Share Artikel Blog Otomatis ke Twitter Facebook Google Plus

|
Share Artikel Blog Otomatis ke Twitter Facebook Google Plus - Share artikel blog ke media sosial seperti twitter, facebook dan google plus merupakan salah satu tekhnik SEO untuk mendapatkan banyak pengunjung ke sebuah blog, yang biasa disebut para blogger dengan istilah SEO Social Media.

Share Artikel Blog Otomatis ke Twitter Facebook Google Plus

Media sosial secara signifikan sudah terbukti mampu meningkatkan jumlah trafik pengunjung blog. Selain membuat sebuah artikel (konten) yang bermutu, media sosial juga menjadi salah satu penunjang SEO blog. Namun akan cukup melelahkan apabila anda harus meng-copypaste link artikel blog anda ke banyak media sosial setelah melakukan update postingan di blog.
Sesuai dengan judul yang akan saya bahas hari ini, HARMANSYAH BLOG akan share sebuah tutorial sederhana yakni cara berbagi postingan blog ke media sosial secara otomatis. Silahkan simak langkah-langkahnya.

Cara Share Artikel Blog Otomatis ke Twitter, Facebook dan Google Plus

1. Share Otomatis ke Twitter
Untuk share otomatis ke twitter dalam hal ini kita akan menggunakan sebuah layanan yang di sediakan oleh FeedBurner. FeedBurner merupakan situs penyedia layanan gratis yang dimiliki oleh Google sebagai manajemen web (web feed), yang terdiri dari RSS feed dan alat pengelola (management tools) untuk blogger dan aplikasi lain yang berbasis web. Selain itu feedburner juga menyediakan layanan share otomatis ke twitter. Untuk menggunakan layanan share otomatis via feedburner anda harus mengaktifkan akun feedburner anda terlebih dahulu karena hal ini juga sangat penting untuk para blogger untuk memanage blog. Bagi anda yang belum mengetahui caranya silahkan simak artikel yang berjudul Cara Daftar dan Memasang FeedBurner Untuk Blog. Saya anggap anda sudah berhasil mengaktifkan akun feedburner anda dan sekarang kita akan ke tahap pengaturan feedburner agar postingan artikel blog anda bisa share secara otomatis ke twitter.

- Aktifkan akun twitter anda.
- Masuk ke akun https://feedburner.google.com/ anda (anda akan masuk secara otomatis ke halaman feedburner jika anda sedang login akun google), lalu klik nama blog atau web anda untuk masuk ke feedburner blog.
- Pilih Publicize, setelah itu pilih Socialize.


Share Otomatis ke Twitter

- Klik tombol Add a Twitter account.

Share Otomatis ke Twitter

- Secara otomatis akan terbuka sebuah tab baru dibrowser anda seperti gambar berikut, Silahkan masukkan akun twitter anda lalu klik Authorize app.

Share Otomatis ke Twitter

- Klik Manage connections untuk melihat apakah akun twitter anda sudah terverifikasi apa belum.

Share Otomatis ke Twitter

- Jika sudah berhasil, anda bisa mengatur tampilan twit anda. Sesuaikan dengan kebuthan anda. Setiap merubah pengaturannya, anda dapat melihat secara langsung previewnya.

Share Otomatis ke Twitter

- Apabila sudah mantap, silahkan klik tombol Activate pada bagian paling bawah.

Share Otomatis ke Twitter


2. Share otomatis ke Facebook
Untuk share otomatis ke facebook dalam hal ini kita akan menggunakan layanan yang disediakan oleh media sosial twitter. Analogikanya begini, ketika anda melakukan posting artikel diblog secara otomatis feedburner akan share ke twitter dan twitter secara otomatis akan share ke facebook. Cara ini saya gunakan untuk menghindari pembuatan banyak akun pada penyedia layanan share otomatis dan banyak juga penyedia menutup layanan ini di web mereka karena sudah terlalu banyak. Yuk langsung ke langkah-langkahnya.
- Pertama, silahkan login ke akun twitter anda.
- Pojok sebelah kanan atas klik photo profil (Avatar) anda sehingga keluar seperti gambar berikut. Silahkan pilih dan klik Pengaturan dan privasi.

