Cara Mengubah HTTP Menjadi HTTPS di Blogspot

|
Cara Mengubah HTTP Menjadi HTTPS di Blogspot

Cara Mengubah HTTP Menjadi HTTPS di Blog Blogspot -  Pada tanggal 3 mei 2016 Googleblog resmi merilis untuk seluruh blog yang menggunakan media platform blogger.com (Blogspot) yang awalnya menggunakan protokol http akan beralih menggunakan protokol https (Silahkan cek di google ).

Sebetulnya, fitur ini sudah mulai disosialisasikan sekitar bulan september tahun 2015 lalu, namun, untuk penggunaan secara menyeluruh baru bisa dilakukan pada bulan mei 2016.
Fitur https ini disediakan dan bisa digunakan hanya pada blog yang masih menggunakan akhiran blogspot.com pada url blog mereka, sedangkan untuk blog yang sudah menggunakan custom domain seperti .com, .net, .id, dan lain-lain fitur https ini tidak bisa digunakan, kecuali blog/situs tersebut mau menggunakan sertifikat SSL yang disediakan oleh pihak ketiga.

Contoh :
1. Blog dengan akhiran blogspot.com - http://namablog.blogspot.com, bisa diubah menjadi https://namablog.blogspot.com dengan menggunakan fitur https:// yang disediakan blogspot.
2. Blog tanpa akhiran blogspot.com (Custom domain) - http://namablog.com, tidak bisa menggunakan fitur https:// di blogger.

Meskipun begitu pada dasarnya http maupun https ini adalah sama. Mengapa ?  Karena kedua protokol ini adalah sebuah sistem yang digunakan dalam pengiriman data antara dua perangkat komunikasi dalam jaringan data, yang membedakan adalah hanya pada masalah keamanan dalam pengiriman data tersebut.
Sistem pengaturan dan cara pengiriman data ini disebut protokol. Contoh : komunikasi data antara server Web dengan komputer. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

http - Hyper Text Transfer Protocol adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. (wikipedia).
Data paket yang dikirimkan melalui protokol http ini tidak di enkripsi terlebih dahulu, sehingga dapat dimungkinkan seseorang bisa membaca paket data yang melintas dalam jaringan tersebut. Oleh sebab itu, situs-situs perbankan (pengguna internet banking) dan lainnya yang memerlukan login dengan username dan password, tidak dianjurkan untuk menggunakan protokol http ini. Sebagai penggantinya, situs-situs yang menggunakan login dengan username dan password atau pada penggunaan internet banking seperti perbankan tadi, lebih dianjurkan untuk menggunakan protokol https.
https - Hyper Text Transfer Protocol Secure adalah kombinasi dari Hyper Text Transfer Protocol (http) dan Secure Socket Layer protokol (SSL) / Transport Layer Security (TLS).
Data paket yang dikirimkan melalui protokol https ini sudah melalui proses enkripsi (proses pengamanan data supaya isi data tidak dapat dibaca dengan mudah oleh orang yang tidak memiliki pengetahuan khusus - wikipedia) sehingga informasi yang ada dalam paket data tersebut menjadi lebih aman dan tidak mudah untuk diketahui oleh orang lain yang sedang berada didalam jaringan data tersebut.
Secure Socket Layer (SSL) memiliki tiga tingkat pengamanan untuk menjamin keamanan data selama proses komunikasi terjadi.

  • Authentication : Memastikan bahwa pesan yang diterima berasal dari client yang tepat
  • Confidentiality : Melindungi pesan dari suatu usaha pembacaan oleh penerima yang tidak berhak disepanjang perjalanannya.
  • Integrity : Memastikan bahwa pesan asli, tidak mengalami perubahan dalam perjalanannya.

Dengan tiga tingkat keamanan ini, menjadikan protokol HTTPS sebagai protokol yang harus dimiliki oleh setiap website yang mengirimkan data-data sensitif seperti username, password, PIN dan lain sebagainya.

