Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer dengan Benar

|
Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer dengan Benar - Computer

Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer dengan Benar - Komputer atau biasa disebut Personal Computer merupakan peralatan atau perangkat digital yang digunakan untuk membantu manusia menyelesaikan pekerjaannya. Komputer yang kita temui saat ini adalah hasil evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu berupa alat mekanik maupun elektronik.

Bagi mayoritas orang ketika mendengar istilah komputer, maka yang terlintas dalam pikiran mereka  adalah komputer pribadi seperti desktop atau laptop. Padahal komputer berwujud dalam banyak bentuk dan ukuran, serta melakukan banyak tugas yang berbeda-beda di kehidupan manusia sehari-hari. Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa, diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.

Bagaimana cara menghidupkan komputer?
Cara menghidupkan dan mematikan komputer sebenarnya sangat mudah sekali. Namun bagi pengguna awam yang baru pertama kali menggunakan komputer, masih banyak yang belum faham bagaimana melakukannya. Hal pertama yang harus diketahui setelah mengenal bagian-bagian penting komputer adalah tentang cara menghidupkan dan mematikan komputer sesuai dengan petunjuk dan prosedur yang benar.
Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial yang berkaitan dengan materi belajar komputer yang sangat dasar tentang pengoperasian komputer yaitu cara menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar. Hal ini sangat penting, karena akan sangat berpengaruh terhadap kondisi komputer.

Cara Menghidupkan Komputer
Langkah pertama untuk mempelajari materi komputer adalah menghidupkan komputer sesuai dengan prosedur yang benar. Berikut langkah-langkahnya.
1. Pertama, hubungkan kabel pada Stabilizer atau UPS ke stop kontak listrik. Jika sudah terpasang, pastikan apakah sudah terpasang dengan pas atau belum.
2. Menghidupkan stabilizer atau UPS dengan menekan tombol On.
3. Menghidupkan monitor dengan menekan tombol power.
4. Tekan tombol power pada CPU untuk menghidupkan komputer. Biasanya tombol tersebut merupakan tombol pasling besar yang terlihat pada casing.
5. Tunggulah beberapa saat hingga proses loading mengaktifkan mesin dan booting selesai.
6. Jika sudah pada tampilan sistem operasi Windows (untuk pengguna windows), maka komputer tersebut siap untuk dioperasikan.

Cukup mudah bukan? Langkah tersebut juga sama untuk menghidupkan Laptop, hanya sedikit berbeda yakni laptop tidak membutuhkan stabilizer atau UPS dan langkah-langkahnya lebih mudah.

Cara Menghidupkan Laptop
1. Buka monitor laptop dan pastikan baterai tidak dalam keadaan kosong.
2. Cari tombol power, biasanya terletak pada bagian atas kiri dan kanan laptop tergantung dari merk laptop yang anda gunakan.
3. Tekan 1x tombol power dan tidak perlu ditekan terlalu keras karena cukup sensitif. Bila laptop anda tidak nyala saat anda menekan tombol power bisa jadi karena baterai laptop anda kosong. Maka segera hubungkan dengan charger agar baterai terisi.
4. Tunggu hingga proses boating selesai dan laptop masuk ke sistem operasi Windows.
5. Laptop siap untuk dioperasikan.

Kurang lebih begitu cara untuk menghidupkan komputer dan laptop dengan benar. Tidak sulit, karena hampir semua perangkat komputer dihidupkan dengan cara menekan tombol power yang tersedia pada alat tersebut. Yang terpenting dan perlu diperhatikan adala tentang cara mematikan laptop atau komputer. Karena bila ini tidak dilakukan dengan prosedur yang benar bisa berdampak buruk pada komputer anda cepat atau lambat.

Cara Mematikan Komputer / Laptop
Sedangkan cara untuk mematikan atau menonaktifkan komputer dan laptop adalah sama, berikut langkah-langkahnya.
1. Ketika akan mengakhiri pekerjaan dan ingin mematikan komputer. Maka sebelum mematikan komputer, tutuplah semua program atau aplikasi yang sedang aktif atau terbuka pada komputer dengan menekan tombol tanda silang berwarna merah yang terletak pada pojok kanan atas jendela program aplikasi.
2. Setelah semua program sudah tertutup, klik logo Windows pada taksbar yang terletak di pojok kiri bawah.
3. Lalu pilih dan klik Shut down atau Turn Off.
4. Tunggulah beberapa waktu sampai komputer mulai mematikan mesin dan segala perangkatnya.
5. Jika sudah tidak di pakai pada hari itu, untuk menghemat pemakaian listrik bisa dengan mencabut kabel stabilizer atau UPS dari stop kontak.

Terlalu lama berada di depan layar komputer bisa menyebabkan mata mudah lelah, menjadi berair, bahkan sampai minus. Maka untuk mencegahnya dapat dilakukan pemberian kaca low radiation pada komputer atau laptop. Aturlah posisi duduk agar tidak terlalu dekat dengan layar, atau setidaknya berjarak 30 senti meter.
Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

4 komentar:

Dyah said...

Kalau komputer mati semalaman tapi tetap tersambung ke stop kontak, apakah ada dampaknya ke komputer?

Harmansyah said...

@Dyah Yasmina, Tidak ada mba karena komputer dalam keadaan mati (tapi kalo bisa dicabut saja karena didalam komputer terdapat baterai cmos yang tercharger terus menerus), yang paling bahaya itu komputer dalam keadaan hidup semalaman karena bisa menguras kantong untuk bayar rekening listrik ke PLN

Putu Eka Jalan Jalan said...

Komputerku malah ndak pernah kumatiin kak, sleep aja biasanya 😁😁😁😁

Harmansyah said...

@putueka jalanjalan, tergantung dari manfaat yang ingin diambil bli, mode sleep digunakan agar ketika akan kembali mengoperasikan komputer, user tidak harus melewati proses booting dan membuka program yang akan digunakan..namun ada yang hal ini tidak akan banyak membantu mengurangi jumlah daya listrik yang digunakan secara signifikan, karena perangkat dalam modus sleep tersebut masih menggunakan sepertiga daya pada saat bli menerapkannya. (info dari teman, kalo salah tolong dikoreksi)

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......