Cara Meningkatkan Kinerja VGA pada Komputer

|
Cara Meningkatkan Kinerja atau Performa VGA (Video Graphic Accelerator Card) pada Komputer - Graphic Card atau Video Graphic Card atau biasa disebut VGA merupakan salah satu komponen yang sangat penting di dalam sebuah komputer PC maupun Laptop. Komponen ini memiliki peran penting melakukan pemrosesan gambar agar dapat ditampilkan pada layar monitor. Selain itu secara tidak langsung juga mempengaruhi cepat atau lambatnya sistem operasi Windows bekerja. Karena hal inilah para pengguna PC maupun Laptop selalu berusaha menjaga dan meningkatkan kinerja atau performa VGA. Mengingat semua aktifitas yang dikerjakan menggunakan komputer, baik itu menonton film favorite, rendering, atau yang lebih berat lagi yakni bermain game, akan menjadi lancar dan tidak ada masalah apapun yang terjadi.

Baca juga : Langkah-Langkah Merakit Komputer Lengkap dengan Gambar

HARMANSYAH BLOG

Bagaimana menjaga dan meningkatkan kinerja atau performa VGA komputer?
Untuk menjaga dan meningkatkan kinerja VGA sebuah komputer, sangat mudah dilakukan. Hanya dengan merawat dengan benar dan melakukan tips sederhana yang akan saya share pada artikel kali ini, anda sudah bisa menjaga dan meningkatkan kinerja sebuah VGA yang ada di dalam komputer PC maupun Laptop. Berikut cara merawat dan meningkatkan kinerja VGA sesuai dengan pengalaman yang pernah saya lakukan pada Komputer PC yang saya miliki.

1. Kebersihan Perangkat VGA Card
Menjaga kinerja VGA dapat dilakukan dengan merawat kebersihan perangkat dari kotoran debu secara berkala. Debu yang menempel pada perangkat akan mengakibatkan kipas hsf berhenti berfungsi (berputar), bahkan rusak sama sekali dan akibatnya VGA akan kepanasan atau nama kerennya overheating ketika komputer digunakan, sehingga komputer PC menjadi hang, restart, atau BSOD (Blue Screen Of Death).
Lepaskan VGA Card eksternal PC anda dari motherboard, lalu bersihkan menggunakan kuas cat yang lembut dengan cara menyapunya secara hati-hati atau perlahan, sampai semua kotoran debu yang menempel pada perangkat hilang. Usahakan menggunakan tutup casing untuk menghindari masuknya debu berlebihan, serangga, dan tikus.
Untuk VGA pada komputer Laptop, anda cukup menjaga kebersihan laptop dari kotoran dan debu. Usahakan meletakan laptop pada bidang yang rata, agar ada rongga masuk keluarnya udara (pembuangan panas) dari kipas hsf laptop ketika sedang digunakan. Atau untuk lebih baiknya gunakan meja khusus untuk laptop (meja yang memiliki kipas). Hal ini untuk menghindari kotoran debu menempel pada rongga laptop yang dapat menyumbat masuk keluarnya udara (pembuangan panas).

2. Update Driver VGA Card
Langkah yang kedua adalah melakukan update driver VGA. Dengan meng-update driver VGA komputer anda, maka secara otomatis driver yang anda gunakan adalah driver yang menggunakan teknologi terbaru, sehingga sudah bisa dipastikan update driver dapat meningkatkan kinerja VGA pada komputer. Secara berkala biasanya para produsen perangkat VGA ini selalu mengupdate driver terbaru pada situs resmi mereka. Dengan catatan, update driver untuk tiap seri berbeda, maka cek dahulu seri vga komputer anda sebelum mengunduh driver update tersebut sesuai dengan produsen VGA seperti Nvidia, AMD Radeon, dan lainnya.
Lalu bagaimana dengan pengguna VGA onboard intel HD ? jangan khawatir, anda juga bisa mencari update driver intel HD di situs resminya. Ingat cek selalu seri Intel HD anda agar sesuai dengan update driver yang diunduh.

3. Mematikan Fungsi Animasi pada Sistem Operasi Windows
Animasi pada sistem dapat menyedot banyak memori VGA pada saat aktif. Jadi dengan mematikan animasi pada windows tersebut, maka performa VGA dapat menjadi lebih maksimal. Untuk mematikan fungsi animasi ini, dapat anda lakukan pada tools Registry Editor, berikut lankah-langkahnya.
Buka jendela tool Registry Editor, dengan mengetik regedit pada kotak pencarian kemudian tekan Enter. Selanjutnya silahkan masuk ke subkey berikut ini :

HKEY_CURRENT_USER\ControlPanel\Desktop\WindowsMetrics

Di dalam subkey tersebut, temukan value dengan identitas sebagai berikut:
- Name : MinAnimate
- Type : REG_SZ
- Value Data : 1
Ganti angka nilai 1 pada Value data menjadi 0, dengan melakukan klik dua kali
Tutup tool registry kemudian lakukan restart pada windows.

Dengan melakukan langkah-langkah diatas, maka akan meningkatkan kinerja atau performa VGA Card yang ada pada komputer PC maupun Laptop.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara meningkatkan kinerja VGA Card pada komputer PC maupun Laptop. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

2 komentar:

Tanza Erlambang - Speed Up said...

kayaknya, VGA memang selalu kotor...hehehe
thank you telah mengingatkan

Harmansyah said...

@Tanza Erlambang, Welcome mas Tanza

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......