Manfaat mengaktifkan fitur https untuk blog.
Dilihat dari penjelasan diatas dapat disimpulkan beberapa manfaat yang bisa didapat mengalihkan protokol http ke protokol https pada URL blog, sebagai berikut :

  • Keamanan : Seperti yang dijelas sebelumnya, HTTPS menggunakan protokol SSL dimana terdapat tiga tingkat pengamanan yang akan menjamin keamanan data selama proses komunikasi terjadi antara client dengan server.
  • Lebih Terpercaya : Dengan keamanan yang terjamin, tentu akan berimbas langsung kepada tingkat kepercayaan pengunjung atau konsumen bagi website ecommerce. Orang tidak akan ragu untuk mengirimkan data diri dan data sensitif lainnya ke web server.
  • SEO : Tak bisa dipungkiri, akhirnya mesin pencari akan lebih mengutamakan website yang keamanannya terjamin untuk ditampilkan pada halaman hasil pencarian, yakni website yang sudah dipasangkan protokol ssl. Google sebagai raksasa search engine juga telah mengeluarkan pernyataannya terkait diutamakannya website yang menggunakan protokol HTTPS.

Sebelum ke tahapan cara mengubah protokol http menjadi https pada blog blogspot, ada baiknya terlebih dahulu anda memahami beberapa hal berikut ini.
  • Perubahan protokol dari http ke https pada blog blogspot dianggap berhasil apabila pada search tab di browser anda menampilkan gambar gembok berwarna hijau dengan tulisan Secure | https di sebelah kanannya, yaitu pada saat membuka halaman blog. Seperti gambar berikut.
Cara Mengubah HTTP Menjadi HTTPS di Blogspot

  • Untuk Blog blogspot yang menggunakan template standard dan tanpa banyak melakukan perubahan, kemungkinan bisa selesai setelah langkah I, yaitu cukup dengan mengubah opsi https redirect menjadi YES.
  • Untuk Blog Blogspot dengan template modifikasi biasanya terdapat sumber-sumber kode dari luar template. Seluruh sumber link dan tautan yang mengarah keluar dari blog (baik itu bersumber dari javacsript, CSS, gambar, video, dan lain-lain) wajib menggunakan protokol https juga. Jika tautan keluar yang digunakan belum menggunakan protokol https, biasanya akan terjadi konflik / error. Adanya konflik menyebabkan gambar gembok berwarna hijau tidak akan tampil dan bertuliskan Not Secure, seperti gambar berikut.
Cara Mengubah HTTP Menjadi HTTPS di Blogspot

  • Sebelum melakukan perubahan pada template. back-up semua kode template blog terlebih dahulu (jangan lupa juga untuk memback-up data widget pada menu Tata letak).
Berikut cara mengubah HTTP menjadi HTTPS di Blog
Buat anda yang berminat mengubah protokol blog, silahkan ikuti tahapan-tahapan dibawah satu persatu dari tahap pertama sampai seterusnya.

Tahap 1

1. Silahkan masuk ke akun blogger anda.
2. Pilih blog yang ingin anda ubah, jika anda memiliki blog lebih dari satu dalam satu akun blogger.
3. Pilih menu Setting (Setelan).
4. Pilih Dasar (Basic).
5. Alihkan pandangan anda ke bilah sebelah kanan. Pada bagian https
6. Ubah pilihan pada https redirect / Pengalihan menjadi "YES", seperti gambar berikut.

Cara Mengubah HTTP Menjadi HTTPS di Blogspot

Apabila Blog anda menggunakan template default blogger tanpa banyak modifikasi dalam template, besar kemungkinan pada tahapan ini fitur https sudah bisa berfungsi sempurna yakni gambar gembok warna hijau bertuliskan secure https:// tampil disamping alamat URL blog anda.
Namun ika pada tahap ini belum berhasil, tahapan selanjutnya adalah memperbaiki template blog anda. Ikuti tahapan selanjutnya seperti berikut.

Tahap 2

1. Masuklah ke menu Tata Letak (Layout), copy paste semua kode pada widget-widget tambahan yang ada didalam blog (widget dari pihak ketiga), simpan sementara di aplikasi wordpad / notepad.
2. Setelah menyimpan data-data widget, lanjutkan dengan memilih menu Template (Tema), lakukan back-up terlebih dulu, kemudian simpan data tersebut untuk cadangan jika terjadi kesalahan (error) saat mengedit template.
3. Selanjutnya, silahkan klik Edit HTML.
4. Copy semua kode HTML yang ada didalam template, menggunakan Ctrl + A lalu copy menggunakan Ctrl + C.
5. Buka aplikasi program microsoft office Wordpad ( klik tombol start disisi kiri bawah >> All program >> Accessories >> wordpad ).
6. Pastekan kode HTML yang anda copy tadi kedalam wordpad menggunakan Ctrl + V
7. Setelah kode html tersalin ke dalam wordpad, kita akan menggunakan fungsi REPLACE ALL untuk mengganti http ke https.