Share otomatis ke Facebook

- Sidebar sebelah kiri silahkan pilih menu Aplikasi.

Share otomatis ke Facebook

- Pada menu aplikasi akan terlihat beberapa aplikasi atau layanan yang terhubung ke akun twitter anda. Di bagian paling atas anda akan melihat sebuah icon facebook dengan tombol bertuliskan  "Connect to Facebook" disamping. Klik tombol tersebut untuk menghubungkan akun twitter anda dengan akun facebook anda. Namun apabila icon dengan tombol tersebut tidak muncul, silahkan refresh halaman tersebut.

Share otomatis ke Facebook

- Setelah itu akan muncul jendela Twitter’s official Facebook app. Jika anda belum login ke akun Facebook, maka anda akan diminta untuk login terlebih dahulu.

Share otomatis ke Facebook

- Namun jika sudah login maka anda akan langsung dimintai konfirmasi untuk dapat menghubungkan Twitter ke Facebook.

Share otomatis ke Facebook

- Terakhir akan tampil sebuah opsi pilihan kemana twit anda akan dikirim. Selain dapat dikirim ke profil facebook, twit anda juga bisa dikirim ke halaman facebook (fanpage) anda, yakni pada opsi pilihan paling bawah. Setelah memberi centang pada opsi pilihan paling bawah disitu akan muncul nama halaman fanpage facebook anda.

Share otomatis ke Facebook


3. Share Otomatis ke Google Plus
Google plus merupakan media sosial yang dimiliki oleh google. Untuk share otomatis ke google plus , bagi pengguna blog berplatform blogger caranya cukup mudah anda tinggal merubah pengaturan yang terletak pada menu blogger/dashboard anda. Berikut langkah-langkahnya.
- Pada menu blogger, silahkan pilih dan klik menu Setting atau Setelan.
- Pada menu dropdown setting, silahkan klik Setelan pengguna lalu ganti Profil Pengguna dari Blogger ke Google Plus. Jangan lupa klik Simpan setelan.

Share Otomatis ke Google Plus

- Selanjutnya kembali ke menu dropdown setting, silahkan  klik Postingan, komentar, dan berbagi. Bagian sebelah kanan paling bawah Bagikan ke Google+, pada tulisan BagiOtomatis postingan yang baru dipublikasikan ke profil Google+ Anda ? silahkan anda ubah dari Tidak menjadi Ya. Kemudian klik Simpan setelan.

Share Otomatis ke Google Plus


Update 19/9/2018 : Untuk share otomatis ke facebook kini sudah tidak bisa lagi, karena kebijakan dari pihak facebook yang melarang situs media sosial lain melakukan share otomatis ke facebook karena di anggap spam oleh pihak facebook (persaingan antar media sosial menurut yang saya baca diberita online).

Demikian tutorial sederhana mengenai  bagaimana cara share artikel blog otomatis ke twitter, facebook, dan google plus. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

9 komentar:

Unknown said...

Makasih gan,,,mau ane coba...Kangan lupa kunjungan baliknya

Harmansyah said...

@Download Hiburan, sama-sama gan segera meluncur

Unknown said...

thanks, https://goo.gl/A2SQQn , https://goo.gl/A8SMRd , https://goo.gl/75gWTj

Unknown said...

Nice info kang

Harmansyah said...

@GakGadek, Terima kasih kang

Slamet Cell said...

Lelah mikirin kaya gini, manual dulu aja lah.

Harmansyah said...

@Herwanto, khusus untuk facebook, cara di atas sudah tidak bisa lagi, karena facebook sudah tidak mengijinkan sosial media lain bisa update otomatis ke sosial media facebook.

BELAJAR BAHASA said...

tulisan menarik

Harmansyah said...

@BELAJAR BAHASA, Terima kasih gan

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......