Cara Menonaktifkan Windows Update pada Windows 7

|
Cara Menonaktifkan Windows Update pada Windows 7

Cara Menonaktifkan atau Mematikan Windows Update pada Windows 7 - Windows merupakan sebuah sistem operasi yang diciptakan oleh Microsoft, dimana sistem operasi ini menyediakan antarmuka grafis (GUI / Graphical User Interface) agar lebih mudah dioperasikan. Perkembangan Windows mulai dari awal muncul memang terus berkembang hingga sekarang. Hal ini tentu karena perusahaan Microsoft yang selalu mengutamakan keefisiensian dan inovasi dari sebuah sistem operasi guna membantu meringankan pekerjaan manusia. Jenis Windows pertama yang muncul yakni windows 1.0 merupakan gebrakan hebat dalam dunia sistem operasi komputer. Sehingga tidak salah jika seiring dengan perjalanan waktu, sistem operasi komputer ini semakin berkembang.

Windows Update (WU) adalah layanan Microsoft yang menyediakan pemutakhiran untuk sistem operasi Microsoft Windows dan komponennya. Layanan tersebut bisa digantikan dengan Microsoft Update, versi yang diperluas yang memberi pemutakhiran untuk perangkat lunak Microsoft lainnya, seperti Microsoft Office, Windows Live Essentials and Microsoft Expression Studio. Pemutakhiran biasanya disediakan melalui sambungan internet, tetapi Microsoft memungkinkan pemasangan pemutakhiran di komputer tanpa sambungan internet dengan berbagai metode dan sumber alternatif.

Layanan tersebut menyediakan berbagai jenis pemutakhiran. Pemutakhiran keamanan bertujuan untuk mencegah kerentanan terhadap program berbahaya dan memblokir exploit. Lebih detail manfaat dari Windows Update yang berhubungan dengan masalah pemutajhiran keamanan adalah untuk memperbaiki bug yang merupakan celah keamanan dari Windows. Ini sangat penting sekali karena dalam sejarah virus-virus yang menyerang Windows, virus yang berdampak paling besar adalah virus yang memanfaatkan celah keamanan dari Windows. Modus operandi dari para pembuat virus-virus ini adalah dengan melakukan reverse-engineering terhadap security patch yang sudah dikeluarkan Microsoft melalui Windows Update beberapa hari sebelumnya agar mereka dapat mengetahui bug apa yang di-patch. Dengan memanfaatkan bug inilah virus yang mereka buat akan menyerang komputer-komputer yang belum atau tidak di-patch. Dan bila virus ini baru pertama kali melakukan penyebaran, maka antivirus yang paling ter-update pun tidak akan dapat menangkalnya karena antivirus hanya dapat menangkal virus yang sudah tercatat di dalam database-nya.  Blaster, Sasser, dan Conficker adalah beberapa contohnya. Pemutakhiran lain memperbaiki kesalahan yang tidak berkaitan dengan keamanan atau meningkatkan fungsionalitas.

Jadi, apabila windows yang anda gunakan pada komputer adalah windows original / asli, disarankan untuk mengaktifkan fitur bawaan Windows ini. Namun beberapa orang lebih memilih untuk menonaktifkan / mematikan fitur Windows update ini, selain karena proses update yang cukup lama dan memakan waktu, juga karena mereka takut pihak Microsoft mendeteksi bahwa windows yang digunakan tidak original alias bajakan.
Nah sesuai dengan topik yang akan saya bahas kali ini, saya akan sedikit berbagi tutorial singkat mengenai bagaimana menonaktifkan windows update pada windows 7 dengan mudah.

Baca juga :



Cara Disable Mematikan Menonaktifkan Windows Update

1. Masuk ke Control Panel dengan menekan Start Menu atau melalui Run dengan menekan Logo Windows+R pada keyboard dan mengetik control panel lalu tekan Enter.

Start Menu Control Panel - Windows Update

2. Pada jendela Control Panel, pilih System and Security.

Control Pnael System and Security - Windows Update

3. Pada jendela System and Security, silahkan pilih Windows Update.

System and Security - Windows Update

4. Pada menu sebelah kiri, pilih Change setting untuk melakukan perubahan pada pengaturan windows update.

Change Setting - Windows Update

5. Pada bagian Important updates, silahkan klik tanda panah ke bawah, lalu pilih Never check for updates (not recommended). Kemudian pilih OK.

Never check for updates (not recommended) - Windows Update


Dengan menonaktifkan windows update pada windows komputer, itu artinya sistem operasi windows yang terinstall pada komputer tidak akan mendapatkan update terbaru yang berkaitan dengan perbaikan atau pembaruan keamanan bug yang terdapat pada windows secara rutin mengikuti patch dan service terbaru dari pihak Microsoft langsung.

Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......