Cara Mengganti Email Blog di Blogger

|
Cara Mengganti, Menambahkan Email Blog di Blogger

Cara Mengganti Email Blog di Blogger - Mengganti email blog di blogspot sebenarnya sangat mudah dilakukan, karena blogger sendiri sudah menyediakan fasilitas tersebut untuk anda manfaatkan. Namun tidak sedikit para blogger khususnya untuk blogger pemula seperti saya, tidak tahu bagaimana proses dan langkah-langkahnya.
Sebelum ke tahap proses dan langkahnya, saya ingin sedikit mengulas tentang kelebihan blogger atau blogspot yang berkaitan dengan topik kita hari ini. Kelebihan blogger dibandingkan dengan penyedia blog gratis lainnya, salah satunya adalah anda bisa membuat banyak blog dalam satu akun email, bahkan menurut google setelah saya searching anda bisa membuat blog dalam satu akun sebanyak lebih dari 100 blog. Jadi untuk mengurus banyak blog, anda hanya login dengan satu akun email saja. Blog-blog yang anda buat dalam satu aku email tersebut, tentu saja masih bisa anda pindahkan atau alihkan ke akun email berbeda lainnya untuk tujuan tertentu sesuai keperluan anda.

Seorang blogger memindahkan atau mengganti akun email blog ke akun email berbeda lainnya biasanya terjadi apabila si pemilik blog bermaksud ingin menjual blog miliknya kepada orang lain atau bisa juga karena hanya ingin mengganti email salah satu blog dengan email yang baru agar blog terpisah dengan blog yang lain.

Cara Memindahkan atau Mengganti Email Blog di Blogspot

1. Masuk ke akun blogger anda.
2. Pilih dan klik salah satu blog yang ingin anda ganti akun emailnya.

Pilih Blog - Cara Mengganti Email Blog di Blogger

3. Pada menu blogger, silahkan pilih menu Setelan atau Setting >> lalu pilih Dasar atau Basic seperti gambar berikut.

Setelan Dasar - Cara Mengganti Email Blog di Blogger

4. Alihkan pandangan anda ke sebelah kanan pada bagian Pengaturan Izin.

Pengaturan Izin - Cara Mengganti Email Blog di Blogger


5. Pada bagian Penulis Blog, silahkan klik Tambahkan penulis. Kemudian masukkan alamat email dengan beberapa keperluan sebagai berikut :
  • Jika anda ingin menjual blog, silahkan isi dengan alamat email si pembeli.
  • Jika anda ingin memisahkan blog tersebut dengan blog lainnya, silahkan anda isi dengan alamat email anda yang berbeda.
  • Jika anda ingin menambahkan penulis artikel di blog, silahkan anda isi dengan alamat email penulis.
6. Setelah sudah terisi dengan alamat email sesuai dengan keperluan anda, silahkan klik Undang penulis.

Tambahkan Penulis - Cara Mengganti Email Blog di Blogger

Undangan tersebut akan dikirim ke alamat email yang anda tambahkan tersebut untuk dikonfirmasi oleh si pemilik email dengan klik Terima undangan, seperti gambar berikut.

Terima Undangan - Cara Mengganti Email Blog di Blogger

Setelah itu, si penerima undangan akan dibawa ke halaman baru bertuliskan " Anda telah diundang untuk berkontribusi dalam sebuah blog ", klik Masuk.

Masuk - Cara Mengganti Email Blog di Blogger

Kemudian klik Terima undangan.

Terima Undangan - Cara Mengganti Email Blog di Blogger

Apabila undangan yang anda kirim sudah terkonfirmasi oleh si pemilik email, maka alamat email tersebut secara otomatis akan ditambahkan pada daftar email Penulis Blog seperti gambar berikut.

Daftar Penulis - Cara Mengganti Email Blog di Blogger

Catatan sesuai keperluan :
- Apabila anda bermaksud akan menambahkan penulis di blog anda, maka biarkan saja status email tersebut sebagai Penulis/Pengarang jangan merubah apa-apa lagi.
- Apabila anda bermaksud akan menjual blog tersebut, silahkan ganti status email yang baru ditambahkan tersebut dari penulis/Pengarang menjadi Admin dengan klik tanda panah kebawah di samping tulisan pengarang  (sebelum mengubah status email pengarang menjadi admin, sebaiknya pastikan terlebih dahulu pembayaran yang telah disepakati bersama telah masuk ke rekening bank anda). Kemudian anda atau pemilik email baru bisa menghapus email Admin sebelumnya dengan klik tanda silang seperti gambar berikut.

Pilih Admin - Cara Mengganti Email Blog di Blogger

- Apabila anda bermaksud mengganti email yang lama dengan email yang baru atau ingin memisahkan blog tersebut dengan blog anda yang lain, maka lakukan seperti diatas apabila anda akan menjual blog tersebut.

Bagaimana sobat? Cukup mudah bukan? Anda bisa mencoba panduan diatas jika kebetulan anda memiliki keperluan menjual, menambah penulis dan memisahkan blog anda dari blog yang lain.

Namun bagi pemilik blog yang baru atau mengganti email ada langkah lanjutan yang harus dilakukan, yaitu menambahkan properti dan melakukan verifikasi kepemilikan di Google webmaster tools dan Bing webmaster tools dengan email yang baru. Untuk menambah properti dan verifikasi blog, silahkan baca Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools dan Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Bing Webmaster Tools sebagai panduannya.

Demikian tutorial sederhana mengenai cara menambahkan atau mengganti email blog di blogspot. Semoga bisa bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......