2 Cara Mengunci Folder di Windows

|
2 Cara Mengunci Folder di Windows - Untuk sebagian orang mungkin tidak ingin data yang ada di dalam komputer mereka bisa diakses oleh orang lain, karena data tersebut merupakan data penting dan privasi untuk mereka. Lebih parahnya lagi, jika data penting tersebut disalahgunakan oleh orang lain. Maka dari itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengamankan data-data tersebut.

Cara untuk mengamankan data-data yang ada di dalam komuter yakni mengunci folder pada komputer dengan cara memberi password pada folder. Teknik ini bisa diterapkan pada beberapa versi windows, seperti windows XP, 7, 8 dan 10. Mengunci folder penting pada komputer, ada dua cara yang digunakan yaitu mengunci folder tanpa menggunakan software dan mengunci folder menggunakan software.

Mengunci folder tanpa software
1. Pertama-tama, silahkan anda buat dahulu folder yang ingin dikunci. Misalkan saya akan membuat folder dengan nama HARMANSYAH BLOG.

Buat Folder - Mengunci Folder Tanpa Software

2. Masuk ke dalam folder, kemudian buka Notepad dengan klik kanan pada area kosong New >> Text Document >> buka New Text Document tersebut.

New Text Document - Mengunci Folder Tanpa Software

3. Copy paste script berikut kedalam file text document tersebut.

cls
@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST "HTG Locker" goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private "HTG Locker"
attrib +h +s "HTG Locker"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== PASSWORD_ANDA goto FAIL
attrib -h -s "HTG Locker"
ren "HTG Locker" Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End
4. Ganti tulisan PASSWORD_ANDA dengan password yang anda inginkan. Misalkan saya menggunakan harmansh sebagai password untuk folder HARMANSYAH BLOG.

Mengunci Folder Tanpa Software

5. Jika sudah, silahakan Save As... file text tersebut dengan File name locker.bat dan ganti Save as type menjadi All files, kemudian klik Save dan tutup jendela text document.

Save As - Mengunci Folder Tanpa Software

6. Setelah membuat file locker.bat, silahkan hapus file New Text Document.

File Locker.bat - Mengunci Folder Tanpa Software

7. Klik dua kali file locker tersebut, secara otomatis muncul folder bernama Private, masukkan semua data-data penting anda ke dalam folder Private.

Folder Private - Mengunci Folder Tanpa Software

8. Jika sudah semua, jalankan kembali (klik dua kali) file locker tadi. Anda akan melihat jendela seperti gambar berikut, silahkan tekan tombol Y pada keyboard kemudian Enter.

Ketik Y - Mengunci Folder Tanpa Software

9. Secara otomatis folder Private tempat anda menyimpan data-data penting anda akan hilang.

Mengunci Folder Tanpa Software

10. Untuk melihat atau memunculkan folder Private, anda tinggal jalankan kembali file locker. Akan muncul tampilan seperti gambar berikut, silahkan masukkan password yang anda buat tadi untuk memunculkan folder Private.

Ketik Password Anda - Mengunci Folder Tanpa Software

11. Untuk menghilangkannya kembali, lakukan langkah pada poin 8 seterusnya.
Catatan : Jika anda lupa password folder anda, tinggal klik kanan pada file locker, kemudian pilih Edit untuk melihat password anda dan anda bisa mengganti password tersebut seperti langkah pada poin 4.

Klik Edit - Mengunci Folder Tanpa Software


Mengunci folder dengan software
Mengunci Folder dengan Winrar - Cara berikutnya yang bisa anda coba untuk mengunci folder penting anda adalah dengan menggunakan software. Dalam tutorial ini, saya menggunakan software bernama Winrar. Winrar merupakan sebuah software komputer yang digunakan untuk mengkompresi file atau folder sehinga menjadi ukuran yang lebih kecil, selain itu winrar juga berfungsi untuk melindungi file kita dari serangan virus, karena berdasarkan pengalaman saya file setup akan rusak atau hilang jika terkena virus, akan tetapi file yang berada pada winrar akan tetap aman dan tidak hilang.

Winrar merupakan software multi fungsi yang sangat membantu untuk mengamankan file atau folder anda. Winrar juga bisa digunakan untuk mengunci folder sehingga folder tidak akan dibuka jika orang tidak mengetahui password yang digunakan. Untuk mengunci folder / folder lock menggunakan winrar, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.
1. Pertama-tama anda harus memiliki softaware winrar terlebih dahulu, silahkan anda cari di internet menggunakan mesin pencari google. Banyak winrar full bertebaran diinternet yang bisa anda dapatkan dan anda gunakan pada komputer.
2. Saya anggap anda sudah memiliki winrar dan menginstall winrar pada komputer anda.
3. Pilih folder yang akan dikunci.

Mengunci Folder dengan Winrar - Windows

4. Klik kanan folder yang akan dikunci, kemudian pilih Add to archive.

Add to archive - Mengunci Folder dengan Winrar - Windows

5. Muncul menu winrar seperti gambar berikut.

Mengunci Folder dengan Winrar - Windows

6. Pilih tab Advanced pada menu bar, kemudian klik Set password.

Advanced - Set Password - Mengunci Folder dengan Winrar - Windows

7. Masukan password sesuai keinginan anda pada kolom Enter password dan kolom Reenter password for verification dengan password yang sama, lalu klik OK.

Masukkan Password - Mengunci Folder dengan Winrar - Windows


Selamat kini anda sudah bisa melindungi file atau folder anda. File atau folder anda akan aman dari orang-orang yang jahil yang suka kepo terhadap milik orang lain.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara mengunci folder di windows untuk mengamankan data-data anda dari orang yang tidak bertanggung jawab. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......