Menambah 1 Kolom Gadget dibawah Header

|
Menambah 1 Kolom Gadget dibawah Header - Menambah 1 kolom gadget di bawah header biasanya di gunakan oleh para blogger untuk menempatkan atau meletakkan sebuah aplikasi yang pada umumnya harus mudah terlihat oleh para pengunjung, seperti menu navigasi, iklan sponsor, translate dan lain-lain. Kebanyakan orang menggunakannya untuk meletakkan menu navigasi, karena untuk mempermudah mereka untuk mengubah isi dari dari menu navigasi. Selain itu banyak juga yang memanfaatkannya untuk meletakkan iklan sponsor, dikarenakan salah satu syarat peletakkan iklan yang harus mudah terlihat oleh pengunjung atau pembaca di blog.

Apa itu Gadget di Blog?
Gadget pada blogger.com merupakan sebuah fasilitas berupa kumpulan elemen yang disediakan oleh pihak blogger.com yang digunakan untuk menambahkan fitur-fitur atau aplikasi pendukung blog baik dari blogger.com atau penyedia pihak ketiga untuk mempermudah pengunjung atau pembaca dalam memahami isi blog. Gadget yang disediakan oleh pihak blogger antara lain : gadget Pengikut, gadget Penelusuran Blog, gadget HTML/JavaScript, gadget Teks, gadget Gambar, gadget Tampilan Slide, gadget Baris Video, gadget Polling, gadget Daftar Blog, gadget Daftar Link, gadget Daftar, gadget Feed, gadget NewsReel, gadget Label, gadget Tautan Berlangganan, gadget Logo, gadget Profile, gadget Arsip Blog, gadget Header Halaman, gadget Adsense, gadget Formulir Kontak, gadget Entri Populer, gadget Entri Yang Diunggulkan, gadget Ikuti Lewat Email, gadget laman, dan masih banyak lagi.

1 Kolom Gadget di Bawah Header
Bagi anda yang menggunakan template tidak memiliki 1 kolom gadget di bawah header dan ingin memanfaatkannya untuk hal-hal yang saya sebutkan tadi di atas, seperti menu navigasi atau iklan. Silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Menambah 1 Kolom Gadget dibawah Header.
1. Pertama, silahkan login ke akun blogger anda.
2. Pada menu blogger (dashboard), pilih menu Tata letak untuk mengecek apakah sudah terdapat menu tambahkan gadget atau belum.
3. Jika belum, pada menu blogger. Silahkan pilih menu Tema atau Template. Klik backup/Pulihkan untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan, kemudian klik Edit HTML.
4. Cari kode ]]></b:skin>, (Gunakan Ctrl+F untuk mempermudah pencarian).
5. Jika sudah ketemu, letakkan kode di bawah ini sebelum kode ]]></b:skin>
#under_header{float:left;width:100%;}
Sehingga menjadi seperti ini.
#under_header{float:left;width:100%;}
]]></b:skin>
6. Selanjutnya cari kode seperti di bawah ini (Gunakan  Ctrl+F untuk mempermudah pencarian).
<div id='header-wrapper'>
    <b:section class='header'id='header'maxwidget="1'showaddelement="no">
    <b:widget id='header1'locked='true'title='nama blog sobat(header)'
    type='header'/>
    </b:section>
    </div>
7. Jika sudah ketemu, letakkan kode di bawah ini tepat di bawah kode tadi di atas.
<div id='under_header'>
    <b:section class='header' id='underheader' preferred='yes'/>
    </div>
sehingga menjadi seperti ini.
<div id='header-wrapper'>
    <b:section class='header'id='header'maxwidget="1'showaddelement="no">
    <b:widget id='header1'locked='true'title='nama blog sobat(header)'
    type='header'/>
    </b:section>
    </div>
<div id='under_header'>
    <b:section class='header' id='underheader' preferred='yes'/>
    </div>
8. Jika sudah di rasa benar, silahkan klik Simpan Template atau Tema.
9. Untuk mengetahui apakah sudah berhasil atau belum, silahkan anda lihat pada menu Tata letak.

Dengan menambah 1 kolom gadget atau widget di bawah header blog, makan akan memudahkan anda untuk menambahkan fitur-fitur tambahan atau aplikasi baik itu dari gadget bawaan blogger atau kode gadget yang anda dapatkan dari situs penyedia pihak ketiga. Selain itu dengan adanya kolom gadget di bawah header, khususnya untuk blogger yang membuat blog dengan tujuan mencari penghasilan sebagai seorang publisher, akan sangat mudah menempatkan kode banner iklan tepat di bawah header tanpa harus repot melakukan edit HTML kode template blog.
Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara menambah 1 kolom gadget di bawah header. Semoga bisa bermanfaat untuk anda. "Happy Blogging"

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

3 komentar:

Endriono said...

Asalamualaikum ini blog bagus banget rapih pisan

Harmansyah said...

@Endriono, Terima kasih sobat

My Saudagar's said...

mantap gan terimakasih tutorialnya, masih work ternyata

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......