Cara Submit Blog ke 50 Directory Search Engine

|
Cara Submit Blog ke 50 Directory Search Engine - Search engine atau mesin pencari merupakan sebuah sistem software atau sebuah aplikasi yang didesain dan disediakan oleh suatu badan komersial tertentu dan dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pengguna internet mencari berbagai informasi di internet. Berbagai informasi ini biasanya tersimpan dalam WWW (World Wide Web), FTP (File Transfer Protocol), atau mailing list yang berada dalam sebuah server. Secara sederhananya, berbagai informasi ini nantinya akan didapatkan dari berbagai situs web, blog, atau forum yang ada di internet. Jadi, ketika pengguna mencari sebuah informasi dengan keyword atau kata kunci tertentu, search engine akan bekerja untuk mengumpulkan informasi-informasi tersebut dan menampilkan yang paling berkualitas untuk penggunanya. Setiap search engine punya kriteria dan mesin tersendiri untuk menentukan mana situs web yang berkualitas terkait dengan keyword yang dicari. Hasil pencarian yang didapat dari search engine ini nantinya akan disebut sebagai SERP atau Search Engine Result Pages.

Nah submit blog ke banyak search engine merupakan salah satu cara yang dilakukan para blogger agar blog bisa dengan mudah ter-index pada mesin pencari. Anda mungkin sudah mengenal mesin pencari seperti Yahoo, Bing apalagi dengan mesin pencari Google yang hampir setiap saat diakses ketika anda ingin mencari informasi yang dibutuhkan.

Selain mesin pencari seperti yang disebutkan diatas, masih banyak search engine lain yang bisa dimanfaatkan untuk mensubmit url blog sebagai teknik SEO mendapatkan pengunjung dari mesin pencari yang lain, walau sebenarnya search engine ini tidak sebesar search engine seperti  google, bing, dan yahoo.
Mesin pencari (Search Engine) merupakan sebuah pijakan atau pondasi dari sebuah blog. Analogikanya begini anggap blog itu adalah sebuah meja, jika salah satu kaki meja rusak, maka tentu saja meja tersebut tidak akan bisa berdiri dengan sempurna. Begitu juga dengan blog, tidak adanya pijakan akan membuat blog tidak akan bisa berdiri dengan baik.
Maka dari itu bisa dikatakan mendaftarkan blog ke mesin pencari merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh para blogger. Coba bayangkan jika blog yang anda miliki didaftarkan ke banyak mesin pencari di internet.
Nah, pada artikel kali ini saya akan share sebuah tutorial sederhana, bagaimana cara submit blog ke banyak search engine sekaligus, tanpa anda harus repot mengakses situs mesin pencari dan mensubmit blog anda satu demi satu. Dalam hal ini saya akan menggunakan situs penyedia layanan FreeWebSubmission, walaupun sebenarnya banyak situs penyedia layanan yang kategorinya sama. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut dengan seksama.

1. Kunjungi situs https://www.freewebsubmission.com/ hingga tampil halaman seperti gambar berikut.

Cara Submit Blog ke 50 Directory Search Engine - Blogger

2. Scroll ke bagian paling bawah, sehingga terlihat tampilan seperti gambar berikut. Silahkan masukkan informasi data blog anda seperti URL blog atau Website URL (alamat blog), Name (nama blog), dan Email Adress (alamat email anda yang aktif) dan beri checklist atau centang I have read and agree to the terms lalu klik Submit Your Site.

Cara Submit Blog ke 50 Directory Search Engine - Blogger

3. Proses ini membutuhkan verifikasi email yang telah dikirim ke email anda.

Cara Submit Blog ke 50 Directory Search Engine - Blogger

4. Masuk ke email yang anda gunakan untuk mendaftar tadi. Cari pesan verifikasi dari FreeWebSubmission dan buka lalu klik url seperti gambar berikut.

Cara Submit Blog ke 50 Directory Search Engine - Blogger

5. Setelah meng-klik url anda akan dibawa kehalaman baru seperti gambar berikut. Silahkan klik tombol Submit Your Site.

Cara Submit Blog ke 50 Directory Search Engine - Blogger

Cara Submit Blog ke 50 Directory Search Engine - Blogger

6. Klik Next dan selesai.

Cara Submit Blog ke 50 Directory Search Engine - Blogger

Catatan : Jika terdapat tulisan Click to Complete, silahkan klik untuk menyelesaikan proses submit dan untuk mesin pencari terbesar dan terbaik seperti Bing dan Google, sebaiknya dilakukan dengan cara manual. Silahkan baca baca artikel dibawah ini sebagai panduannya.

Dengan mensubmit url blog ke berbagai mesin pencari, akan sangat bermanfaat untuk kemajuan blog anda. Setiap konten yang terdapat pada blog, memiliki peluang untuk terindex pada semua mesin pencari tersebut, bagi blogger yang ingin menjaring pengunjung dari berbagai mesin pencari.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara submit blog ke 50 directory search engine menggunakan situs penyedia layanan yakni FreeWebSubmission. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

6 komentar:

Bang Doel said...

Wow keren bisa submit 50 situs secara otomatis... thanks infonya

Harmansyah said...

@Bang Doel, sama-sama bang

Unknown said...

Kunbal nya gan

http://htberbagiilmu.blogspot.com/2018/08/youtuber-application-to-increase-number.html

Harmansyah said...

@endah dwiyanto, segera meluncur sob

Himawan Sant said...

Ini dia artikel submit yang sangat sangat bermanfaat 👍.
Terimakasih banyak postnya, mas Harmansyah.
Aku simpan dan praktekkan submitnya.

Submit URL ini sebaiknya untuk submit artikel terbaru ya, mas ?.
Atau artikel lama juga perlu di submit ulang ?.

Harmansyah said...

@Himawan sant, keduanya juga bisa mas hima

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......