Membuat Tabel di Postingan Blog dengan Microsoft Office Word

|
Membuat Tabel di Postingan Blog dengan Microsoft Office Word - Membuat postingan di blog terkadang seorang blogger membutuhkan sebuah tabel untuk menjabarkan sejumlah data informasi yang berkaitan antara data yang satu dengan data yang lain agar terlihat rapi dan informasi tersebut lebih mudah dipahami oleh pembaca. Untuk membuat tabel di postingan blog, ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk membuatnya. Pertama adalah melakukan coding dengan beberapa perintah tag dasar HTML untuk membuat tabel, dan yang kedua adalah tanpa melakukan coding seperti yang akan saya bahas sekarang ini. Namun apabila anda ingin belajar membuat tabel di blog dengan melakukan coding, anda bisa membaca artikel pada link di bawah ini sebagai panduannya.

Membuat tabel di dalam postingan tidak selamanya anda diharuskan memiliki pengetahuan mengenai beberapa kode HTML pembentuk tabel yang cukup memusingkan kepala. Terutama bagi pemula yang masih kurang faham tag dasar HTML pembuat tabel, pasti akan mengalami kesulitan hingga mengurungkan niat untuk membuatnya. Alhasil data informasi yang disajikan pada postingan atau konten terlihat kurang rapi dan sulit untuk dipahami pembaca.

Nah buat anda yang masih kurang faham mengenai tag dasar HTML pembuat tabel dan tidak ingin repot melakukan coding, anda tidak perlu pusing dan khawatir. Ada cara lain yang sangat mudah dan solusi baik yang bisa dilakukan untuk membuat tabel untuk di taruh ke dalam postingan. Yaitu membuat tabel dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office Word (versi 2007, 2010, 2013, dan versi terbaru seterusnya).

Dengan Microsoft Office Word, anda tinggal membuat tabel seperti yang biasa dilakukan, lalu menyimpannya dengan format tertentu kemudian mengambil kodenya untuk diletakkan ke dalam postingan. Untuk lebih lengkap dan jelasnya, silahkan simak langkah-langkah berikut.

Cara Membuat Tabel di Postingan Blog dengan Microsoft Office Word

Langkah 1 Membuat Tabel di Microsoft Office Word
Buka aplikasi Microsoft Word pada komputer anda. Kemudian buat tabel seperti biasa kita lakukan untuk membuat tabel pada office word, yaitu dengan cara klik insert >> Table >> Lalu sorotlah jumlah kolom serta baris tabel sesuai kebutuhan. Masukkan data yang diperlukan ke dalam tabel dan apabila ingin mengubah tampilan tabel mulai dari warna dan ukuran, silahkan ubah sesuai dengan keinginan anda. Misalkan bentuk tabelnya seperti gambar berikut.

Cara Membuat Tabel di Postingan Blog dengan Microsoft Office Word - Blogger


Jika semuanya sudah dirasa mantap atau sudah sesuai dengan keinginan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyimpan file tabel tersebut dengan klik tombol logo Microsoft Office yang terletak di pojok kiri atas jendela Microsoft Office Word seperti gambar berikut.

Cara Membuat Tabel di Postingan Blog dengan Microsoft Office Word - Blogger


Pilih Save As, hingga muncul jendela kecil seperti gambar berikut. Pada bagian File name isi sesuai nama tabel dan judul, sedangkan pada bagian Save as type pilih Web Page, Filtered atau yang senada dengan file web. Terakhir klik Save / Simpan.

Cara Membuat Tabel di Postingan Blog dengan Microsoft Office Word - Blogger


Apabila muncul jendela peringatan seperti gambar berikut, maka pilih Yes.

Cara Membuat Tabel di Postingan Blog dengan Microsoft Office Word - Blogger


Langkah 2 Meletakkan kode Tabel pada Postingan
Untuk meletakkan tabel yang telah dibuat pada aplikasi Microsoft Office Word tadi dan disimpan dalam format file web, ke dalam postingan. Caranya adalah anda harus membuka file web yang disimpan dengan melakukan klik kanan pada file tersebut, kemudian pilih Open with lalu pilih Notepad, hal ini dilakukan untuk melihat kode dari tabel bukan gambar tabel, seperti gambar berikut.

Cara Membuat Tabel di Postingan Blog dengan Microsoft Office Word - Blogger


Setelah Notepad terbuka, ada beberapa kode yang harus dihapus sebelum kode tabel tersebut diletakkan ke dalam postingan. Berikut kode-kode yang harus anda hapus di dalam Notepad.

Cara Membuat Tabel di Postingan Blog dengan Microsoft Office Word - Blogger


kode ini, biasanya terletak pada bagian paling atas
<html>
<head>
<meta http-equiv=Content-Type content="text/html; charset=windows-1252">
<meta name=Generator content="Microsoft Word 12 (filtered)">

dan kode ini, biasanya terletak pada bagian bawah kode di atas setelah sedikit scroll ke bawah
</head>
<body lang=EN-US>

kode ini juga, biasanya terletak pada bagian paling bawah
</body>
</html>

Langkah selanjutnya adalah copy semua kode yang ada di dalam Notepad yang sudah di edit tersebut, lalu paste ke dalam postingan yang akan anda publish menggunakan konten tabel yang telah dibuat dengan mode HTML bukan Compose ya sob.

Cara Membuat Tabel di Postingan Blog dengan Microsoft Office Word - Blogger


Setelah meletakkan kode dengan mode HTML, silahkan kembali lagi ke mode Compose untuk melihat apakah tabel sudah muncul atau sesuai dengan yang diharapkan, Atau anda juga bisa melihat hasilnya dengan klik Pratinjau. Berikut hasil contoh tabel yang berhasil dibuat.


NO
NAMA BARANG
STOCK
1
MONITOR
3
2
KEYBOARD
2
3
MOUSE
5

Terakhir, jika semuanya sudah sesuai dengan keinginan atau dirasa sudah mantap, silahkan klik Publish untuk mempublikasikan postingan.

Dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office Word untuk membuat tabel di postingan blog, maka akan memudahkan anda dalam membuat tabel tersebut tanpa anda harus repot mengutak-atik kode HTML dan CSS untuk membentuk sebuah tabel.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara membuat tabel di postingan blog dengan menggunakan aplikasi Micrsoft Office Word. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......