tanpa menyertakan link sumber tersebut.

Disini anda hanya perlu menambahkan beberapa kode JavaScript kedalam kode template yang berfungsi ketika isi artikel anda dicopy lalu dipaste dimana saja, seperti di blog, media sosial, office, notepad, dan lain sebagainya secara otomatis akan menampilkan link artikel tersebut. Kode ini dapat bekerja di beberapa browser, antar lain : Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera Mini, UC Browser, dan Microsoft Edge. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Memasang Link Sumber Secara Otomatis di Blog

1. Masuk ke akun blogger
2. Pada menu blogger atau dashboard blogger, silahkan pilih menu Tema atau Template lalu klik Edit HTML
3. Temukan kode </body>, gunakan Ctrl+F pada keyboard untuk mempermudah pencarian
4. Jika sudah ketemu, silahkan copy paste salah satu kode JavaScript dibawah ini tepat diatas kode </body>

Kode 1

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Copy Text
function nocopas(){var e=window.getSelection();pagelink=" Read more : "+document.location.href,copytext=e+pagelink,newdiv=document.createElement("div"),newdiv.style.position="absolute",newdiv.style.left="-99999px",document.body.appendChild(newdiv),newdiv.innerHTML=copytext,e.selectAllChildren(newdiv),window.setTimeout(function(){document.body.removeChild(newdiv)},100)}document.addEventListener("copy",nocopas);
//]]>
</script>

Kode 2

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
!function(e,t){var n="getSelection",o="removeAllRanges",i="addRange",l="parentNode",a="firstChild",d="appendChild",r="removeChild",s="test",c="innerHTML";if(e[n]){var p,g,f,h,u,y;t.addEventListener("copy",function(C){for(g=C.target;3===g.nodeType;)g=g[l];if(h=t.createElement("div"),(p=e[n]())&&p.rangeCount&&(p=p.getRangeAt(0))&&(f=p.cloneRange(),p=p.cloneContents())){for(;u=p[a];)h[d](u);if(!/^(pre|code)$/i[s](g.nodeName||"")&&!/(^|\s)no-attribution(\s|$)/i[s](g.className||"")){var v=e.location.href;h[c]+="<br><br>&copy; "+t.title+'<br>Source: <a href="'+v+'">'+v+"</a>"}y=t.createRange(),t.body[d](h),y.selectNodeContents(h),p=e[n](),p[o](),p[i](y),setTimeout(function(){h[l][r](h),p[o](),p[i](f)})}},!1)}}(window,document);
//]]>
</script>

5. Terakhir klik Simpan Tema atau Save Template

Demikian tutorial sederhana bagaimana cara membuat link sumber otomatis pada blog. Semoga dengan anda memasang link sumber otomatis, para pelaku akan sadar dan menyertakan link sumber pada artikel yang mereka copy paste untuk diposting kembali. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

10 komentar:

Adi Pradana said...

Wah boleh nih script-nya buat watermark artikel blog kita barangkali ada yang copas tanpa mencantumkan sumber...

Harmansyah said...

@Adi Pradana, Silahkan sob

Anonymous said...

Betul juga sob bisa meminimalisir penurian konten. Saya enak nulis sendiri wkwk

Harmansyah said...

@Didi Wirawan, iya sob dan walau masih bisa di hapus setidaknya masih bisa memberi peringatan

Bang Day said...

Saya suka ini mas.... great idea. Trims yah

Bang Day said...

udah saya tes, bekerja dengan baik. Terima kasih terima kasih suhu

Harmansyah said...

@Bang Day, sama-sama bang... haha suhu dari hongkong :D

SiTi said...

Terimakasih kak...

Harmansyah said...

@Si Ti, sama -sama kakak

CodeFlare said...

Memang cara ini cukup lumayan untuk mengurangi kebiasaan pengunjung yang memiliki niat untuk copy-paste artikel, sayangnya scriptnya sudah tidak update gan, untuk script membuat sumber link otomatis yang terbaru dengan tambahan fitur keren bisa dilihat disini gan...

https://www.codeflare.net/2021/10/cara-membuat-sumber-link-otomatis.html

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......