Untuk mengubah http menjadi https, sebaiknya kita mengganti terlebih dahulu semua huruf https menjadi http agar guruf S pada akhiran https tidak menjadi ganda (double s - httpss ). Jika ini terjadi, maka template tidak bisa berjalan dengan normal.

Cara Mengubah HTTP Menjadi HTTPS di Blogspot - Wordpad


8. Setelah semua huruf https berubah menjadi http, maka barulah anda melakukan langkah yang sama seperti pada langkah ke 7 sebelumnya, namun terbalik yakni mengubah dari http menjadi https.

Cara Mengubah HTTP Menjadi HTTPS di Blogspot - Wordpad

9. Setelah semua terganti menjadi https cek kembali, pastikan semua protokol http sudah berubah menjadi https.
10. Salin kembali semua kode html pada wordpad yang sudah di edit menggunakan Ctrl + A untuk memilih semuanya dan Ctrl + C untuk mengcopy.
11. Beralih ke kode template blogspot, tekan Ctrl + A untuk memilih semua kode didalam template lalu tekan Ctrl + V untuk menempelkan semua kode yang sudah diedit pada wordpad yang anda copy tadi.
11. Simpan template Anda, kemudian cek hasilnya apakah anda sudah berhasil atau belum.

Sampai di tahap ini, seringkali template yang kita ubah dari http ke https belum berhasil. Hal ini sering disebabkan karena masih adanya link / tautan keluar yang ada didalam kode javascript ataupun dalam kode CSS masih berbentuk http tersembunyi didalam widget / gadget blog.

Tahap 3

1. Bukalah file widget yang sudah anda simpan sebelumnya (seperti widget kotak email berlangganan, hi-stats, DMCA badge, facebook widget, dan lain-lain).
2. Periksa satu persatu link yang terdapat dalam gadget tersebut, jika masih menggunakan http segera ubah menjadi https, lakukan untuk semua gadget yang anda gunakan pada template blog.
3. Jika sudah anda ubah, pasang kembali gadget tersebut pada template sesuai dengan posisi sebelumnya.
4. Simpan perubahan yang sudah anda lakukan.
5. Periksa kembali, Apakah mode https sudah bisa bekerja atau belum.

Jika sampai tahap ini, fitur https pada template anda belum bekerja normal, berikut beberapa langkah akhir yang bisa harus lakukan.
1. Template anda menggunakan eksternal javascript atau CSS yang menyimpan tautan / link dengan protokol http, solusinya adalah perbaiki tautan yang tersimpan pada eksternal javascript / CSS tersebut, ubah tautan dalam kode tersebut menjadi https terlebih dahulu (silahkan googling untuk merubah link/tautan dengan protokol http pada javascript external).
2. Jika dalam template ada link / tautan dengan protokol http dan anda tidak tahu seperti apa fungsinya dalam template, cobalah untuk menghapus protokol tersebut Contoh http://website.com/ menjadi //website.com/
3. Jika tidak memungkinkan, cobalah untuk melepas semua widget yang menggunakan javascript / CSS tersebut, kemudian simpan dan lihat kembali hasilnya.
4. Jika anda mendapati sebuah kode yang di encode yakni link yang disembunyikan agar tidak terlihat. Silahkan baca artikel berjudul Cara Menghapus Credit Link Template yang di Redirect di Blogger sebagai panduannya untuk mengecek apakah ada link yang menggunakan http didalam kode yang di encode tersebut.

Untuk mengubah http menjadi https pada blogspot, tingkat kesulitannya tergantung dari template yang digunakan. Jika anda terus berusaha, tawakal, dan sabar pasti bisa dan berhasil.

Demikian bagaimana cara mengubah http ke https pada blog berplatform blogspot atau blogger.com. Semoga berhasil and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......