Membuat Popular Post dengan Scroll di Blog

|
Membuat Popular Post dengan Scroll di Blog - Popular post merupakan widget yang menampilkan daftar postingan yang paling banyak dibaca, dibuka atau nama kerennya Top atau paling populer di blog. Tujuan memasang widget ini adalah memudahkan pembaca atau pengunjung untuk mengetahui artikel atau postingan yang paling popular dalam sebuah blog. Untuk memudahkan penggunanya, blogger telah menyediakan fasilitas ini secara gratis. Akan tetapi tampilan dari widget ini terlalu banyak memakan ruang di halaman blog, apalagi dengan menyertai gambar agar tampilannya lebih menarik dan ingin menampilkan 15 buah artikel sekaligus pasti akan menambah banyak memakan ruang, sehingga bagi para blogger yang menyukai tampilan minimalis diblog mereka menjadi sedikit ragu untuk memasangnya.
Nah untuk itu anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan menambahkan fungsi scroll pada widget popular post dan ukuran tinggi widget bisa anda sesuaikan dengan ukuran template blog atau sesuai selera anda.

Apa itu Scroll di Blog?
Scroll merupakan sebuah alat kontrol yang digunakan untuk menggulung bagian selanjutnya dari sebuah dokumen atau file. Fungsi dari scroll ini yang paling umum adalah untuk mempersingkat tampilan dan menghemat ruang ketika anda menuliskan sesuatu atau memasang sesuatu yang tampilannya terlalu panjang di blog, sehingga tampilan blog anda menjadi lebih minimalis dan menarik. Dalam pembahasan kita kali ini, saya akan share bagaimana mengimplementasikan fungsi scroll ini pada widget popular post. Sebenarnya fungsi scroll ini bukan hanya bisa digunakan di popular post saja melainkan semua widget seperti related post, recent post, recent comment, arsip dan lainnya.
Berikut penampakkan popular post yang ditambahkan fungsi scroll

Membuat Popular Post dengan Scroll di Blog

Sebelum memasang atau menambahkan fungsi scroll pada popular post, pastikan dahulu anda sudah memasang widget popular post diblog anda. Untuk anda yang belum faham caranya, silahkan simak pada artikel yang berjudul Memasang Widget Popular Post di Blogspot.
Popular post sudah terpasang, kini saatnya menambahkan fungsi scroll pada widget popular post tersebut. Kode yang akan digunakan untuk menambahkan fungsi scroll ke widget sebenarnya cukup sederhana, Silahkan simak langkah-langkah berikut.

Membuat Popular Posts dengan Scroll di Blogspot

1. Pertama-tama silahkan masuk ke akun blogger anda.
2. Pada menu blogger atau dashboard, silahkan pilih dan klik menu Template atau Tema, lalu kli Edit HTML.
3. Cari kode ]]></b:skin> seperti biasa gunakan Ctrl+F untuk mempermudah pencarian.
4. Letakkan kode dibawah ini tepat diatas kode ]]></b:skin>.
#PopularPosts1 .widget-content{
height:200px;overflow:auto;}
Catatan :
- #PopularPosts1 : adalah id untuk widget popular post yang akan ditambahkan fungsi scroll, untuk widget yang lain anda bisa cari sendiri id nya, biasanya untuk widget selain popular post menggunakan nama HTML1, HTML2, HTML3 dan seterusnya.
- height:200px : adalah tinggi scroll, anda bisa merubahnya sesuai keinginan atau kebutuhan.

5. Terakhir silahkan klik Simpan Template atau Tema.

Bagaimana sobat? Sangat sederhana sekali bukan? Jika sudah berhasil saya ucapkan selamat ya.

Kesimpulan :
Dengan menambahkan fungsi scroll pada widget, maka akan meminimalisir tampilan widget di blog sehingga anda bisa menampilkan lebih banyak artikel popular pada widget tersebut tanpa takut tampilan widget memanjang ke bawah. Tampilan widget yang minimalis tentu juga akan memudahkan anda untuk menyesuaikan widget dengan ukuran sidebar, atau footer template blog.
Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara membuat popular post dengan scroll di blog, semoga bisa bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......