Memasang Tombol Like Share di Bawah Postingan Blog

|
Memasang Tombol Like Share di Bawah Postingan Blog - Memasang tombol like dan share pada sebuah web atau blog merupakan sebuah kebutuhan para blogger untuk mempromosikan tulisan atau artikel mereka ke banyak media sosial di dunia maya. Dikarenakan media sosial adalah salah satu tempat mempromosikan blog untuk mendapatkan banyak pengunjung sehingga blog menjadi lebih terkenal.
Sosial media merupakan sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Sosial media dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian besar yaitu :

  1. Social Networks, media sosial untuk bersosialisasi dan berinteraksi ( Facebook, myspace, hi5, Linked in, bebo, dll)
  2. Discuss, media sosial yang memfasilitasi sekelompok orang untuk melakukan obrolan dan diskusi (google talk, yahoo! M, skype, phorum, dll)
  3. Share, media sosial yang memfasilitasi kita untuk saling berbagi file, video, music, dll (youtube, slideshare, feedback, flickr, crowdstorm, dll)
  4. Publish, (wordpredss, wikipedia, blog, wikia, digg, dll)
  5. Social game, media sosial berupa game yang dapat dilakukan atau dimainkan bersama-sama (koongregate, doof, pogo, cafe.com, dll)
  6. MMO (kartrider, warcraft, neopets, conan, dll)
  7. Virtual worlds (habbo, imvu, starday, dll)
  8. Livecast (y! Live, blog tv, justin tv, listream tv, livecastr, dll)
  9. Livestream (socializr, froendsfreed, socialthings!, dll)
  10. Micro blog (twitter, plurk, pownce, twirxr, plazes, tweetpeek, dll)

Jika anda merasa cukup pintar memanfaatkannya, bukan hal yang tidak mungkin anda akan mendapatkan traffic yang cukup banyak dari media sosial.
Untuk dapat mengoptimalkan penggunaan media sosial ini, anda harus memfasilitasi pengunjung atau pembaca blog anda dengan sebuah fitur yang dapat memudahkan pengunjung untuk membagikan artikel blog ke sosial media tanpa harus membuka sosial media terlebih dahulu, baru kemudian membagikan tautan blog anda secara manual. Hal ini tentu saja akan sangat merepotkan pengunjung atau pembaca blog anda.
Agar tidak merepotkan pengunjung, saya menyarankan anda untuk memasang sebuah tombol share ke media sosial di blog. Berikut penampakan tombol aplikasi like dan share yang saya maksud.

Memasang Tombol Like Share di Bawah Postingan Blog

Dengan memasang tombol like dan share, pengunjung atau pembaca di blog akan mudah bisa menyukai dan membagikan artikel yang ada di blog ke media sosial dengan hanya menekan sebuah tombol yang terpasang diblog baik itu dibagian sidebar, bawah judul atau tepat dibawah postingan (artikel). Dalam kesempatan ini saya akan berbagi cara memasang fitur ini tepat di bawah postingan sesuai dengan judul.
Apabila anda berminat, yuk.. kita langsung ke langkah-langkahnya.

Cara Memasang Tombol Like Share di Bawah Postingan Blog

1. Pertama-tama silahkan login ke akun blogger anda.
2. Pada menu blogger atau dashboard, silahkan pilih dan klik Menu Template atau Tema. lalu klik Backup/Pulihkan untuk mendownload full template anda untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan saat melakukan edit template.

Memasang Tombol Like Share di Bawah Postingan Blog

3. Jika sudah silahkan tutup jendela backup lalu klik Edit HTML.
3. Letakkan kursor didalam kode template, tekan tombol Ctrl+F, ketik <data:post.body/> didalam textbox selanjutnya tekan enter untuk mencari kode <data:post.body/>.

Memasang Tombol Like Share di Bawah Postingan Blog

4. Setelah ketemu, copy paste kode dibawah ini tepat dibawah kode <data:post.body/>.

<!-- AddThis Button BEGIN -->
<div class='addthis_toolbox addthis_default_style '>
<a class='addthis_button_facebook_like' fb:like:layout='button_count'/>
<a class='addthis_button_tweet'/>
<a class='addthis_button_google_plusone' g:plusone:size='medium'/>
<a class='addthis_counter addthis_pill_style'/>
</div>
<script src='https://s7.addthis.com/js/300/addthis_widget.js#pubid=xa-4ee94858381fc7c3' type='text/javascript'/>
<!-- AddThis Button END -->
5. Apabila sudah muncul ditempat yang anda inginkan, silahkan klik Simpan Template atau Tema.

Catatan :
Setiap template biasanya memiliki dua sampai empat buah kode <data:post.body/>, silahkan anda coba satu persatu dari kode <data:post.body/> pertama sampai kode <data:post.body/> ke empat, jika tombol belum muncul atau muncul ditempat yang tidak diinginkan. Di template blog saya terletak pada kode <data:post.body/> kedua.

Demikian tutorial sederhana mengenai memasang tombol like dan share di bawah postingan blog. Semoga bermanfaat and "Happy Blogging"

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

11 komentar:

Blog Efi said...

trims buat tutor nya, mau tanya lagi nieh kalo untuk pasang kolom komen ini ada ga, kalo ada boleh main ke blog saya n ksih link nya yaah...thx u

https://blogefikrypto.blogspot.co.id/

Harmansyah said...

@Blog Efi, sama-sama sobat, segera meluncur

khayran ponsel said...

terimakasih atas postingannya,,,,tp mau tanya nih kalau orang lain yg buka postingan kita, kok nga ada ya pilihan like nya??? mohon bantuannya..

Harmansyah said...

@khayaran ponsel, kadang kalo koneksi saya lagi berat tombol likenya jug suka ga keluar sob dikarenakan aplikasi ini menggunakan .js yang harus diloading terlebih dahulu, thanks sob

Ipit Kalamintoena said...
This comment has been removed by the author.
M syifa'uL munir said...

terimakasih. sangat bermanfaat

M syifa'uL munir said...

Punya saya di laptop tombol like nya bisa keluar. Tapi di hp kok gk bisa?

Harmansyah said...

@Syifa munir, tergantung tema yang digunakan pada tampilan seluler sob, kalau menggunakan tema desktop pada tampilan seluler tombol ini akan muncul sedangkan kalau menggunakan tema seluler pada tampilan seluler tombol ini tidak akan muncul. Pengaturannya ada pada menu Tema atau Template dan menekan roda bergerigi jika sobat ingin mengubah tampilan tema seluler

Hadi Kammis said...

hatur nuhun

Harmansyah said...

@Hadi Kammis, sama-sama kang hadi

Akhbar Sanusi said...

Pelajaran dan pendidikan akhlak sangat penting bagi pelajar muslim di seluruh Indonesia. Bagi seorang muslim dan muslimah sudah seharusnya Kita memiliki semangat dan ghirah dalam mempelajari bahasa arab. Terlebih lagi bahasa arab dan wasilah bagi kita dalam mengenal ilmu syari.
Like Share pengertian husnuzan, tawaduk, tasamuh dan ta'awun Ufa Bunga SMartphone

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......