Cara Menonaktifkan Keyboard Internal Laptop

|
Cara Menonaktifkan / Mematikan / Disable Keyboard Internal Laptop Windows - Kerusakan yang terjadi pada keyboard internal laptop hanya sebatas tidak berfungsi atau tidak bekerjanya beberapa tombol, mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Karena pengguna cukup mencolokkan kabel keyboard eksternal ke usb laptop, dan langsung bisa bekerja kembali.
Yang menjadi masalah dan cukup membuat pengguna jengkel adalah apabila keyboard internal bukan hanya tidak berfungsi, tetapi juga menimbulkan dampak yang mengganggu terhadap operasional laptop. Misalnya ada tombol keyboard yang menekan sendiri ketika laptop dihidupkan, sehingga menimbulkan banyak dampak yang bermacam-macam, diantaranya :

  • Mengeluarkan bunyi atau suara tuuuuuuut yang tidak biasa dan memekakkan telinga.
  • Tidak munculnya proses booting, sehingga harus menekan salah satu tombol keyboard supaya proses booting berjalan.
  • Loading Windows yang cukup lama yang padahal memang tidak berjalan.
  • Cursor mouse berjalan sendiri.
  • Muncul ketikan huruf tertentu yang panjang terus menerus.
  • dan lain sebagainya.

Dengan kejadian tersebut, banyak pengguna menggunakan keyboard eksternal untuk mengatasi masalahnya. Namun meskipun keyboard eksternal sudah terpasang, pengguna tetap tidak akan bisa bekerja dengan nyaman karena akan terus diganggu oleh keyboard internal yang berjalan sendiri. Satu-satunya cara selain harus memperbaiki keyboard atau mengganti keyboard baru yang cukup menguras kantong adalah dengan mematikan atau men-disable atau menonaktifkan keyboard internal laptop secara total.
Permasalahannya kemudian adalah seringkali driver keyboard internal ternyata tidak bisa di disable maupun di uninstall sesuai dengan prosedur yang biasa dilakukan oleh para pengguna. Walaupun sudah berhasil di uninstall, namun menurut kejadian yang pernah saya alami sendiri, ketika laptop di restart atau dihidupkan ulang dari awal, driver keyboard internal secara otomatis akan terinstall kembali (sesuai prosedur windows). Sehingga masalah yang dibahas diatas akan muncul kembali.

Nah.. Sesuai dengan bahasan kita sekarang ini, saya akan berbagi tutorial sederhana untuk mengatasi persoalan tersebut. Silahkan ikuti prosedur men-disbale keyboard internal dan menggantinya dengan keyboard external berikut ini. Karena saya pengguna Windows 7, saya akan mencontohkan pada Windows 7 dan untuk versi Windows yang lain, saya rasa langkah-langkahnya tidak jauh berbeda.

Cara Menonaktifkan Keyboard Internal Laptop Windows
1. Masuk ke Device Manager Windows, melalui Start Menu >> klik kanan Computer >> pilih Properties >> klik Device Manager.
2. Klik tanda segitiga yang berada pada sisi kiri Keyboard, sehingga terlihat menu dropdown seperti gambar berikut.

Cara Menonaktifkan Keyboard Internal Laptop - Computer

3. Klik kanan pada pilihan Standard PS/2 Keyboard, lalu pilih Update Driver Software...

Cara Menonaktifkan Keyboard Internal Laptop - Computer

4. Muncul pilihan seperti gambar berikut, silahkan pilih Browse my computer for driver software.

Cara Menonaktifkan Keyboard Internal Laptop - Computer

5. Selanjutnya, klik tulisan Let me pick a list of device driver on my computer.

Cara Menonaktifkan Keyboard Internal Laptop - Computer

6. Setelah muncul tampilan seperti gambar berikut. Hilangkan centang atau tanda checklist pada Show compatible hardware dan pilih salah satu driver yang tidak sesuai atau incompatible dengan merk laptop anda. Misalnya, merk laptop yang anda miliki adalah ACER, maka jangan pilih driver ACER, tetapi pilih dan install driver selain ACER seperti Samsung, Fujitsu, Key Tonic, compaq dan lainnya. Sebagai contoh, saya menginstall driver Samsung USB Keyboard pada laptop ACER. Lalu klik Next.

Cara Menonaktifkan Keyboard Internal Laptop - Computer

7. Muncul peringatan bahwa driver yang diinstall tersebut tidak compatible dengan perangkat yang terpasang, seperti gambar berikut. Klik saja Yes, karena memang kita sengaja menginstall driver yang tidak compatible.

Cara Menonaktifkan Keyboard Internal Laptop - Computer

8. Setelah proses installasi selesai dengan menampilkan tulisan Windows has successfully update your driver software, silahkan klik Close.

Cara Menonaktifkan Keyboard Internal Laptop - Computer

9. Jika Windows meminta anda untuk melakukan restart, silahkan pasang keyboard dan mouse eksternal anda pada laptop, kemudian klik Yes untuk restart laptop anda.

Cara Menonaktifkan Keyboard Internal Laptop - Computer


Sekarang keyboard internal laptop anda sudah berhasil di disable atau dinonaktifkan. Anda sudah bisa menggunakan keyboard dan mouse eksternal anda tanpa terganggu oleh keyboard internal laptop yang sedang mengalami error dan sangat menjengkelkan.
Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

2 komentar:

Himawan Sant said...

Artikel cara menonaktifkan keyboard internal windowsnya kusimpan, mas. Kusimpan buat informasi adikku yang gunain windows, takutnya suatu saat keyboard internalnya muncul masalah.

Terimakasih, mas Harmansyah.
Artikel berbobot 👍

Harmansyah said...

@Himawan sant, Silahkan mas hima. sama-sama

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......