Cara Mengatasi Error Breadcrumb di Google Search Console

|
Cara Mengatasi Error Breadcrumb di Google Search Console - Google Search Console merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk para webmaster. Layanan ini berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan. Wikipedia

Baru-baru ini telah terjadi perubahan besar pada Google Search Console yakni tentang adanya menu baru bernama Breadcrumb. Menu tersebut berfungsi untuk memeriksa dan menampilkan struktur data yang ada pada pada Blog atau Website. Sedang Breadcrumb pada blog atau website berfungsi untuk menunjukkan lokasi atau posisi sebuah halaman di dalam website atau blog.

Dengan hadirnya menu Breadcrumb pada Google Search Console, banyak blogger yang menerima email dari Google Search Console mengenai pemberitahuan bahwa blog atau website yang mereka miliki telah terjadi error pada Breadcrumb yang mereka letakkan. Berikut isi email pemberitahuan yang saya maksud

Cara Mengatasi Error Breadcrumb di Google Search Console



Didalamnya terdapat pemberitahuan telah terjadi error pada struktur data Breadcrumb blog atau website yang dimiliki dan anda diperintahkan untuk segera memperbaikinya agar tidak mempengaruhi penampilan blog atau website pada Google penelusuran dan error tersebut disebabkan oleh masalah data-vocabulary.org schema deprecated.

Data-vocabulary.org pada blog berguna untuk memberitahukan atau berkomunikasi dengan mesin pencari (search engine) mengenai struktur data di halaman website agar mudah dikenali oleh mesin pencari. Dengan hal ini Google biasanya akan menampilkan hasil penelusurannya dengan struktur yang rapi dari mulai judul artikel dan nama kategori artikel di bawahnya.

Dengan alasan meningkatnya penggunaan dan popularitas schema.org Google kini memutuskan untuk hanya memfokuskan pengembangannya pada structured data (SD) tunggal. Sehingga nantinya pada tanggal 6 April 2020, markup data-vocabulary.org akan sepenuhnya dihilangkan dan tidak lagi memenuhi syarat untuk menikmati fitur Google rich result.

Besar kemungkinan email pemberitahuan ini merupakan bagian dari peringatan kepada semua pemilik blog atau website untuk segera mengganti skema data-vocabulary.org dan beralih ke skema data Shema.org sebelum batas penerapannya di tanggal 6 April 2020. Sama halnya dengan Data-vocabulary.org, Shcema.org juga berguna untuk berkomunikasi dengan mesin pencari yang bertujuan untuk membantu mesin pencari mengerti akan informasi di sebuah halaman blog atau website.

Lalu bagaimana mengatasi masalah error data-vocabulary.org schema deprecated pada Breadcrumb?

Disini anda tinggal mengganti data-vocabulary.org yang ada pada kode breadcrumb di dalam kode template blog atau website yang anda miliki dengan schema.org, kemudian melakukan Validasi Perbaikan di Google Search Console. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengatasi Masalah Breadcrumb "Skema data-vocabulary.org Telah Dihentikan" Pada Google Search Console

Untuk langkah awal, silahkan anda pastikan letak terjadinya error pada Google Search Console (webmaster tools) dengan masuk ke dashboard Google Search Console blog atau website anda. Kemudian pilih menu Breadcrumb pada bagian Penyempurnaan.

HARMANSYAH BLOG



Setelah terbuka tampilan seperti gambar di bawah ini, silahkan klik Valid dengan peringatan kemudian klik pilihan Skema data-vocabulary.org telah dihentikan untuk melihat secara detail tentang url blog anda yang mengalami masalah atau mendapat peringatan.

HARMANSYAH BLOG



Buka link https://search.google.com/structured-data/testing-tool?hl=id dan copy paste salah satu url blog anda yang mengalami masalah tersebut ke dalam kotak, lalu klik JALANKAN PENGUJIAN. Disitu akan terlihat dua buah peringatan pada bagian Breadcrumb. Klik 2 peringatan tersebut untuk mengetahui letak masalahnya dengan lebih detail. Selanjutnya klik keterangan peringatan yang berwarna orange sehingga muncul letak kesalahan pada skrip kode HTML blog pada bilah sebelah kiri. Kemudian ganti tulisan rdf.data-vocabulary dengan schema, lalu klik VALIDASI PERBAIKAN.

Sebenarnya tanpa anda membuka link untuk menjalankan pengujian untuk mengetahui letak kesalahan, anda bisa langsung menuju ke kode Template blog dengan melakukan Edit HMTL, mengingat ketika membangun sebuah blog baru biasanya seorang blogger akan memasang sebuah Breadcrumb pada blog sebagai menu navigasi yang berfungsi untuk mempermudah pengunjung untuk mengetahui posisinya ketika mengunjungi blog. Bagaimana caranya? Silahkan simak langkah berikut.

Masuk ke dashboard blog, pilih menu Tema atau Template kemudian pilih dan klik Edit HTML. Klik satu kali di dalam kode kemudian tekan Control+F sehingga terbuka kotak pencarian dipojok kanan atas kotak kode, kemudian ketikkan Breadcrumb ke dalamnya kemudian tekan Enter.

Jika belum ketemu silahkan tekan Enter lagi sampai ketemu kode seperti gambar berikut

HARMANSYAH BLOG



Apabila sudah ketemu ganti semua kode skema https://rdf.data-vocabulary.org/ yang anda temukan dengan kode skema https://schema.org/ sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini. Apabila kode skema rdf.data-vocabulary lebih dari satu ganti semuanya.

HARMANSYAH BLOG



Lalu klik Simpan Tema atau Save Template. Terakhir silahkan kembali ke dashboard Google Search Console, pilih menu Breadcrumb pada bagian Penyempurnaan, lalu klik Valid dengan peringatan kemudian klik pilihan Skema data-vocabulary.org telah dihentikan kemudian tekan tombol VALIDASI PERBAIKAN seperti gambar berikut.

HARMANSYAH BLOG


HARMANSYAH BLOG



Proses Validasi akan mulai berjalan dan mengevaluasi url blog yang mengalami peringatan mengenai Breadcrumb. Lama atau tidaknya proses validasi tergantung dari banyaknya url yang mendapatkan peringatan. Sebagai contoh blog saya memiliki 222 url yang mendapatkan peringatan mengenai Error breadcrumb dan melakukan validasi dari tanggal 26 Juni hingga sampai 1 Agustus email dari Google Search Console datang yang isinya tentang pemberitahuan masalah Breadcrumb berhasil diperbaiki. Jadi kira-kira kurang lebih 1 bulan lebih.

Bagaimana sobat? Cukup mudah bukan? Dengan memperbaiki masalah error breadcrumb pada GSC, maka blog akan kembali lagi berkomunikasi dengan mesin pencari (search engine) mengenai struktur data di halaman website agar mudah dikenali oleh mesin pencari.
Demikian tutorial tentang Bagaimana cara mengatasi error breadcrumb pada Google Search Console. Semoga bermanfaat and Happy Blogging

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

4 komentar:

raztarman said...

Terima kasih sudah berbagi sobat

Djangkaru Bumi said...

Terimakasih atas artikelnya
saya dulu juga mengalami hal yang sama
Ditunggu artikel terbarunya

Harmansyah said...

@raztarman, sama-sama sob,
@Djangkaru Bumi, sama-sama sob

Unknown said...

Masih Bingung Mau cari game yang gampang gacor , buruan daftar sekarang di situs Game Online Resmi Asia99 game mudah akses dengan minimal deposit 10rb, anda bisa merasakan sensasional.

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......