Cara Memasang Kolom Komentar Facebook di Blogger

|
Cara Memasang Kolom Komentar Facebook di Blogger - Facebook merupakan sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti " Rekan Kerja " atau " Teman Dekat ".
Menurut pengamatan hemat saya media sosial dengan pengguna terbanyak jatuh pada facebook. Kenapa? Karena yang saya lihat pertemanan yang melebihi batas maksimal yang diperbolehkan, tidak bisa menambah teman lagi ke akun facebook. Pengguna facebook sangat beragam, yakni mulai dari anak-anak sampai dengan dewasa, apalagi pada jaman sekarang ini anak usia sekolah dasar sudah memiliki gadget smartphone sendiri dirumah. Dengan banyaknya pengguna facebook di internet, maka oleh karena itu saya akan share bagaimana cara memasang kolom komentar facebook di blog.

Bagaimana memasang kolom komentar facebook di blog?
Memasang kolom komentar facebook di blog bukanlah sesuatu hal yang baru di dunia blogger, karena hal ini sudah lama dilakukan oleh para master blogger.
Kolom komentar facebook digunakan untuk mempermudah pengunjung blog melakukan interaksi dengan pemilik blog maupun pengunjung lain secara langsung pada artikel yang sedang mereka baca dengan menggunakan akun facebook.

Untuk tampilannya kurang lebih seperti gambar berikut.

Cara Memasang Kolom Komentar Facebook di Blogger


Baca juga :


Buat anda yang ingin mencoba memasangnya, silahkan ikuti langkah berikut.

1. Login ke akun blogger anda.
2. Pilih menu Template.
3. Klik Backup / Pulihkan untuk mendownload full template blog anda (untuk berjaga-jaga jika ada kesalahan saat melakukan edit template).
4. Jika sudah, silahkan klik Edit HTML.
5. Letakkan kode meta tag facebook berikut ke dalam template tepat dibawah kode <head>.

<meta content='ID-ADMIN-FACEBOOK' property='fb:admins'/>
<meta content='ID-APLIKASI-FACEBOOK' property='fb:app_id'/>
Catatan :
  • ID-ADMIN-FACEBOOK : Diisi dengan id admin facebook anda. Untuk mendapat id admin facebook, silahkan anda kunjungi https://findmyfbid.com/. masukkan url profil facebook anda >> lalu tekan tombol Find numeric ID. Simpan id admin facebook anda ke notepad untuk keperluan anda.
  • ID-APLIKASI-FACEBOOK : Diisi dengan id aplikasi facebook anda. Untuk membuat id aplikasi, silahkan kunjungi Membuat App ID (Application ID) dan Secret Key Facebook untuk melihat panduannya.
  • Jika anda pernah melakukan langkah ini, silahkan lewati dan lanjut ke langkah berikutnya.
6. Temukan kode </head> gunakan Ctrl+F untuk mempermudah pencarian.
7. Letakkan kode di bawah ini sebelum kode </head>.

<script type="text/javascript">
//<![CDATA[
$(window).bind("load resize", function(){
 var url = location.protocol+'//'+location.host+location.pathname;
  var containercm_width = $('#container-commentfb').width();
    $('#container-commentfb').html('<div class="fb-comments" ' +
    'data-href="'+url+'"' +
    ' width="' + containercm_width + '" data-num-posts="10"></div>');
    FB.XFBML.parse( );
  });
//]]>
</script>
8. Selanjutnya temukan kode <data:post.body/>, gunakan Ctrl+F untuk mempermudah pencarian. Biasanya kode tersebut terdapat lebih dari 1, silahkan anda letakkan kode di bawah ini tepat di bawah kode <data:post.body/> yang terakhir. Atau bisa anda coba satu persatu dari kode <data:post.body/> yang pertama sampai yang terakhir dengan hati-hati.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div id='fb-root'/>
<script src='https://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1'/>
<div id='container-commentfb' style='width: 100%;'><fb:comments expr:href='data:post.url' num_posts='10' width='650'/></div>
</b:if>
9. Terakhir klik Simpan Tema atau Save Template.

Untuk menampilkan comment count facebook di halaman index dan post, silahkan letakkan kode di bawah ini pada markup post meta atau post info sesuai template yang digunakan.

<a expr:href='data:post.url + &quot;#fb-comment&quot;'><span class="fb-comments-count" expr:data-href='data:post.url'></span> facebook comments</a>

Demikian tutorial sederhana tentang bagaimana memasang kolom komentar facebook responsive di blogger. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......