Cara Verifikasi Identitas Google Adsense

|
Cara Verifikasi Identitas Google Adsense - Beberapa bulan yang lalu tepatnya pada bulan maret 2020, iseng melakukan kunjungan ke blog yang saya miliki setelah beberapa lama saya tinggalkan karena fokus pada pekerjaan di real, saya mendapati iklan GA yang dahulu terpampang pada halaman blog, ketika itu iklan sudah tidak ditampilkan lagi oleh pihak Google Adsense. Dengan segera saya pun langsung melakukan login ke akun Google Adsense untuk mengetahui apa yang terjadi pada iklan Google Adsense tersebut dan berharap semoga tidak terjadi suspended.

Setelah berhasil login ke Google Adsense, alhamdulillah akun Google Adsense tidak mengalami suspend, dan saya teliti lebih lanjut lagi saya menemukan sebuah notis dari pihak Google Adsense yang isinya pembayaran dari pihak GA untuk akun ini sedang ditangguhkan dan saya harus melakukan Verifikasi Identitas agar bisa menerima pembayaran dari pihak GA. Untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut.

HARMANSYAH BLOG



Hal ini dilakukan, karena mulai dari tahun 2018 Google Adsense menerapkan peraturan baru. Pada peraturan baru tersebut, seorang publisher diwajibkan untuk melakukan Verifikasi Identitas dengan cara mengirim gambar tanda pengenal resmi yang dilengkapi foto dan masih berlaku. Nama pada tanda pengenal harus sama dengan yang tertera pada profil pembayaran. Pihak Google Adsense mengeluarkan peraturan baru ini untuk mengawasi transaksi yang mencurigakan di profil pembayaran, untuk memverifikasi informasi yang dikaitkan dengan akun menghindari penyalahgunaan akun Google Adsense, seperti penjualan akun dan pihak GA membutuhkan lebih banyak informasi untuk mematuhi hukum Uni Eropa (khusus pelanggan Eropa).

Ada beberapa tanda pengenal resmi yang bisa digunakan untuk melakukan verifikasi identitas ini, antara lain: KTP, SIM, dan PASPOR. Adapun sayarat-syarat agar salah satu dokumen yang akan anda gunakan tersebut bisa diterima oleh Google, yaitu :
Menggunakan nama depan dan belakang yang sama seperti yang tercantum di formulir dan di profil Google Adsense anda
Belum habis masa berlakunya
Terbaca dengan jelas
Pastikan semua gambar yang anda upload adalah gambar dokumen dan bukan yang lainnya
Dapat dibaca
Berwarna, bukan hitam putih
Tidak buram, ada pantulan cahaya, atau redup
Menampilkan seluruh bagian dokumen termasuk keempat sudutnya

Setelah mengetahui syarat-syarat dokumen yang bisa digunakan agar bisa diterima oleh pihak Google Adsense. Maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan dokumen dan melakukan verifikasi identitas pada akun Google Adsense.

Baca Juga : Cara Daftar Google AdSense Melalui Blog Blogspot

Cara Verifikasi Identitas Google Adsense Menggunakan KTP Kartu Tanda Penduduk

Saya anggap sudah menyiapkan dokumen yang akan anda gunakan dan memenuhi persyaratan yang sudah disebutkan di atas. Jadi langkah selanjutnya adalah silahkan login ke akun Google Adsense milik anda.

Pada menu sebelah kiri, silahkan pilih menu Pembayaran kemudian Alihkan pandangan anda ke bilah bagian sebelah kanan hingga menemukan sebuah notifikasi seperti gambar berikut. Klik VERIFIKASI SEKARANG

HARMANSYAH BLOG



Akan tampil sebuah jendela kecil atau menu pop up seperti gambar berikut

HARMANSYAH BLOG



Klik Unggah, kemudian pilih dokumen anda yang sudah memenuhi persyaratan tadi, lalu klik open. Ingat sobat jangan sampai anda salah memilih dokumen, karena apabila anda salah mengupload dokumen selain tanda pengenal, maka akan mengakibatkan penangguhan akun. Klik icon pensil apabila anda salah memilih dokumen dan ingin menggantinya. Jika sudah terupload dan dirasa sudah benar, silahkan klik tombol KIRIM berwarna biru.

Setelahnya akan muncul menu pop up Verifikasi sedang berlangsung seperti gambar dibawah ini, silahkan klik tombol OKE.




Tunggu beberapa saat ( kemungkinan saat itu servernya sedang tidak sibuk jadi saya langsung mendapatkan emailnya ), anda akan mendapatkan email yang berisi tentang informasi hasil dari verifikasi identitas Google Adsense yang anda lakukan. Apabia berhasil, anda akan mendapatkan email Google AdSense: Verifikasi identitas berhasil, seperti gambar berikut.

HARMANSYAH BLOG



Apabila gagal, maka bisa jadi ada yang salah dengan dokumen yang anda upload. Pastikan lagi data yang ada pada tanda pengenal seperti nama, tanggal lahir, alamat sesuai dengan profil akun Google Adsense anda, dan hasil scan atau foto dokumen tersebut tidak ada yang buram atau cacat pada tulisan, serta masa berlaku kartu pengenal anda. Berikut contoh hasil foto KTP milik saya yang berhasil digunakan untuk melakukan Verifikasi Identitas.

HARMANSYAH BLOG



Dengan melakukan Verifikasi Identitas pada akun Google Adsense, maka iklan yang sudah anda pasang pada halaman blog yang sebelumnya hilang akan muncul kembali dan anda akan mendapatkan notifikasi baru yang lain yaitu Verifikasi Rekening Pembayaran dan Verifikasi Alamat, yang akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya.

Demikian tutorial singkat mengenai bagaimana cara melakukan verifikasi identitas pada Google Adsense, dalam hal ini menggunakan tanda pengenal KTP (Kartu Tanda Penduduk). Semoga bermanfaat and Happy Blogging.

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......